Cara Membuat Database di phpMyAdmin

Kali ini kita akan bahas cara membuat database di phpMyAdmin. Sebelum ke sana, bro-bro sekalian pasti sudah tau dong database itu apa. Yap! Database adalah kumpulan data yang dibentuk sedemikian rupa.

MySQL adalah salah satu contoh dari database. Ada lagi lainnya seperti; Oracle, MongoDB, postgresql, dan masih banyak lagi. Pada bahasan kita kali ini, database yang digunakan adalah MySQL.

Lalu apa itu phpMyAdmin? phpMyAdmin adalah sebuah GUI atau Graphical User Interface dalam bentuk aplikasi web yang memudahkan kita untuk mengelola database MySQL. Membuat, mengubah, menghapus, dan lainnya, menjadi mudah dilakukan. Hanya tinggal klik saja.

Step by step cara membuat database di phpMyAdmin

1. Install dan jalankan aplikasi XAMPP

Kemudian, pastikan PC/laptop kita sudah terinstall aplikasi XAMPP. XAMPP merupakan aplikasi paketan yang di dalamnya terdapat web server (Apache) dan database server (MySQL). Sekaligus juga akan menginstall phpMyAdmin.

Bro-bro sekalian bisa mendownload aplikasi XAMPP di https://www.apachefriends.org/download.html. Cara menginstallnya cukup mudah. Cukup tekan tombol next sampai selesai.

Oke, kalau XAMPP sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah menjalankan service Apache & MySQL-nya.

Caranya, jalankan XAMPP Control Panel atau kalau Anda menggunakan macOS namanya adalah manager-osx. Jika sudah, klik tombol Start pada MySQL dan Apache. Tombol akan berubah menjadi Stop. Berikut tampilan manager-osx.

cara membuat database dengan phpmyadmin

2. Buka phpMyAdmin

Bila sudah running, kita sudah bisa menjalankan phpMyAdmin-nya. Caranya adalah dengan mengetik http://localhost/phpmyadmin pada address bar browser. Lalu tekan Enter.

cara membuat database mahasiswa di phpmyadmin

Secara default/bawaan, phpMyAdmin dapat diakses tanpa perlu menggunakan password. Namun, jika sudah menyangkut development/production secara real, maka halaman ini perlu dipassword demi keamanan database. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara masuk ke phpMyAdmin yang dipassword.

3. Membuat database mahasiswa

Selanjutnya, kita akan membuat database. Untuk membuat database, klik menu Databases. Tampilan baru muncul dan terlihat ada beberapa database default atau bawaan dan juga kolom untuk membuat database. Pada kolom tersebut, ketikkan nama database yang ingin Anda buat. Sesuai judul di atas, kita akan membuat database kampus. Lalu klik Create.

membuat database mahasiswa

Setelah itu, akan muncul notifikasi yang menandakan bahwa database berhasil dibuat dan langsung diarahkan untuk membuat table. Di sini kita akan buat table mahasiswa dengan 7 kolom atau field. Lalu klik Go.

contoh database mahasiswa mysql

Info

Ada 2 jenis database, yakni RDBMS dan Non-RDBMS. RDBMS merupakan database yang dapat saling berelasi sedangkan Non-RDBMS kebalikannya. RDBMS memiliki konsep database-table (di dalam database terdapat table-table yang berelasi) sedangkan Non-RDMS tidak berkonsep demikian. Contoh RDBMS: Mysql, Oracle dan contoh Non-RDBMS: NoSql, MongoDB.

Kemudian, kita akan mendefinisikan kolom atau field apa saja yang akan ada pada table mahasiswa. Kita akan membuat kolom untuk; id, nim, nama, jenis_kelamin, tanggal_lahir, alamat, dan jurusan. Khusus untuk kolom id, kita jadikan sebagai primary key dan nilainya adalah auto increment.

contoh database mahasiswa

Name adalah nama dari kolom atau field-nya. Type adalah tipe data dari kolom atau field-nya. Length/Values adalah panjang karakternya. Bila sudah, klik Save pada pojok kanan bawah. Selesai! Table mahasiswa berhasil dibuat.

cara membuat database di phpmyadmin

Kita bisa melihat struktur dari table mahasiswa dengan mengklik menu Structure. Tampilannya akan seperti berikut.

database mahasiswa mysql

Dan untuk melihat data yang ada di dalam table mahasiswa, caranya adalah dengan mengklik menu Browse. Seperti ini tampilannya jika datanya kosong.

contoh database mahasiswa sql

Untuk memasukkan data ke dalam table mahasiswa, pilih menu Insert. Tampilan form akan muncul dan isi sesuai dengan kolom atau fieldnya, kecuali kolom id karena dia akan otomatis terisi dengan running number (fungsi auto increment). Terakhir, klik Go.

cara membuat database mahasiswa di mysql

Jika berhasil dimasukkan, akan ada notifikasi berhasil seperti berikut.

contoh tabel database mahasiswa

Lalu, bila kita ke menu Browse, datanya akan terlihat di sana.

contoh tabel mahasiswa

Kesimpulan cara membuat database di phpmyadmin

Bagaimana dengan percobaan yang Anda lakukan? Sudah berhasil seperti langkah di atas? Sebenarnya membuat database mahasiswa di phpMyAdmin itu cukup mudah. Cukup dengan klik-klik saja. Namun memang membutuhkan ketelitian supaya tidak salah.

Leave a Comment