Cara Mencairkan Giro BCA di Kantor Cabang Terdekat

Cara mencairkan giro BCA terbilang cukup mudah dan cepat menurut AneIqbal. Asalkan, kelengkapan dokumen yang dibawa lengkap dan jelas. Dalam prosesnya, pencairan giro BCA hanya memakan waktu sekitar 10 – 15 menit saja dan dengan catatan kondisi teller bank dalam keadaan sepi.

Cara mencairkan giro di bank BCA tidak bisa langsung secara tunai. Karena pada dasarnya, bilyet giro merupakan alat transaksi yang diterbitkan oleh bank yang dapat dicairkan secara tidak tunai dengan pemindahbukuan ke rekening penerima. Singkatnya, prosesnya mirip seperti transfer antara rekening pada umumnya.

Anda juga bisa menghubungi halo BCA untuk mendapatkan penjelasan informasi lebih lanjut terkait pencairan giro ini.

Bagaimana cara mencairkan giro BCA agar dapat ditarik tunai?

Apakah giro bisa langsung dicairkan? Tidak bisa. Untuk itu, Anda perlu datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk mencairkannya. Kemudian bertemu teller untuk memprosesnya agar dana dari giro masuk ke rekening Anda/penerima.

Secara singkat, berikut cara mencairkan bilyet giro BCA:

  1. Siapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk bertemu teller.
  3. Mengisi form setoran lalu serahkan ke teller beserta bilyet gironya.
  4. Teller akan memproses pemindahbukuan dana tersebut.
  5. Dana masuk ke rekening Anda/penerima dan barulah bisa ditarik tunai.

Kenyataannya mungkin akan tidak jauh berbeda dengan langkah singkat di atas. Jika tak ada kendala, maka Anda sudah bisa mencairkannya dalam hitungan menit saja.

Baca juga: Cara Ganti Nomor m-banking BCA

Panduan lengkap pencairan giro

Bilyet giro bisa dicairkan juga melalui ATM. Namun sebelum itu, Anda harus mengurusnya terlebih dahulu dengan bantuan teller seperti langkah singkat di atas. Jika tidak mau mengurusnya ke kantor cabang terdekat, Anda hanya memegang sebuah kertas saja dan tak bisa dijadikan uang.

1. Menyiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan

Dokumen persyaratan menjadi barang wajib yang tak boleh terlewat jika berkunjung ke kantor cabang untuk mengurus sesuatu. Dalam hal ini, mengurus pencairan giro BCA, dokumen yang perlu Anda persiapkan antara lain:

  • Identitas diri seperti KTP atau SIM. Siapkan juga fotocopynya bila perlu.
  • Bilyet giro yang Anda terima.
  • Buku tabungan.

Jika pencairan gironya untuk perusahaan ataupun orang lain, maka ada tambahan dokumen yang perlu dipersiapkan:

  • Surat kuasa pencairan giro BCA bermaterai (jika atas nama perusahaan, berikan stempel perusahaannya juga).
  • FC KTP pimpinan/pemilik giro.
  • FC KTP orang yang dikuasakan untuk mencairkan.

Jika sudah lengkap, maka Anda sudah siap untuk mendatangi kantor cabang BCA terdekat.

2. Ambil nomor antrian untuk bertemu dengan teller

Ketika sampai di kantor cabang, sampaikan ke security yang berjaga di pintu bahwa Anda ingin bertemu dengan teller untuk mencairkan giro. Setelah itu, Anda akan diberikan nomor antrian.

3. Mengisi form setoran tunai

Sambil menunggu diliran Anda dipanggil, ambil formulir setoran tunai lalu lengkapi isiannya. Bila Anda kesulitan untuk menemukan form setoran tersebut, Anda bisa bertanya pada security BCA yang terkenal dengan keramahannya.

4. Berikan dokumen yang dibutuhkan ke teller untuk memproses pencairan giro

Saat giliran nomor antrian Anda dipanggil oleh teller, segera hampiri dan berikan semua dokumen yang dibutuhkan untuk memproses pencairan gironya. Pencairan akan diproses dalam waktu 1×24 jam. Namun kenyataannya, dalam waktu 10-15 menit prosesnya sudah selesai.

5. Pastikan dananya sudah masuk ke rekening Anda/penerima

Setelah proses selesai, sebaiknya jangan buru-buru tinggalkan teller. Segera cek apakah dananya benar sudah masuk ke rekening Anda/penerima. Pastikan juga dana yang masuk jumlahnya sudah sesuai dengan yang tertera di bilyet giro.

6. Cairkan dana yang masuk dari rekening Anda/penerima

Jika uangnya sudah masuk, maka proses pencairan giro sudah selesai. Dana berhasil dipindahbukukan dari pemilik giro ke rekening penerima. Kalau sudah demikian, Anda/penerima sudah bisa mencairkan uang tersebut di ATM terdekat. Tepat sekali, dananya sudah bisa Anda tarik tunai.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan juga agar pencairannya tidak ditolak

Walaupun prosesnya terkesan mudah, cepat, dan tidak ada hambatan. Sayangnya, pencairan giro juga bisa ditolak dengan beberapa alasan tertentu seperti belum tanggal efektifnya dan terdapat kesalahan dalam penulisan nominal.

Jadi, sekali lagi pastikan tanggal efektifnya sudah masuk dan tidak ada kesalahan dalam penulisannya. Setelah itu, barulah serahkan ke teller untuk memprosesnya.

Demikian pembahasan cara mencairkan giro BCA ini dan kami berharap penjelasan di atas bisa sedikit membantu Anda. Terima kasih sudah membaca panduan cara cairkan giro BCA ini sampai akhir.

Leave a Comment