Cara Blokir ATM BCA Lewat Call Center

Memblokir kartu ATM adalah salah satu upaya mengamankan tabungan. Untuk itu, kita perlu mengetahui cara blokir ATM BCA lewat call center. Pertanyaannya, mengapa kita harus memblokir kartu ATM sendiri? Tentu ada beberapa alasannya.

Alasan memblokir kartu ATM BCA

Kehilangan kartu ATM BCA bukanlah sesuatu yang diinginkan. Kita sangat berharap hal itu tidak terjadi pada kita. Namun, apa daya dan tanpa diduga, kartu ATM sudah tidak di tangan kita.

Bisa jadi jatuh di jalan. Bisa jadi tertinggal di suatu tempat. Bisa jadi dompet kita dicopet orang tak bertanggungjawab. Banyak kemungkinannya dan semoga tidak terulang kembali terjadi jika sudah pernah mengalaminya.

Mungkin Anda juga sedang bernasip apes. Ingin mengambil sejumlah uang tunai di ATM namun yang ada malah tertelan kartunya. Alhasil, kartu ATM sudah berada di perut mesin ATM.

Kalau sudah demikian, maka kartu ATM tersebut harus segera diblokir. Tujuannya tentu untuk mengamankan tabungan kita. Walaupun mereka yang menemukannya tidak mengetahui pin yang kita pasang. Namun tetap saja supaya lebih aman perlu kita blokir.

Lalu bagaimana cara memblokir kartu ATM BCA ini? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun, pada pembahasan AneIqbal kali ini hanya akan menjelaskan cara blokir lewat call center halo BCA.

Nah, sebelum menghubungi call center, sebaiknya kita persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen/informasi yang mungkin dibutuhkan ketika berbicara dengan customer service di telepon nantinya.

Dokumen/informasi yang dibutuhkan untuk blokir kartu ATM

  1. Buku tabungan sesuai dengan kartu ATM BCA yang hilang.
  2. Kartu identitas seperti KTP.
  3. Nama ibu kandung.
  4. Transaksi terakhir yang dilakukan.
  5. Perkiraan jumlah saldo, dan lain sebagainya.

Kurang lebih seperti di atas dokumen atau informasi yang diperlukan untuk memblokir kartu ATM BCA. Mungkin saja ada beberapa pengurangan ataupun penambahan dari beberapa list di atas.

Nah setelah menyiapkan kebutuhan informasi di atas. Anda juga perlu menyiapkan pulsa yang cukup banyak sebab biaya per menitnya cukup mahal. Biaya telepon akan lebih murah jika Anda menggunakan telepon rumah.

Jika terpaksa harus menelepon dengan pulsa, maka siapkan pulsa yang cukup banyak. Hal ini dimaksudkan agar pembicaraan Anda dengan customer service tidak terputus di tengah jalan akibat kehabisan pulsa. Kalau terputus, maka Anda harus mengulangi prosesnya dari awal dan tentu akan memakan biaya pulsa lagi.

Dokumen/informasi siap, pulsa ataupun telepon rumah siap, maka selanjutnya tinggal menghubungi Halo BCA yang merupakan call centernya. Berikut gambaran yang akan Anda lakukan ketika menghubungi call centernya.

Panduan cara blokir ATM BCA lewat call center

  1. Hubungi call center Halo BCA di nomor 1500 888 dan Anda akan mendengar penjawab otomatis.
  2. Ikuti instruksi yang ada sampai Anda bisa berbicara dengan customer service.
  3. Sampaikan bahwa Anda ingin memblokir kartu ATM karena hilang ataupun tertelan.
  4. Customer service akan menanyakan beberapa pertanyaan seperti identitas diri, transaksi, jumlah saldo, dan lainnya sebagai bukti bahwa Anda memang pemilik kartu ATM tersebut.
  5. Customer service mungkin juga akan menginformasikan kondisi rekeningnya pasca hilang atau tertelan.
  6. Selanjutnya, customer service akan memblokir kartu ATM BCA Anda.

Itulah sedikit gambaran yang akan dilakukan ketika Anda menghubungi call center untuk memblokir kartu ATM BCA Anda. Sebaiknya segera lakukan pasca hilang/tertelan dan jangan tunda lebih lama lagi demi keamanaan rupiah Anda.

Selain dengan menghubungi call center, blokir ATM BCA juga bisa dilakukan dengan cara lain. Di antaranya, yaitu:

  1. Blokir melalui mobile banking atau m-BCA.
  2. Blokir melalui internet banking atau klikBCA.
  3. Blokir melalui customer service di kantor cabang BCA terdekat.

Setelah kartu diblokir, maka Anda bisa menggantinya dengan kartu ATM yang baru namun dengan rekening yang sama. Anda bisa mendatangi kantor cabang terdekat untuk melakukan penggantian kartu ATM.

Sekian pembahasan bagaimana cara blokir ATM BCA lewat call center ini. Semoga panduan singkat di atas bisa sedikit membantu Anda ketika mengalami masalah kehilangan kartu ATM. Namun, mari berdo’a semoga saja kita terhindar dari masalah demikian.

Leave a Comment