35 Benda yang Berbentuk Lingkaran di Sekitar

Jika Anda sedang membutuhkan referensi benda yang berbentuk lingkaran, di sinilah tempatnya. Ada 35 daftar benda berbentuk lingkaran yang bisa Anda dapatkan! Sebelum masuk ke pembahasan utama, kita bahas sediki apa itu lingkaran terlebih dahulu.

Apa itu lingkaran?

rumus lingkaran aneiqbal
lingkaran

Lingkaran merupakan suatu bentuk bangun datar yang tercipta dari penarikan garis pada kumpulan titik yang memiliki jarak tertentu dengan titik tengah tertentu. Titik tengah tertentu ini disebut juga dengan titik pusat lingkaran. Sementara jarak kumpulan titik dengan titik pusat lingkaran disebut dengan jari-jari lingkaran.

Dalam lingkaran, ada beberapa istilah yang perlu diketahui selain titik pusat dan jari-jari lingkaran. Di antaranya yaitu; tali busur, busur, diameter, apotema, dan juring.

Karena lingkaran merupakan sebuah bangun datar, maka ia memiliki luas dan keliling yang bisa dihitung menggunakan rumus lingkaran yang ada. Misalnya, rumus luas, rumus keliling, rumus mencari jari-jari, rumus mencari diameter, dan lain sebagainya. Dan apakah lingkaran memiliki ciri-ciri tertentu? Jawabannya adalah punya!

Ciri-ciri lingkaran

  • Memiliki simetri putar tak terhingga.
  • Memiliki simetri lipat tak terhingga.
  • Jumlah sudutnya 360 derajat, dengan kata lain tidak memiliki sudut.
  • Memiliki jari-jari, dinotasikan dengan r. Jari-jari merupakan setengah dari diameter.
  • Memiliki diameter, dinotasikan dengan d. Diameter merupakan dua kali dari jari-jari.
  • Memiliki luas dan keliling.

Contoh benda yang berbentuk lingkaran

contoh benda yang berbentuk lingkaran
contoh benda yang berbentuk lingkaran

Sebenarnya ada cukup banyak benda-benda dengan bentuk lingkaran yang ada di sekitar kita. Namun mungkin kitanya saja yang belum menyadari keberadaan benda-benda tersebut. Supaya mengingatkan kembali keberadaan benda tersebut, berikut daftarnya.

  1. Uang koin
  2. Jam tangan
  3. Jam dinding
  4. Roda sepeda
  5. Cincin
  6. Kancing
  7. Piring
  8. Cermin
  9. Kaset CD/DVD
  10. Hulahup
  11. Pizza
  12. Martabak
  13. Donat
  14. Tutup botol
  15. Tutup panci
  16. Solasi/lakban
  17. Meja bundar
  18. Kipas angin
  19. Wajan/penggorengan
  20. Yoyo
  21. Gelang
  22. Karet gelang
  23. Setir mobil
  24. Telor ceplok
  25. Kompas
  26. Alat musik drum
  27. Ring basket
  28. Rambut lalu lintas
  29. Tutup gelas
  30. Tutup toples
  31. Pin
  32. Papan panah
  33. Jaring ikan
  34. Tajos
  35. Nampan

Terkadang muncul pertanyaan, mengapa benda-benda tersebut berbentuk lingkaran? Membentuk benda menjadi lingkaran tentu ada alasan dibaliknya.

Tidak asal buat dan asal jadi begitu saja. Beberapa alasannya seperti; menambah nilai estetika atau seni, meningkatkan fungsi utama dari suatu benda, memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya, dan lain sebagainya.

Itulah 35 benda yang berbentuk lingkaran yang berhasil AneIqbal kumpulkan kemudian sajikan untuk Anda. Semoga bisa sedikit menambah referensi Anda dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Leave a Comment