Cara Membuat Email di Gmail (Panduan Lengkap)

Cara membuat email di Gmail itu sangatlah mudah. Terlihat sulit karena mungkin belum ada bayangan bagaimana proses pembuatannya. Simak panduan lengkapnya pada postingan AneIqbal kali ini.

Membuat email baru itu nggak sesulit yang dibayangkan. Bahkan terbilang mudah. Waktunya juga nggak lama. Sekitar 5 sampai 10 menit. Cepat kan?

Terus, pernah dengar Gmail? Gmail adalah salah satu penyedia layanan email yang terkenal di seluruh dunia. Ia adalah salah satu produk dari raksasa internet saat ini, Google.

Proses membuat akun yang cepat dan mudah, tampilannya yang simpel namun tetap memperhatikan fungsionalitas, proses kirim dan terima email cepat, dan yang paling utama adalah GRATIS.

Betul. GRATIS.

Ada juga sih yang berbayar. Tapi itu khusus untuk perusahaan. Alamat emailnya bisa dikustom sesuai nama perusahaan. Misalnya: info@aneiqbal.com, bukan infoaneiqbal@gmail.com.

Begitu. Sekedar FYI aja dan kita nggak bahas itu. Kita bahas yang gratisan.

Langkah-langkah cara membuat email di Gmail

1. Buka Gmail-nya

Itu adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat email baru di Gmail. Silakan klik link https://mail.google.com untuk membuka Gmail.

Lalu, klik “BUAT AKUN” bila Gmail dalam Bahasa Indonesia atau klik “CREATE ACCOUNT” bila pakai Bahasa Inggris. Tombolnya warna merah dan posisinya ada di pojok kanan atas.

2. Lengkapi isiannya (nama, alamat email, dan password)

Anda harus melengkapi semua isian yang tersedia. Ada nama depan dan nama belakang.

Ada alamat email juga. Alamat email bisa Anda sesuaikan dengan keinginan. Namun, alamat email yang Anda pilih bisa dipakai bila belum ada yang memakai.

Lalu ada isian password dan konfirm password.

membuat email gmail baru

Jika sudah, klik “Berikutnya”.

3. Lengkapi isiannya lagi (nomor handphone, tanggal lahir, dan jenis kelamin)

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi isian kembali. Ada isian nomer handphone, alamat email pemulihan, tanggal lahir, dan jenis kelamin.

Untuk nomor handphone dan alamat email pemulihan, hanya bersifat opsional. Nggak diisi pun nggak masalah. Masih tetap bisa buat akun. Kalau sudah, klik “Berikutnya”.

4. Privasi dan Persyaratan

Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan Privasi dan Persyaratan. Silakan baca dan tekan tombol biru dengan ikon panah ke bawah untuk scroll ke bawah. Jika sudah paling bawah, klik “Saya setuju”.

cara buat email baru
Privasi dan Persyaratan

5. Selamat datang..

Email Anda sudah berhasil dibuat. Selamat gaes!

cara buat akun gmail
Selamat datang di Gmail

Klik “Berikutnya” dan Anda akan diminta untuk memilih tampilan daftar emailnya seperti apa. Ada 3 pilihan: Default, Longgar, dan Rapat. Klik “Oke” bila sudah menentukan tampilannya.

6. Halaman utama Gmail

Sampai sini, Anda akan melihat tampilan halaman utama Gmail. Di pojok kanan dapat melihat informasi alamat email Anda. Dan ada email ucapan selamat datang di inbox email Anda.

cara membuat email gmail
Halaman utama Gmail

Sekarang Anda sudah punya email baru di Gmail. Sekali lagi selamat. Email ini berguna sekali untuk menggunakan berbagai aplikasi atau layanan di dunia maya.

Jangan sampai lupa alamat email Anda. Juga jangan lupa passwordnya. Selamat ber-email.

Leave a Comment