Cara Mengganti Nama File di Laptop (Banyak File Sekaligus)

Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara mengganti nama file di laptop dengan jumlah yang banyak, rasanya Anda akan membuang-buang energi. Mengapa bisa demikian?

Sebab, jika Anda lakukan manual atau dengan kata lain satu per satu mengganti nama filenya, sudah pasti membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Satu dua file saja sudah memakan waktu, apalagi jika banyak?

Nah, supaya Anda tidak mengalami hal demikian, bisa mengehemat energi dan waktu juga, Anda wajib tahu bagaimana cara merename banyak file sekaligus. Berikut AneIqbal sajikan panduan lengkapnya untuk Anda.

Cara mengganti nama file di laptop sekaligus

Sebenarnya, caranya ini tidak jauh berbeda dengan cara merename 1 file. Sama-sama dipilih atau diselect terlebih dahulu baru diganti namanya.

Nah untuk bedanya jika filenya banyak, semua file tersebut diselect (diblock) terlebih dahulu. Kemudian klik kanan lalu rename di salah satu filenya. Secara otomatis semua file akan terename dengan nama yang hampir sama.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan panduan lengkap berikut yang sudah disertai dengan gambar.

1. Siapkan file-file yang ingin direname

Langkah pertama sudah pasti yaitu menyiapkan file-file yang ingin direname. Supaya lebih mudah, letakkan semua file tersebut dalam satu folder. Contohnya seperti yang terlihat pada gambar berikut.

cara rename file dengan cepat
Siapkan file-file yang ingin direname

2. Select semua file

Setelah menyiapkan file-file yang ingin direname, selanjutnya yaitu block atau select semua file tersebut. Caranya, tekan kombinasi tombol Ctrl+A. Jika sudah diselect, maka tampilannya menjadi seperti berikut.

cara rename file banyak
Select semua file

3. Rename di salah satu file

Klik kanan di salah satu file yang paling atas atau paling bawah kemudian pilih Rename.

cara mengubah nama file di laptop
Pilih Rename

Ketikkan nama file barunya. Jika sudah, tekan tombol Enter.

cara ganti nama file di laptop
Ketikkan nama file barunya

4. Semua file berhasil direname

Setelah menekan tombol Enter di atas, otomatis semua file akan berubah namanya. Kurang lebih menjadi seperti berikut nama-nama filenya.

cara rename semua file
Semua file berhasil direname

Bagaimana menurut Anda? Cara rename file sekaligus sangat mudah bukan? Anda tidak perlu repot-repot menggantinya satu per satu.

Memang nama filenya menjadi mirip dan ada angka belakang. Tapi setidaknya, name file yang baru ini lebih enak dibaca dibanding sebelum direname.

Sekian panduan cara mengganti nama file di laptop ini dan semoga panduannya bisa membantu Anda. Terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Leave a Comment