Cara Membeli Domain yang Sudah Expired

Setelah Anda mengetahui cara buat akun expireddomains net, selanjutnya adalah bagaimana cara membeli domain yang sudah expired di situs tersebut. Seperti apa prosesnya? Mudahkan proses pembelian domainnya? Silakan simak pembahasan AneIqbal berikut sampai akhir.

Sebelum masuk ke pembahasan cara belinya, ada baiknya kita perlu tahu terlebih dahulu tentang expired domain. Sebab mungkin saja ada sebagian dari Anda yang belum familiar dengan istilah ini.

Pengertian expired domain

Expired domain adalah domain yang sudah melewati masa aktif pemakaiannya dan tidak sedang digunakan oleh siapapun. Expired domain ini juga merupakan domain yang tidak diperpanjang oleh pemiliknya. Sehingga statusnya kini bebas diperjualbelikan.

Sesuai dengan namanya, expired domain, artinya domain tersebut sudah pernah aktif sebelumnya sehingga sudah memiliki history atau jejak di mata mesin pencari. Jejaknya ini pun beragam; ada yang bagus dan ada yang tidak.

Banyak internet marketer seperti blogger ataupun affiliater di seluruh dunia yang mencari expired domain. Namun tentu yang dicari memiliki kualitas rekam jejak yang bagus. Maka dari itu, harga expired domain bisa sangat melambung tinggi tergantung dari kualitasnya.

Apakah selalu tinggi harganya? Tidak juga. Cukup banyak juga expired domain yang bisa didapatkan dengan harga murah.

Tempat mendapatkan expired domain

Karena demand dari expired domain ini cukup tinggi, maka lahirlah beberapa situs yang melisting ribuan bahkan jutaan expired domain dari seluruh dunia. Ada beberapa situs yang cukup terkenal dan salah satunya yaitu expireddomains.net.

Expireddomains.net memiliki daftar expired domain mencapai jutaan jumlahnya dengan beragam ekstensi dari seluruh dunia. Daftar expired domain tersebut pun bisa Anda akses secara gratis dengan syarat mendaftar akun terlebih dahulu.

Panduan singkat cara membeli domain yang sudah expired

  1. Buka situs https://www.expireddomains.net/ kemudian login dengan akun Anda.
  2. Masukkan kata kunci domain Anda (mis:pendidikan) pada searchbox yang tersedia kemudian klik Search.
  3. Pilih salah satu domain yang Anda inginkan pada daftar domain yang muncul.
  4. Klik pada domain tersebut sampai muncul pilihan tempat membelinya, seperti godaddy, namecheap, dll kemudian pilih Namecheap.com.
  5. Selanjutnya, Anda tinggal melanjutkan proses beli domain seperti pada umumnya. Silakan lihat (Beli Domain Tanpa Hosting di Namecheap).
  6. Pembelian expired domain berhasil.

Overall, proses membeli expired domain ini tidak sulit jika Anda sudah pernah membeli domain sebelumnya. Sebab, prosesnya kurang lebih sama. Bedanya hanya pada saat menemukan domain yang expirednya saja.

Namun jika Anda masih merasa kesulitan mengikuti panduan singkat di atas, berikut akan kami jelaskan juga secara mendetail yang dilengkapi dengan gambar pendukung.

Panduan lengkap cara membeli domain expired

1. Silakan buka situs https://www.expireddomains.net/ kemudian klik tombo Login yang ada di pojok kanan atas. Setelah diklik, Anda akan melihat halaman login di layar.

cara membeli domain yang sudah expired login expired domains
Halaman login

2. Selanjutnya, silakan masukkan username dan password akun Anda. Lalu klik tombol Login untuk masuk. Setelah proses login berhasil, Anda akan melihat tampilan dashboard user dengan ucapan selamat datang.

cara membeli domain yang sudah expired welcome member
Halaman dashboard user

3. Langkah berikutnya yaitu masukkan kata kunci domain yang ingin Anda cari pada searcbox di sebelah kanan atas layar. Misalnya, kata kunci “pendidikan” kemudian klik tombol Search. Anda akan melihat daftar expired domain berdasarkan kata kunci tersebut.

cara membeli domain yang sudah expired search result
Expired domain yang muncul berdasarkan kata kunci

4. Silakan pilih salah satu expired domain yang Anda inginkan. Anda juga bisa menyortir berdasarkan banyaknya jumlah backlink (BL), referring domain (DP), dan lain sebagainya sesuai dengan kriteria Anda.

5. Jika sudah memilih, klik di salah satu domain tersebut sampai muncul tampilan tempat membeli domainnya, seperti godaddy, namecheap, dan lain sebagainya.

cara membeli domain yang sudah expired pilih expired domains
Klik di salah satu domain untuk memunculkannya

6. Di sini kita akan membeli domainnya lewat Namecheap sehingga klik namecheap.com pada tampilan tersebut. Setelah itu, kita akan dialihrkan ke situs namecheap beserta expired domain yang kita pilih.

cara membeli domain yang sudah expired di namecheap
Beli expired domain di namecheap

7. Proses selanjutnya yaitu seperti membeli domain pada umumnya. Silakan lihat panduan Beli Domain Tanpa Hosting di Namecheap ini untuk membeli expired domain tersebut.

8. Selesai! Anda berhasil membeli expired domain di expireddomains.net.

Semoga panduan di atas sudah cukup jelas menggambarkan keseluruhan proses pembelian domain yang expired. Semoga Anda juga tidak mengalami kesulitan lagi setelah mengikuti panduannya.

Demikian penjelasan bagaimana cara membeli domain yang sudah expired ini dan terima kasih sudah membaca sampai selesai.

Leave a Comment