Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop dengan Bluetooth

Kita kadang bingung bagaimana mengirim file dari HP ke laptop. Padahal, cara memindahkan foto dari HP ke laptop dengan bluetooth itu mudah. Ingin tahu caranya seperti apa? Simak penjelasan AneIqbal berikut sampai akhir.

Sebenarnya tidak terbatas pada foto saja, file lain pun seperti video, mp3, dan dokumen juga bisa kita pindahkan dari HP ke laptop atau komputer. Caranya pun sama persis.

Dulu sewaktu teknologi bluetooth belum sepopuler seperti sekarang ini, kita menggunakan teknologi infrared atau inframerah untuk mengirim file. Kecepatan kirimnya bisa melatih kesabaran kita.

Nah, untungnya sekarang teknologi bluetooth sudah makin menjamur dan terus berkembang versinya. Kirim-kirim file dengan beda device pun menjadi mudah dan cepat. Walaupun tidak secepat jika kita menggunakan koneksi jaringan, tapi sudah cukup lumayan.

Bluetooth eksternal

Supaya bisa mengirim file lewat bluetooth, baik HP maupun laptop/komputer harus memiliki bluetooth. Untuk HP, hampir seluruh produk yang dirilis dari berbagai brand pasti sudah dilengkapi dengan bluetooth.

Sementara untuk laptop, tidak semua pabrikan merilis produknya dengan teknologi bluetooth. Komputer atau PC pun juga demikian. Untuk itu, perlu menggunakan bluetooth eksternal yang dicolokkan via USB port. Harganya sendiri berkisar dari puluhan sampai ratusan ribu yang beredar di ecommerce.

cara memindahkan foto dari hp ke laptop dengan bluetooth (2)
bluetooth eksternal

Jika laptop Anda sudah terinstall bluetooth di dalamnya, maka Anda tidak perlu membeli bluetooth eksternal tambahan. Dengan catatan, bluetooth internal tersebut masih berfungsi dengan baik.

Cara install bluetooth eksternal

Proses instalasi bluetooth eksternal di Windows ini sangat mudah. Cukup colokkan saja pada salah satu port USB yang kosong kemudian Windows akan secara otomatis mengenali device tersebut sebagai bluetooth.

Tanda kalau bluetooth eksternal tersebut sudah terbaca yaitu ada ikon bluetooth biru yang muncul pada kumpulan ikon taskbar. Seperti ini penampakannya.

cara memindahkan foto dari hp ke laptop dengan bluetooth 2
ikon bluetooth pada kumpulan ikon taskbar

Bagaimana dengan bluetooth internal yang sudah terinstall? Tampilannya sama juga seperti pada gambar di atas. Muncul ikon bluetooth berwarna biru.

Kalau sudah seperti ini, tandanya laptop atau komputer kita sudah siap untuk mengirim dan menerima file lewat bluetooth. Berikut langkah-langkahnya.

Cara memindahkan foto dari HP ke laptop lewat bluetooth

  1. Klik kanan ikon bluetooth yang ada di taskbar kemudian pilih Receive a file untuk mode standby.

    cara memindahkan foto dari hp ke laptop dengan bluetooth 3
    Klik kanan untuk memunculkan opsi
  2. Beralih ke HP, siapkan foto yang ingin dikirim kemudian pilih Share.

    cara memindahkan foto dari hp ke laptop dengan bluetooth 6
    Pilih share via bluetooth
  3. Pilih bluetooth kemudian klik TURN ON untuk menyalakan bluetooth.

    cara memindahkan foto dari hp ke laptop dengan bluetooth 8
    Klik TURN ON
  4. Pilih nama laptop/komputer yang sudah kita standby kan sebelumnya.

    cara memindahkan foto dari hp ke laptop dengan bluetooth 9
    Pilih nama bluetooth laptop/komputer
  5. Masukkan kode 1111 jika diminta dan proses pengiriman file akan berlangsung.
  6. Beralih ke laptop, jika pengiriman file sudah selesai klik tombol Finish.

    cara memindahkan foto dari hp ke laptop dengan bluetooth 5
    File berhasil dipindah dari HP ke laptop
  7. File foto sudah berpindah dari HP ke laptop.

Itu saja langkah-langkah untuk memindahkan file foto atau file apapun dari HP ke laptop melalui bluetooth. Sangat mudah sekali caranya. Silakan Anda coba langsung dengan mengikuti panduan di atas.

Baca juga: Cara Mengirim Foto dari HP ke Laptop Menggunakan Kabel Data

Bluetooth sangat membantu jika kita sedang berada di daerah yang tidak memiliki jaringan internet. Sebab, bluetooth tidak memerlukan paket data ataupun koneksi internet untuk transaksi file.

Sekian penjelasan bagaimana cara memindahkan foto dari HP ke laptop dengan bluetooth. Semoga penjelasan singkat di atas bisa sedikit membantu mengatasi permasalahan Anda dalam kirim-kirim foto maupun file.

Leave a Comment