Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di DomaiNesia

Kalau kita sudah mengetahui cara membuat email dengan domain sendiri, kita bisa punya email dengan domain apapun. Karena, skillnya sudah kita kuasai dan ini berguna banget.

Email dengan domain sendiri dapat meningkatkan kredibilitas brand yang dibangun. Orang-orang akan lebih menyadari bahwa brand dikelola dengan baik karena ada alamat email resminya.

Selain itu, email dengan domain sendiri juga terlihat lebih profesional. Bahasa komunikasi yang digunakan pun akan lebih formal. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan orang-orang terhadap brand.

Orang-orang juga akan sadar bahwa ini bukanlah penipuan karena mereka berkomunikasi secara resmi dengan brand.

Coba saja bandingkan beberapa contoh email di bawah ini.

admin@aneiqbal.com
aneiqbal9910@gmail.com

Mana yang terlihat lebih profesional dan resmi? Tentu yang nomor satu karena sudah menggunakan domain sendiri. Catatan: kedua email di atas bukanlah email sebenarnya dan hanya contoh belaka.

Tetapi, bukan berarti brand yang masih menggunakan gmail salah, tidak resmi, dan bohongan. Masih banyak juga yang lebih memilih menggunakan gmail karena lebih terbiasa.

Persyaratan cara membuat email dengan domain sendiri

Ya. Ada syaratnya agar dapat membuat email dengan domain sendiri. Apa sajakah syarat itu? Syaratnya tidak banyak. Anda harus memiliki domain dan hosting terlebih dahulu.

Biasanya, orang-orang akan membuat email dengan domain sendiri setelah mereka membuat website resmi. Jadi sudah pasti memiliki domain dan hosting. Membuat email dengan domain sendiri adalah langkah selanjutnya setelah membuat website resmi dalam membangun sebuah brand.

Cara membuat email dengan domain sendiri

Setelah syarat terpenuhi, Anda sudah memiliki domain dan hosting, maka barulah kita bisa coba membuat emailnya. Berikut langkah-langkah cara membuat email dengan domain sendiri.

1. Buka cPanel website

Kita akan mendapatkan akses cPanel setelah melakukan pembelian domain dan hosting (shared hosting). cPanel merupakan tools untuk mengelola server website kita termasuk salah satunya adalah email.

Informasi cara akses ke cPanel dikirimkan melalui email oleh penyedia jasa hosting tepat setelah melakukan pembelian. Jadi, coba cek inbox email Anda dan bila sudah ketemu jangan lupa untuk di-bintangin/difavoritkan agar tidak nyari-nyari lagi.

cara buat email domain sendiri
Email berisi informasi untuk akses ke cPanel

2. Buka menu Email Accounts

Setelah cPanel terbuka, langsung cari menu Email Accounts. Posisinya ada di bawah jadi langsung scroll ke bawah saja. Bisa juga dengan mengetik keyword “email” pada kotak pencarian yang ada. Cara ini jauh lebih cepet.

cara membuat email dengan domain sendiri 2
Cari email di cPanel

3. Klik tombol CREATE

Kalau sudah terbuka halaman Email Accounts, klik langsung tombol CREATE.

membuat email domain sendiri
Email Accounts

Di halaman ini nantinya juga akan muncul email-email yang pernah dibuat.

4. Lengkapi semua isian yang ada

Di halaman CREATE AN A EMAIL ACCOUNT, ada beberapa isian yang perlu diisi.

buat email dengan domain sendirim email domain sendiri
Buat email baru

Pertama, kolom Username. Isi dengan username yang dikehendaki. Misalnya saja; admin, hai, support, operator, marketing, dan lain sebagainya.

Username ini untuk bagian depan alamat email dengan domain sendiri. Jadi, hasil akhirnya menjadi admin@aneiqbal.com.

Kemudian, masukkan password untuk username tadi. Usahakan password yang mudah diingat tetapi punya security level yang cukup tinggi.

Atau daripada pusing mikirin password yang seperti apa, klik saja tombol GENERATE yang akan membuat password secara otomatis namun punya security level yang tinggi.

Kekurangannya menggunakan generate password adalah passwordnya sulit sekali untuk diingat. Karena, passwordnya benar-benar sangat acak dengan kombinasi karakter, angka, dan huruf.

Ketiga, beri kapasitas hardisk untuk emailnya. Ini biarkan saja default. Nantinya bisa diubah bila kapasitas emailnya sudah tidak cukup lagi.

5. Klik tombol CREATE

Setelah mengisi semua isian, coba dipastikan kembali agar sudah sesuai dengan yang dikehendaki. Supaya email langsung dapat digunakan juga.

Bila sudah sesuai, langsung klik tombol biru CREATE yang ada di bawah form isian tadi. Tunggu sebentar dan email akan segera dibuat.

Sampai sini selesai. Anda berhasil membuat email dengan domain sendiri. Sekarang, bagaimana cara buka emailnya? Nggak mungkin kan cuma buat aja tapi nggak dilihat isinya apa?

Cara buka email dengan domain sendiri

1. Klik CHECK EMAIL

Masih di halaman Email Accounts, klik tombol CHECK EMAIL yang berada tepat pada alamat email. Setelah diklik, nantinya akan membuka halaman baru untuk memilih aplikasi email yang akan digunakan.

cara buat email pakai domain sendiri
Klik CHECK EMAIL

2. Pilih aplikasi email

Di halaman baru ini kita akan diminta untuk memilih aplikasi email apa yang akan digunakan. Biasanya, pilihannya antara Roundcube, horde, atau squirrel.

Ketersedian aplikasi email bisa berbeda-beda tergantung penyedia jasa hosting itu sendiri. Bisa saja lengkap ketiganya. Bisa saja ada salah satu yang tidak ada. Bahkan, bisa saja berbeda dari ketiganya.

Aplikasi email yang ogut rekomendasikan adalah Roundcube. Tampilannya sederhana, nggak ribet, tetapi tetap mudah digunakan. Tombol-tombolnya juga cukup informatif.

Cuma masalah pembiasaan saja karena lebih terbiasa dengan platform gmail.Klik di salah satu aplikasi email dan nantinya akan membuka halaman baru lagi. Lalu bisa juga langsung klik Set as Default agar tidak perlu memilih lagi aplikasi emailnya.

3. Email berhasil terbuka

Setelah mengklik aplikasi email tadi antara horde atau Roundcube, halaman baru akan terbuka. Halaman baru ini akan menampilkan inbox email. Nah sampai sini sudah bisa untuk membaca dan mengirim email dengan domain sendiri.

Roundcube
Membuka email via Roundcube

Cara cepat membuka email dengan domain sendiri

Ada cara yang lebih cepat dibanding cara di atas. Cara di atas perlu login dulu ke cPanel baru kemudian login ke emailnya.

Cara yang lebih cepat adalah dengan langsung mengakses namadomain.com/webmail melalui browser. Setelah itu masukkan alamat email dan passwordnya lalu klik Log in.

Webmail
Akses email melalui Webmail

Jadi cukup tambahkan /webmail di belakang domain milikmu. Bagaimana menurut Anda membuat email domain sendiri di atas? Tidak sesulit yang dibayangkan bukan?

Sebelum Anda beranjak dari sini, silakan lihat juga panduan hosting kami yang lainnya, seperti cara beli domain, cara membuat website gratis di google, dan cara install wordpress di cpanel. Mungkin Anda sedang mencari-cari panduan tersebut.

Sekian pembahasan panduan membuat email dengan domain sendiri. Semoga panduan buat email domain sendiri yang kami tuliskan di atas dapat dengan mudah dipahami dan diikuti.

Leave a Comment