Cara Membedakan Halaman di Word (Judul Bab dan Isi Skripsi)

Bagaimana cara membedakan halaman di Word? Beda ini maksudnya posisi halaman judul dengan halaman isi itu berbeda, seperti pada skripsi. Halaman judul berada di bawah sementara halaman isi ada di atas.

Umumnya, format tersebut dijumpai pada skripsi. Namun tak menutup kemungkinan juga laporan atau dokumen lain juga memiliki format halaman yang berbeda.

Untuk skripsi, halaman judul berada di tengah bawah. Sementara halaman isinya berada di pojok kanan atas.

cara membuat halaman judul
Posisi halaman skripsi

Bisa dibilang, ini merupakan versi tingkat lanjut dari panduan cara membuat halaman otomatis ini. Ohiya, baca juga cara membuat heading style di Word jika dirasa membutuhkannya juga.

Nah, bagaimana cara membedakan posisi halaman di Word seperti yang sudah disebutkan tadi? Berikut AneIqbal sajikan panduan lengkapnya untuk Anda. Silakan langsung coba dipraktikkan.

Step by step cara membedakan halaman di Word

1. Siapkan dokumen word

Pertama-tama sudah pasti menyiapkan dokumen Word yang ingin diubah format halamannya. Buka dokumen Word tersebut dengan aplikasi Microsoft Word yang ada di laptop atau PC Anda.

2. Double klik pada footer dokumen

Setelah dokumen Word terbuka, selanjutnya yaitu double klik pada bagian footer dokumen. Footer dokumen letaknya ada di paling bawah dan terbebas dari isi dokumen. Di sinilah letak nomor halamannya.

cara membedakan posisi halaman di word
Footer dokumen

3. Klik menu Page Number

Setelah bagian footer didouble klik, maka Anda akan melihat perubahan menu di atas. Langkah berikutnya, klik Page Number untuk mengakses fitur penomoran halaman.

cara membuat halaman judul
Menu Page Number

4. Tentukan letak penomorannya

Setelah Page Number diklik, pilihan lainnya akan muncul di bawah menu tersebut. Selanjutnya, pilih Current Position kemudian dilanjutkan dengan memilih Plain Number.

cara membedakan halaman
Pilih Plain Number

5. Posisikan di tengah halaman

Nomor halaman kini sudah muncul namun posisinya tidak berada di tengah. Untuk membuatnya ke tengah, tekan tombol CTRL+E. Sekarang, nomor halamannya sudah berada di tengah dokumen.

cara membuat halaman skripsi atas bawah
Nomor halaman berada di tengah

Apakah sudah selesai sampai sini? Belum dan masih berlanjut. Jadi, silakan simak terus sampai akhir.

6. Membuat section untuk membedakan halaman

Supaya posisi halamannya bisa berbeda antara halaman judul dengan halaman isi, caranya yaitu membuat section. Pertama, kita tempatkan dulu kursor mouse tepat setelah kata terakhir di halaman judul bab. Misalnya di posisi yang diberi panah. Setelah itu klik menu tab “Page Layout”.

cara membuat halaman berbeda
Letakkan kursor di akhir kata

7. Klik menu Breaks

Kemudian klik Breaks sehingga muncul beberapa opsi. Di sini pilih opsi Next Page.

cara membuat halaman pada skripsi
Klik Next Page

Sampai sini selesai untuk penomoran halaman judul. Selanjutnya yaitu proses penomoran pada halaman isi.

8. Penomoran halaman isi

Di halaman ke dua ini kita lakukan penomoran seperti langkah sebelumnya menggunakan fitur “Current Position”. Maka dari itu, tentukan posisi halamannya terlebih dahulu. Karena halaman isi umumnya terletak di kanan atas, maka double klik di area tersebut.

halaman isi
Double klik di area atas dokumen

9. Non-aktifkan Link to Previous

Ohiya, di sini jangan lupa untuk klik Link to Previous di atas supaya posisi halaman judul bab tidak berubah. Jika Link to Previous ini sudah tidak aktif, warna oranyenya akan menghilang.

link to previous
Link to previous sudah tidak aktif

10. Membuat penomoran halaman isi

Nah sekarang kita lakukan seperti pada langkah ke 3. Karena kursor kita sudah berada di kanan atas, jadi kita pilih “Current Position”. Setelah itu kita pilih “Plain Number”.

cara membedakan halaman di word
Penomoran halaman isi

Nah kalau misalnya pada halaman isi (halaman 2) terdapat penomoran di bagian bawah (footer), kita bisa hilangkan halaman di bagian bawah (footer) itu dengan cara menonaktifkan “Link To Previous” lagi. Lalu hapus angka 2 di bagian bawah (footer).

cara membedakan halaman di word
Posisi halaman skripsi

Sampai sini, selesai semua prosesnya. Jika tidak ada kesalahan, maka posisi halaman sekarang sudah berbeda antara halaman judul dengan halaman isi. Cukup mudah bukan?

Demikian panduan cara membedakan halaman di Word ini. Semoga panduan di atas mudah dipahami langkah-langkahnya sehingga bisa membantu Anda perihal halaman judul dan halaman isi skripsi ini. Terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Leave a Comment