Cara Buat Grafik di Excel

Skill Anda akan semakin lengkap jika menguasai bagaimana cara buat grafik di Excel. Selain membuat, Anda bisa menampilkan data dalam bentuk grafik. Ini bisa menjadi nilai tambah Anda dalam mengoperasikan Microsoft Excel. Simak panduan AneIqbal berikut sampai akhir.

Kecakapan seseorang dalam menangkap informasi bisa berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada yang cakap menangkap secara visual. Ada juga yang pandai menangkap dengan pendengarannya.

Dalam hal visual, bagaimana data ditampilkan menjadi faktor penting mudah tidaknya informasi yang terkandung dapat ditangkap. Untuk itu, penambahan visual berupa grafik dapat meningkatkan tingkat kemudahan penyerapan informasinya.

Untungnya, di Excel sudah mengakomodir fitur pembuatan grafik. Sehingga, tidak perlu pusing-pusing lagi membuat grafik secara manual dari aplikasi desain tertentu. Cukup tambahkan grafik dengan data yang ada pada excel.

Step by step cara membuat grafik di Excel

Pertama, siapkan data yang ingin ditampilkan dalam bentuk grafik terlebih dahulu. Sebagai contoh sampel data pada panduan ini bisa menggunakan data makanan favorit sebagai berikut:

membuat grafik di excel
Contoh sampel data

Setelah menyiapkan datanya, selanjutnya yaitu blok data yang akan disajikan kedalam bentuk grafik. Perhatikan gambar berikut jika Anda merasa kebingungan.

cara buat grafik di excel
Blok datanya

Setelah data di blok, langkah berikutnya yaitu mulai memasukkan grafiknya. Caranya, pilih menu Insert kemudian pilih grafik yang akan digunakan.

Microsoft Excel menyediakan berbagai jenis grafik yang bisa Anda pilih. Di antaranya seperti Column, Line, Pie, Bar, Aream Scatter dan Other Chart. Silakan pilih grafik sesuai kebutuhan Anda.

Namun, pada tutorial ini, data makanan favorit di atas akan disajikan dalam bentuk grafik batang. Berikut tampilan grafiknya berdasarkan data tersebut.

cara membuat grafik pada excel
Grafik batang makanan favorit

Selesai! Mudah sekali bukan caranya? Sebenarnya sampai sini selesai. Namun Anda bisa sedikit memodifikasi tampilan grafik batang tersebut. Misalnya, tampilan grafik batang 3D.

Caranya, klik grafik yang akan dimodifikasi lalu klik menu Design. Kemudian pilih desain grafik yang diinginkan. Perhatikan gambar berikut jika Anda mulai merasa kebingungan.

Pilihan design grafik batang
Pilihan design grafik batang

Hasil akhirnya, grafik batang tersebut menjadi seperti berikut.

Grafik batang 3D makanan favorit
Grafik batang 3D makanan favorit

Jika Anda menggunakan Microsoft Excel versi terbaru, menunya kurang lebih serupa. Silakan disesuaikan sedikit dengan versi Microsoft Excel yang Anda gunakan.

Sekian panduan buat grafik di Excel ini dan semoga panduan di atas mudah dipahami. Demikian dan semoga bisa membantu Anda dalam membuat grafik di Microsoft Excel.

 

Leave a Comment