Cara Membuat QR Code Maps Mudah dan Cepat

Cara membuat QR Code Maps (Google Maps) itu mudah sekali. Tidak memerlukan waktu yang lama dalam membuatnya. Aplikasi yang digunakan juga cukup 2 saja.

Tutorial ini menggunakan HP berbasis Android. Tetapi mungkin saja juga bisa diterapkan pada HP non Android. Selama 2 aplikasi ini tersedia di App Store atau selainnya.

Sebelum membahas aplikasi apa saja yang dipakai, sebenarnya, gunanya membuat QR Code maps apa ya? Oh.. banyak lho gunanya.

Fungsi Membuat QR Code Maps

  1. Pertama, maps dalam bentuk QR Code memudahkan orang lain mencatat sebuah lokasi. Anda cukup tunjukkan QR Code dan nanti orang lain cukup men-scanning-nya saja. Tanpa perlu harus mengetik-ngetik.
  2. Kedua, QR Code ini bentuknya berupa gambar. Gambar bisa Anda tempelkan ke gambar lain dengan proses editing, misalnya menggunakan PhotoShop. Bisa ditempel di undangan pernikahan, undangan acara wisuda, undangan lamaran, brosur dan poster usahamu, wah banyak deh. Anda bisa memanfaatkannya di semua yang basisnya digital.
  3. Ketiga, Maps dalam bentuk QR Code bisa disimpan untuk waktu yang lebih lama. Kecuali, Anda menghapusnya atau tidak sengaja memformat memori.
  4. Keempat, daripada Anda harus membuka Google Maps kemudian share link berkali-kali ke orang yang menanyakan, cukup dengan share QR Codenya saja. Ini terasa lebih praktis.

Nah itu beberapa guna QR Code maps yang bisa Anda rasakan nanti setelah membuatnya. Selanjutnya, apa saja aplikasi yang harus dipersiapkan?

Simak juga: cara screenshot laptop windows 10

Aplikasi yang Dipakai

Aplikasi yang perlu dipersiapkan adalah Google Maps dan Barcode Generator. Untuk Google Maps sudah pasti terinstall otomatis di HP keluaran sekarang. Sementara untuk Barcode Generator, Anda harus menginstall dulu dari Google Play Store.

cara membuat barcode maps
Aplikasi barcode generator

Setelah aplikasi Google Maps dan Barcode Generator sudah terinstall di HP Anda, barulah kita bisa lanjut ke cara membuat QR Code maps-nya.

Cara Membuat QR Code Maps

Cara membuatnya cukup mudah kok. Bahkan, seperti yang sudah dibilang di awal, mudah sekali. Jadi, Anda pasti langsung bisa setelah sekali coba saja. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Google Maps dan Tentukan Lokasi

Jalankan aplikasi Google Maps terlebih dahulu. Kemudian, tentukan lokasi yang ingin Anda masukkan ke dalam QR Code. Misalnya saja Monumen Nasional.

membuat qr code maps
Tentukan lokasi

2. Klik tombol Share dan Pilih Barcode Generator

Setelah menentukan lokasi yang ingin dimasukkan ke QR Code, klik tombol Share pada pojok kanan bawah Google Maps.

Setelah diklik, muncul popup dari bawah layar yang menampilkan aplikasi dan kontak sebagai tujuan share-nya. Klik/tap aplikasi Barcode Generator.

cara membuat barcode google maps
Share lokasi

Kalau saat popup tujuan share ini muncul dan Anda tidak melihat adanya aplikasi Barcode Generator, coba di geser ke kanan saja sampai ketemu. Karena posisinya memang tidak langsung terlihat saat popup tujuan share muncul.

3. QR Code Maps Tergenerate

Setelah mengklik Barcode Generator sebagai tujuan share, maka otomatis akan membuka aplikasi Barcode Generator yang sekaligus menampilkan QR Code maps-nya.

cara buat qr code maps
QR Code maps

QR Code maps sudah jadi dan siap digunakan untuk kebutuhan apapun.

Klik ikon SD Card untuk menyimpan filenya dalam format .png. Kalau bentuknya sudah dalam format gambar, Anda bisa menempelkannya di gambar manapun. Kalau sekarang sih, banyak ditempelkan di undangan pernikahan.

Anda juga bisa langsung share QR Code maps-nya dengan mengklik ikon share. Anda bisa membagikannya ke WhatApp, Telegram, Bluetooth, dan masih banyak lagi.

cara membuat qr code google maps
Gambar QR Code maps

Cepat dan mudah sekali kan cara membuatnya? Cukup 3 langkah saja dan Anda pasti langsung bisa membuatnya.

Simpel tapi bisa berguna sekali. Mungkin juga masih ada yang belum tahu caranya. Itulah alasan AneIqbal menuliskan artikel cara membuat QR Code maps. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment