Cara Menggunakan Find and Replace di Excel

Cara menggunakan find and replace di Excel ini perlu Anda kuasai juga jika sehari-harinya berkutat dengan data dan Microsoft Excel. Find and Replace ini bisa menghemat waktu Anda ketika ingin mengganti atau mencari teks tertentu. Simak panduan AneIqbal berikut sampai akhir untuk melihat bagaimana caranya.

Find di Excel

Fitur Find pada Microsoft Excel berfungsi untuk mencari teks atau nilai tertentu dari sekumpulan data yang ada pada worksheet/lembar kerja. Jika Anda sedang mengolah data dengan jumlah yang banyak dan ingin mencari teks atau nilai tertentu, fitur Find ini akan sangat membantu.

Bayangkan saja jika tidak ada fitur ini, untuk menemukan sebuah teks atau nilai tertentu Anda harus mencarinya secara manual. Baris per baris dan kolom per kolom Anda telusuri untuk menemukannya. Membayangkannya saja sudah terasa malas bukan?

Replace di Excel

Hampir serupa dengan Find, Replace di Excel juga bisa mencari data tertentu untuk diganti dengan data yang berbeda. Ini juga fitur yang sangat penting ketika sedang mengolah banyak data. Sebuah data dapat diganti dengan data yang baru dalam sekali klik saja.

Cara find and replace di Excel

Nah bagaimana caranya untuk menggunakan find and replace ini? Supaya lebih mudah untuk memahaminya, kita langsung praktikkan saja dengan contoh sampel data. Jika Anda sudah punya datanya, silakan digunakan.

Berikut contoh sampel datanya yang akan digunakan untuk mempelajari fitur find and replace.

Contoh sampel data
Contoh sampel data

Simak juga: cara membuat nomor otomatis di excel

Menggunakan find

Misalnya, dari data di atas, kita ingin mencari nama seseorang. Misalnya, “Smith”, entah itu siswa atau orang tua. Langkah yang harus dilakukan untuk mencari nama “Smith” yaitu:

Pada menu Home pilih Find and Select yang letaknya ada di pojok kanan atas kemudian klik Find. Perhatikan gambar berikut jika Anda merasa kebingungan.

cara replace di excel
Klik Find pada menu Find & Select

Setelah muncul tampilan berikut ini, maka ketikkan nama yang akan dicari yaitu “Smith” pada kolom Find what. Kemudian klik Find All atau Find Next.

Find All akan menemukan semua data yang mengandung kata Smith. Sementara Find Next akan menemukan data dengan kata Smith berikutnya. Contoh jika Anda mengklik tombol Find All.

cara menggunakan replace di excel
Hasil Find All

Hasilnya, terdapat 3 data yang mengandung kata Smith dari contoh sampel data yang ada. Berikutnya, kita akan coba gunakan fitur Replace.

Menggunakan replace

Misalnya, pada contoh sampel data di atas, ada kesalahan pengetikan nama. Nama yang harusnya diketik adalah “Smiithe” namun ternyata “Smith” yang tertera. Untuk itu, kita perlu menggantinya.

Jika hanya satu nama saja yang salah, maka akan mudah menggantinya. Lain lagi kalau yang salah banyak. Maka dari itu, gunakan fitur replace untuk mengganti data lebih dari satu.

Pertama, klik Find & Select lagi kemudian pilih Replace.

cara menggunakan find di excel
Klik Replace pada menu Find & Select

Kemudian ketik “Smith” pada kolom Find what dan “Smiithe” pada kolom Replace with. Kemudian klik Replace All atau Replace.

Bedanya, Replace All akan langsung mengganti semua datanya. Sementara Replace, hanya mengganti satu data saja.

Bagaimana menurut Anda? Cara menggunakan find and replace di Excel ini cukup mudah bukan? Ohiya, mungkin ada perbedaan versi Excel yang Anda gunakan. Namun pada intinya, kurang lebih hampir serupa.

Sekian panduan find and replace di Excel ini dan semoga bisa mudah dipahami dan diikuti. Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment