Cara Penulisan CSS (Syntax)

Sebelumnya kita sudah bahas pengertian CSS dan contohnya. Kali ini kita akan bahas bagaimana cara penulisan CSS atau dikenal dengan syntax CSS. Berikut AneIqbal sajikan panduannya.

Cara penulisan CSS

Aturan penulisan kode atau istilah kerennya yaitu syntax pada CSS terdiri dari 2 bagian. yakni: selector dan declaration.

Apa itu selector? apa itu declaration? Kita lihat langsung ke contoh kode CSS nya.

p {
color: blue;
}

Pada contoh kode di atas, p disebut sebagai selector dan yang di dalam tanda kurung kurawal color:blue; adalah declaration.

Jadi, selector adalah elemen HTML yang ingin kita ubah tampilannya dengan mengaitkan ke tag HTMLnya. Dari contoh kode CSS di atas, artinya paragraf akan diubah warnanya menjadi biru.

Sedangkan..

Declaration merupakan kode yang mendeklarasikan apa yang ingin diubah (disebut sebagai property) dan seperti apa perubahannya (disebut sebagai value).

Dilihat dari kode CSS di atas, color adalah property dan blue merupakan valuenya. Antara property dan value, dipisahkan dengan tanda titik dua (:).

..supaya lebih jelas, lihat gambar berikut.

kode css
Syntax css

Jadi, maksud dari kode CSS di atas adalah kita akan mengubah warna huruf paragraf (selector p) menjadi warna biru (property color dan valuenya blue) dan latar belakang berwarna hitam (property background dan valuenya black).

Setiap deklarasi, dipisahkan dengan tanda titik koma (;). Nggak ada batasan mau berapa deklarasinya.

Semakin banyak yang ingin diubah tampilannya, semakin banyak juga deklarasinya. Jadi bisa banyak banget deklarasinya.

Sampai sini selesai pembahasan tentang aturan penulisan kode atau syntax CSS ini.

Next, kita akan bahas cara memasukkan CSS ke HTML.

Leave a Comment