Cara Memilih Semangka yang Matang, Manis, dan Berair

Semangka bisa memiliki rasa yang beragam. Ada yang manis, sangat manis, biasa saja, dan lainnya. Untuk itu, perlu tahu cara memilih semangka supaya bisa mendapatkan semangka dengan rasa terbaik.

Buah semangka merupakan salah satu buah yang difavoritkan oleh banyak orang. Rasanya yang manis dan segar serta warnanya yang merah merona (ada juga semangka kuning) menjadikan buah ini tak bosan untuk dinikmati.

Namun, tidak semua buah semangka memiliki rasa seperti itu. Ada juga semangka yang hambar dan tidak segar saat dimakan.

Ternyata untuk mendapatkan semangka yang terbaik, ada tips-tipsnya. AneIqbal tak sengaja mendapatkan tips ini di facebook. So, ini dia 4 tips memiliih semangka terbaik.

Cara memilih semangka yang manis

Pilih semangka berspot kuning gelap

Tips yang pertama. Perhatikan spot kuning pada semangka tersebut. Spot kuning adalah tempat dimana semangka menempel ditanah.

Semangka berspot kuning krem atau oranye kuning krem menandakan bahwa semangka tersebut telah masak atau matang. So, pilihlah semangka yang memiliki tanda tersebut.

tips memilih semangka
Spot kuning adalah tempat dimana semangka menempel di tanah. Semangka matang memiliki spot kuning krem atau bahkan oranye-kuning krem, bukan putih.

Pilih semangka bertanda coklat seperti jaring

Tips yang kedua. Pilih semangka yang memiliki tanda coklat seperti jaring. Kadangkala ada kulit semangka yang tidak mulus berwarna hijau tua belang hijau muda.

Ada sebagiannya yang berwarna coklat menyerupai jaring. Kalau ada tanda ini pada semangka tersebut, tandanya buahnya manis. So, pilihlah dulu semangka yang memiliki tanda tersebut.

memilih semangka manis
Carila tanda bekas coklat menyerupai jaring. Tanda ini terjadi karena lebah berkali-kali menyentuh bagian penyerbukan bunga pada saat pembuahan. Semakin banyak penyerbukan, buah akan semakin manis.

Pilih semangka berdasarkan gendernya

Tips yang ketiga. Pilih semangka berdasarkan gendernya. Gender? Semangka punya gender? Nggak, ini hanya pengelompokkan petani semangka.

Semangka laki-laki berbentuk memanjang dan lebih besar serta memiliki rasa berair. Sedangkan semangka perempuan berbentuk bulat dan memiliki rasa manis. So, pilihlah lagi semangka yang memiliki tanda tersebut.

cara memilih buah semangka
Ternyata petani membedakan semangka berdasarkan gender juga. Misalnya, semangka laki-laki lebih besar, memiliki bentuk memanjang dan rasa berair. Sedangkan semangka perempuan memiliki bentuk bulat dan sangat manis.

Pilih semangka yang sesuai antara berat dan ukurannya

Tips yang keempat. Pilih semangka yang sesuai antara berat dan ukurannya. Kenapa? karena bisa saja dari luar terlihat besar ukurannya tetapi saat ditimbang beratnya hanya sedikit.

Bisa jadi karena buah didalamnya busuk atau sudah dimakan ulat dan sebagainya. So, pilihlah terus semangka yang memiliki tanda tersebut.

pilih semangka yang bagus
Tidak pilih semangka terbesar atau terkecil. Lebih disarankan memilih yang berukuran rata-rata. Yang perlu diperhatikan, baik besar atau kecil, semangka seharusnya memiliki berat sesuai ukurannya. Misalnya jika besar, tentu harus lebih berat.

Nah itu dia tips memilih semangka matang dan manis. Jadi jangan sampai salah pilih semangka. Oke gaes, kita sudahi dulu obrolan kita kali ini. Kita jumpa di artikel selanjutnya. See ya!

Leave a Comment