Cara Mengganti Background Foto dengan Picsart HP

Cara mengganti background foto dengan Picsart itu tidaklah sulit. Cukup siapkan gambar yang ingin diubah backgroundnya, klik-klik sebentar, background pun terganti.

Picasart merupakan aplikasi editor gambar dan video. Fiturnya banyak juga seperti Canva. Tersedia dalam tiga platform yakni mobile dan web-based (online) serta aplikasi Windows.

Namun, fokus pembahasan hanya pada mobile saja. Supaya tidak terlalu panjang artikelnya.

Salah satu fitur Picsart yang cukup terkenal adalah remove background. Hal ini terbukti dari banyaknya pencarian di google.com.

Karena itulah tutorial ini hadir untuk menjelaskan bagaimana cara mengganti background foto di Picsart. Berikut AneIqbal sajikan panduan langkah demi langkahnya.

Cara mengganti background di Picsart HP

1. Download Piscart di Google Play Store

Tentu saja harus mendownload dulu aplikasinya di Google Play Store. Apakah di App Store tersedia juga? Yes! Picsart juga tersedia di App Store. Buka Google Play Store atau App Store, ketik “picsart” di kotak pencarian.

Biasanya akan muncul di paling atas. Jika sudah ketemu, langsung klik tombol Install. Kemudian tunggu hingga selesai.

 

Simak juga: cara menginstal virtual box

2. Buka aplikasi Piscartnya

Setelah install, langsung saja buka aplikasinya. Seperti halnya aplikasi pada umumnya, perlu setup beberapa hal dulu saat pertama kali dibuka sebelum bisa digunakan.

Pertama, Picsart mengharuskan login dengan sebuah akun. Di sini, tidak perlu membuat akun di Picsart. Langsung login saja dengan akun Google atau Facebook supaya lebih cepat.

Kemudian, muncul tampilan pilihan biaya subscribe. Subscribe bisa perbulan atau pertahun.

Untungnya, sampai saat artikel ini dibuat, Picsart masih dapat diakses dengan gratis. Tentu saja ada limitasi tertentu seperti aset gambar yang terkunci. Namanya juga gratisan. Klik tombol X pada pojok kiri atas.

cara mengganti background foto di hp
Klik tombol X

Selanjutnya, Picsart akan meminta hak akses untuk membuka foto, media, dan file yang ada di HP. Klik/tap ALLOW agar tidak ada masalah saat mau mengedit nantinya.

Nah sampai sini selesai tahap setupnya. Barulah mulai bisa mengganti background foto. Tampilan sekarang menjadi seperti berikut.

cara menghapus background foto di picsart
Menu Home Picsart

3. Pilih foto yang ingin diganti backgroundnya

Mulai proses pengeditan foto. Pilih fotonya dengan mengklik/tap tombol + berwarna ungu pink di tengah bawah layar.

Kalau sudah ditentukan fotonya, klik/tap foto tersebut. Kemudian muncul tampilan editor fotonya.

cara mengganti background di picsart
Pilih foto yang ingin diganti backgroundnya

Di sini bisa mulai berksplorasi menggunakan tiap menu yang ada. Melihat bagaimana efek dan perubahannya. Namun, fokus terlebih dahulu dengan mengganti background foto.

Simak juga: cara mengubah kuota 4G menjadi 3G telkomsel

4. Klik/tap menu Cutout untuk menyeleksi objek utama

Untuk mengganti background foto, perlu diseleksi dulu objek utamanya. Misalnya, orang atau hewan. Objek utama ini yang akan ditempelkan ke background lain.

Untuk menyeleksi objek utama, klik/tap menu Cutout. Menu ini tidak langsung terlihat di editor foto, perlu digeser dulu ke kiri supaya terlihat.

Kemudian muncul dua opsi pilihan; Select dan Outline. Di sini pilih Select agar seleksi dilakukan otomatis tetapi nantinya masih tetap dapat diatur sendiri.

cara ganti background foto di picsart
Pilih Select

Sementara Outline, harus menyeleksi secara manual. Terlihat lebih ribet namun seleksi foto dapat lebih fleksibel sesuai keinginan sendiri.

Setelah memilih Select, muncul kembali beberapa opsi; Person, Face, Hair, Head, dan Background. Pilih Person agar dapat mengambil objek utama secara menyeluruh.

Lalu objek utama akan memerah. Tanda merah ini artinya bagian yang diseleksi. Bila dirasa ada seleksi yang kurang, tap tahan sambil geser bagian yang belum merah.

Klik Preview untuk melihat hasil seleksinya. Jika sudah terlihat sempurna, klik Save.

seleksi foto
Hasil seleksi

5. Klik/tap menu Fit untuk mengganti backgroundnya

Selesai menyeleksi objek utama, proses selanjutnya adalah mengganti backgroundnya. Klik/tap menu Fit dan akan muncul tampilan seperti berikut.

berhasil mengubah background
Background foto berhasil diganti

Pilih warna pada Color untuk mengganti background. Bisa juga dengan memilih Image untuk background yang lebih berwarna.

6. Klik/tap Ceklis untuk selesai mengedit foto

Jika sudah selesai mengganti background fotonya, klik/tap ceklis pojok kanan atas. Kemudian klik/tap ikon arah panah ke bawah untuk menyimpan fotonya ke galeri.

7. Berhasil mengganti background foto di Picsart

Sampai sini selesai sudah semua prosesnya. Berikut hasil akhirnya.

cara mengubah background foto di picsart
Hasil akhir

Cukup mudah bukan untuk mengganti backgroundnya? Coba lakukan secara step by step agar tidak ada langkah yang terlewat. Sekian dan semoga panduan cara mengganti background foto dengan Picsart ini bisa membantu Anda.

 

Leave a Comment