Cara Install WordPress di Localhost

Ingin membuat website dengan WordPress? Cara install WordPress di localhost ini wajib Anda baca. Setelah berhasil, barulah ke live server. Berikut AneIqbal sajikan panduan lengkapnya.

WordPress merupakan salah satu engine blog atau mesin blog yang digunakan untuk membuat suatu posting seperti tulisan, gambar, dan video pada sebuah blog. WordPress dibangun dengan bahasa PHP dan MySQL, untuk itu kita memerlukan server yang akan menjalankan aplikasi WordPress.

Langkah-langkah install WordPress di localhost

Aplikasi XAMPP dapat mengubah PC/laptop kita menjadi sebuah server atau yang dikenal dengan localhost. XAMPP dapat didownload di https://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html

Setelah itu install lalu jalankan dengan meng-klik Start pada Apache dan MySQL. Bila tulisan berubah menjadi Stop, itu berarti XAMPP sudah berjalan.

cara install wordpress di xampp
Web server XAMPP sudah aktif

WordPress dapat didownload di https://wordpress.org/, kemudian ekstrak file tersebut di C:\xampp\htdocs.

cara install wordpress di xampp
Ekstrak wordpress di folder htdocs

Buka folder wordpress, kemudian edit file wp-config-sample.php. Ubah nama database, user dan password. Nama database sesuaikan dengan keinginan, user isikan dengan root dan password dikosongkan. Kemudian save as file dengan nama wp-config.php.

cara install wordpress localhost
Edit wp-config-sample.php

Selanjutnya, buka browser dan ketik http://localhost/phpmyadmin. Kemudian, buat database dengan nama database yang sama pada file wp-config.php.

cara install wordpress di localhost 2
Buat database

Setelah database dibuat, ketik http://localhost/wordpress/wp-admin/install.php dan isi form tersebut lalu klik Install WordPress.

install wordpress di localhost
Klik Install WordPress

Setelah sukses terinstall, kita diminta untuk login. Klik tombol Log in untuk login ke dashboard wordpress.

informasi login
Klik tombol Login
halaman login
Halaman login wordpress

Bila login berhasil, kita akan melihat Dashboard blog WordPress kita di localhost.

dashboard
Dashboard wordpress

Sampai sini, Anda sudah bisa mengakses halaman Dashboard wordpress dan website blog wordpress Anda di localhost.

Sekarang, Anda bisa bereksplorasi dengan website tersebut tanpa perlu khawatir mengganggu kenyamanan pengguna atau pengunjung. Sebab, websitenya hanya dapat diakses oleh Anda.

Setelah berhasil di localhost, Anda mungkin menjadi lebih berani untuk mencobanya langsung di live server. Live server di sini maksudnya adalah tempat hosting atau VPS atau cloud.

Namun biasanya, proses instalasi pada hosting jauh lebih mudah. Cukup sekali klik tombol Install, dashboard dan website Anda sudah langsung jadi.

Bagaimana, cara install WordPress di localhost cukup mudah bukan? Sekian panduan singkat kali ini dan semoga bisa membantu Anda.

Leave a Comment