Cara Membuat Link bitly Google Form Lengkap

Jika Anda ingin meringkas link gform yang panjang, maka Anda wajib mengetahui bagaimana cara membuat link bitly Google Form ini. Seperti yang kita ketahui, link Google Form umumnya memang sangat panjang dan bentuknya seperti terenkripsi. Untuk itu, kita bisa memanfaatkan bitly untuk meringkas link Google Form tersebut.

Google Form memang masih menjadi favorit untuk membuat formulir online seperti pendaftaran seminar ataupun kuesioner suatu penelitian. Setelah membuat formnya sesuai dengan kebutuhan, kita bisa membagikan link form tersebut ke orang-orang untuk menerima respon dari mereka. Tentu saja, link Google Form yang sangat panjang itu terlihat tidak praktis dan terkesan ribet.

Bitly merupakan salah satu tools/website pemendek link terfavorit di seluruh dunia. Kita bisa bungkus link Google Formnya dengan link bitly. Nah, bagaimana caranya? Silakan simak cara membuat link Google Form menjadi bitly yang AneIqbal sajikan selengkapnya berikut ini.

Ohiya, pastikan Anda sudah membuat akunnya terlebih dahulu ya. Jika belum, silakan buat terlebih dahulu dengan mengikuti panduan cara membuat akun bitly ini.

Panduan singkat cara membuat link bitly Google Form

  1. Login ke bitly.com dengan akun yang Anda miliki.
  2. Klik CREATE yang ada di pojok kanan atas.
  3. Copy-paste link Google Form pada kolom ENTER LONG URL.
  4. Klik CREATE yang ada di pojok kanan bawah.
  5. Link bitly Google Form berhasil dibuat.

Caranya mudah sekali bukan? Tidak butuh waktu yang lama untuk membuatnya. Mungkin jika dihitung waktunya tidak sampai lima menit.

Namun jika Ada merasa masih belum jelas dengan panduan singkat di atas, berikut kami jelaskan juga panduan lengkapnya yang disertai dengan gambar pendukung.

Panduan lengkap cara membuat link Google Form menjadi bitly

1. Buka https://bitly.com/ dengan browser kesayangan Anda, seperti; Google Chrome atau Mozilla Firefox. Kemudian klik Log in untuk membuka halaman login akun bitly.

2. Masukkan username atau email address dan password akun Anda pada kolom yang tersedia. Kemudian klik tombol Log in. Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan dashboard.

3. Setelah berada di halaman dashboard, klik tombol CREATE yang ada di pojok kanan atas untuk memulai pembuatan link bitly.

cara membuat link bitly google form klik create
klik tombol CREATE di pojok kanan atas

4. Setelah mengklik tombol tersebut, Anda akan melihat form isian yang muncul di sisi kanan layar. Copy-pastekan link Google Form yang Anda miliki pada kolom input ENTER LONG URL. Lalu, biarkan kolom lainnya tanpa perlu diisi. Kemudian klik tombol CREATE yang ada di pojok kanan bawah.

5. Setelah itu, Anda akan melihat link baru dengan format bitly beserta beberapa tombol, sepertiĀ COPY, SHARE, dan QR CODE. Sampai sini, link bitly Google Form Anda siap untuk disebarluaskan.

cara membuat link bitly google form klik create google form link
Link bitly Google Form berhasil dibuat

Link bitly yang berhasil dibuat memang terlihat pendek namun memiliki karakter yang acak setelah garis miring (/). Tetapi, Anda juga bisa mengganti link bitly tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Cara custom link bitly

  1. Dari halaman dashboard, silakan klik salah satu link bitly yang sudah Anda buat kemudian klikĀ EDIT. Nantinya akan muncul tampilan EDIT LINK di kanan layar.
  2. Pada kolom CUSTOMIZE BACK-HALF, silakan ganti sesuai dengan keinginan Anda yang mudah diingat. Misalnya, formPendaftaranSeminar.
  3. Klik tombol SAVE untuk menyimpan perubahannya.
  4. Selamat! Anda berhasil mengganti link bitly Google Form menjadi lebih ringkas lagi.

    cara membuat link bitly google form klik create google form link edited
    Link bitly yang sudah dicustom

Panduan di atas menggunakan laptop untuk membuat link bitlynya. Pertanyaannya, bisakah kita membuat link bitly Google Form lewat HP?

Selain dapat diakses melalui website resminya, bitly juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa kita install melalui Google PlayStore maupun AppStore. Silakan install terlebih dahulu supaya kita bisa membuat link bitly melalui HP.

Baca juga: Cara Membuat Link Bitly Google Drive

Cara buat link bitly Google Form lewat HP

  1. Buka aplikasi bitly di HP Anda kemudian login ke akun Anda.
  2. Klik/tap tombol biru + untuk membuat link bitly baru.
  3. Copy-paste link Google Form pada kolom Paste Long URL.

    cara buat bit ly google drive
    Copy-paste link Google Form pada kolom yang tersedia
  4. Kemudian klik tombol CREATE untuk membuatnya.
  5. Link bitly Google Form berhasil dibuat melalui HP.

Bagaimana menurut Anda? Cukup mudah dan praktis kan membuat link bitly ini? Mulai sekarang, Anda tidak perlu lagi membagikan link Google Form yang panjang dan ribet itu. Cukup gunakan bitly untuk meringkasnya.

Sekian panduan cara membuat link bitly Google Form ini dan semoga bisa membantu Anda. Demikian dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

 

 

Leave a Comment