Benda Berbentuk Lingkaran yang Ada di Rumah

Sebenarnya ada cukup banyak benda berbentuk lingkaran yang ada di rumah dan mungkin kita belum menyadarinya. Berikut daftar benda tersebut jadi pastikan Anda menyimak postingan berikut sampai akhir.

Ohiya, sebelum masuk ke pembahasan daftar benda berbentuk lingkaran, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan lingkaran? Bagaimana dengan ciri-cirinya?

Jadi, lingkaran merupakan sebuah bangun datar yang terproyeksi dari kumpulan titik yang berjarak pada sebuah titik di tengahnya. Titik tengah tersebut dinamakan dengan titik pusat lingkaran. Sementara jarak kumpulan titik terhadap titik pusat tadi disebut dengan jari-jari lingkaran.

Ada istilah lainnya yang disebut dengan diameter. Diameter merupakan jarak dari kumpulan titik melewati titik pusat lingkaran hingga ke ujung titik di seberangnya. Singkatnya, diameter adalah dua kali dari panjang jari-jari lingkaran. Sementara jari-jari lingkaran, adalah setengah dari diameter.

Sekarang sudah cukup jelas? Semoga mudah dipahami ya. Sekarang lanjut ke pembahasan daftar benda yang memiliki bentuk lingkaran yang ada di rumah.

Benda berbentuk lingkaran yang ada di rumah

1. Tutup panci

Benar apa tidak? Tutup panci juga memiliki bentuk lingkaran lho! Seperti yang kita tahu, panci memiliki bentuk seperti sebuah tabung dengan lingkaran sebagai alas dan tutupnya. Bagian bawah sebagai alas dan bagian atas sebagai tutupnya. Tutup panci harus memiliki bentuk lingkaran yang sempurna agar dapat menutup panci dengan baik.

Jika Anda ingin tahu berapa volume atau isi dari panci tersebut, Anda bisa menggunakan rumus volume untuk menghitungnya.

2. Tutup botol

Coba perhatikan kembali pada sebagian bumbu atau bahan masakan yang ada. Lihatlah pada botol kecap dan saus sambal. Bentuknya lingkaran bukan? Sangat jarang ditemui tutup botol yang berbentuk selain lingkaran. Bentuk lingkaran tersebut berfungsi untuk memudahkan kita untuk membuka tutup botolnya.

3. Jam dinding

Benda yang hampir selalu ada di rumah-rumah; jam dinding. Jam dinding sangat umum dan familiar dengan bentuknya yang lingkaran kemudian ditempelkan pada dinding tertentu yang dapat terlihat oleh banyak orang. Di luar bentuk lingkaran pun cukup banyak juga.

4. Roda sepeda

Kalau Anda gemar naik sepeda, coba perhatikan kembali sepeda Anda dari ujung-ujungnya. Bentuk roda sepedanya pasti lingkaran bukan? Jelas, supaya sepeda dapat melaju dengan baik. Sepertinya masih belum masuk di akal jika roda sepeda tidak berbentuk lingkaran.

5. Kancing baju

Kancing baju juga berbentuk lingkaran bukan? Bentuk lingkaran ini membuat kancing sangat aman untuk dipegang karena memiliki sisi yang halus.

Jika Anda penasaran dengan luas dan keliling dari benda-benda lingkaran tersebut, Anda bisa menggunakan rumus segitiga untuk menghitungnya.

Itulah lima benda berbentuk lingkaran yang ada di rumah. Terkadang memang kita kurang menyadarinya dan hal itu merupakan hal yang wajar. Sekian penjelasan singkat AneIqbal dan semoga bisa sedikit menambah referensi Anda.

Leave a Comment