Bagian Microsoft Excel yang Digunakan sebagai Petunjuk Cells adalah?

Bagian Microsoft Excel yang digunakan sebagai petunjuk cells adalah? Menu bar? Title bar? Cell pointer? Cell box? Manakah jawaban yang tepat? Simak pembahasan AneIqbal berikut sampai akhir untuk mengetahui jawabannya.

Bagian Microsoft Excel yang digunakan sebagai petunjuk cells

Jika Anda mendapat pertanyaan, bagian Microsoft Excel yang digunakan sebagai petunjuk cells, maka jawabannya adalah Cell Pointer. Bukan cell box, menu bar, apalagi title bar. Untuk lebih jelasnya, berikut gambar yang menampilkan cell pointer pada sheet Excel.

cell pointer excel
Cell pointer pada Excel

Cell pointer atau penunjuk sel dalam bahasa Indonesia ditandai dengan persegi panjang bergaris hijau yang bisa diarahkan dengan keyboard maupun mouse.

Jika sebuah sel ditunjuk dengan cell pointer, maka itu tandanya sel tersebut aktif dan siap untuk diisi dengan data tertentu atau suatu formula.

Untuk nama selnya, Anda bisa melihatnya di kotak pojok kiri atas tepat di bawah Clipboard. Kotak ini dikenal juga dengan nama Name Box.

name box excel
Name box (kotak merah) yang memperlihatkan nama sel

Ohiya, tahukah Anda apa cell itu? Cell, dalam bahasa Indonesia disebut sel, merupakan titik temu atau perpotongan antara baris dan kolom yang dapat diisi dengan data maupun formula.

Penamaan Cell sendiri berdasarkan titik baris dan kolomnya. Misalnya, Cell pointer berada di titik kolom C dan baris 20, maka nama cell tersebut adalah Cell C20.

Baca juga: cara membuat nomor otomatis di Excel

Cara memindahkan cell pointer Excel

Cell pointer ini bisa dipindahkan ke titik yang dibutuhkan. Caranya pun sangat mudah. Bisa dipindahkan dengan keyboard maupun mouse.

Jika ingin memindahkan cell pointer dengan keyboard, cukup tekan tombol arah kemudian arahkan pada sel yang diinginkan.

Selain tombol arah, cell pointer juga bisa dipindahkan dengan tombol Enter. Tombol Enter akan memindahkan cell pointer 1 cell ke bawah. Sementara tombol Shift + Enter akan membuat cell pointer naik 1 cell ke atas.

Selain itu, masih ada tombol lainnya yang bisa memindahkan cell pointer:

  1. Tab, memindahkan satu sel ke kanan.
  2. Shift + Tab, memindahkan satu sel ke kiri.
  3. PgUp, memindahkan satu layar ke atas.
  4. PgDn, memindahk satu layar ke bawah.
  5. Alt + PgUp, memindahkan satu layar ke kiri.
  6. Alt + PgDn, memindahkan satu layar ke kanan.
  7. Ctrl + PgUp, memindahkan satu sheet ke sheet sebelumnya.
  8. Ctrl + PgDn, memindahkan satu sheet ke sheet berikutnya.

Jika menggunakan mouse, arahkan kursor mouse pada sel yang diinginkan kemudian klik kiri. Maka posisi cell pointer pun akan berpindah dari titik sebelumnya.

Jadi, kesimpulannya, bagian Microsoft Excel yang digunakan sebagai petunjuk cells adalah Cell Pointer. Cell pointer ini bisa dipindahkan sesuai yang diinginkan dengan berbagai cara.

Sekian penjelasan singkat di atas terkait cell pointer. Semoga mudah dipahami dan bisa menjawab pertanyaan Anda.

Leave a Comment