Cara Membuat Web Server di Cisco Packet Tracer

Postingan kali ini akan membahas bagaimana cara membuat web server di Cisco Packet Tracer. Panduan akan dijelaskan secara step by step lengkap dengan screenshootnya.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya kita perlu tahu dulu apa itu web server dan fungsinya untuk apa. Berikut pembahasan AneIqbal selengkapnya.

Pengertian Web Server

Web server merupakan tempat atau wadah berisi file-file web yang ingin dipublikasikan. File-file web itu dapat berupa tulisan, gambar, audio ataupun video.

Ibaratnya, web server itu seperti semangkuk bakso. Server merupakan mangkuknya dan file-file web adalah bakso dan pelengkapnya. Jadi bila bakso yang kita buat ingin dicicipi/dimakan oleh oranglain, letakkan di mangkuk/wadah agar bisa diberi ke orang itu.

Sama halnya dengan web server, bila file-file web yang kita buat ingin dilihat oleh oranglain, letakkan di server agar dapat diakses/dilihat orang lain.

Cara Membuat Web Server

Kita akan setting web server yang akan diakses oleh 2 buah PC. Silakan buat desain komponen seperti berikut. Jika Anda punya ide desain lain, silakan sesuaikan saja dengan keinginan.

konfigurasi web server di cisco packet tracer
Desain jaringan web server yang akan dibuat

Setting IP server terlebih dahulu. IP yang digunakan adalah IP kelas C, yaitu 192.168.1.100.

cisco packet tracer web server
IP Server

Selanjutnya, setting IP address kedua PC. IP yang digunakan juga kelas C, yaitu PC0: 192.168.1.1 dan PC1: 192.168.1.2.

web server packet tracer
IP address PC0
cisco packet tracer web browser
IP address PC1

Mengapa default gateway tidak diisi? karena IP server dengan IP address PC masih dalam satu network yang sama yaitu network 192.168.1.0. Settingan IP address selesai sampai sini.

Sekarang beralih ke settingan server. Pilih tab Config lalu klik HTTP. Edit file index.html sesuai dengan keinginan dan bila tidak ingin mengeditnya juga tak masalah.

setting pc server
file index.html

Tes Akses Web Server

Kembali ke PC. Pilih tab Desktop lalu Web Browser. Ketik alamat IP server yaitu 192.168.1.100.

config pc0

Bila berhasil, server dapat diakses pada kedua PC tersebut.

tes akses
akses server pada PC0
tes akses 2
akses server pada PC1

Sampai sini selesai panduan konfigurasi web server di Cisco Packet Tracer ini. Anda sudah mencobanya? Semoga berhasil ya dengan mengikuti panduan di atas.

Sekian pembahasan kali ini mengenai cara membuat web server di Cisco Packet Tracer. Semoga panduan singkat di atas bisa mudah untuk diikuti dan semoga bisa bermanfaat.

 

Leave a Comment