Bagaimana Pemain Bulu Tangkis Dikatakan sebagai Pemenang?

Bagaimana pemain bulu tangkis dikatakan sebagai pemenang? Butuh mencapai berapa poin agar bisa memenangkan set pertandingan? Check it out!

Dalam permainan bulu tangkis ada skor penilaian yang diberikan kepada pemain jika berhasil menjatuhkan shuttlecock di daerah lawan atau membuat lawan kesulitan untuk mengembalikan shuttlecock. Tiap keberhasilan akan diberikan tambahan nilai satu poin dan tiap kegagalan akan memberikan satu poin untuk lawan.

Satu pertandingan bulu tangkis terdiri dari dua set. Jika kedua tim yang saling berhadapan berhasil memenangkan satu set, maka akan diadakan set ketiga untuk menentukan pemenang dari pertandingan tersebut.

Lalu bagaimana dengan jumlah poinnya? Apakah ada nilai tertentu agar bisa dikatakan sebagai pemenang? Atau malah tidak ada batasannya sampai pemain merasa lelah kemudian pertandingan selesai?

Skor pemenang bulu tangkis

Lalu, bagaimana pemain bulu tangkis dikatakan sebagai pemenang? Seorang pemain atau tim dikatakan sebagai pemenang satu set pertandingan bulu tangkis jika sudah memperoleh skor 21 poin dengan selisih minimal dua poin dari lawan. Misalnya, 21-19, 21-15, 21-5, 22-20, 23-21, dan seterusnya.

Kedua pemain atau tim berusaha mencapai angka 21 terlebih dahulu agar bisa mengamankan satu set. Jika ternyata di akhir mendapati skor 20-20, maka disebut dengan deuce dan pertandingan terus dilanjutkan sampai tercipta selisih minimal dua poin.

Kemudian, jika ternyata kedua tim atau pemain berhasil mengamankan satu set, sehingga skor babaknya adalah 1-1, maka diadakan set tambahan untuk menentukan siapa pemenangnya. Cara perhitungan skornya juga berlaku di set ketiga. Sehingga skor babaknya yang tercipta adalah 2-1.

Tips mencuri poin dari lawan

Untuk mendapatkan poin dari lawan memang tidak bisa dikatakan mudah. Apalagi jika lawannya memiliki skill yang mumpuni. Walaupun demikian, bukan berarti tidak mungkin untuk mencuri poin darinya.

Kita bisa mendapatkan poin dari pukulan utama bulu tangkis (dikenal juga pukulan service) jika bisa melakukannya dengan penuh trik sehingga lawan kesulitan untuk mengembalikan shuttlecock.

Trik yang bisa dilakukan seperti memukul tepat di atas net sehingga lawan mengira shuttlecock tidak akan mencapai daerah service. Trik yang kedua yakni mengecoh dengan melambungkan shuttlecock jauh di atas lawan sehingga ia kesulitan dan bahkan gagal memukul balik shuttlecock tersebut.

Tips selanjutnya adalah terbiasa menggunakan alat permainan bulu tangkis sesuai standar. Dengan begitu, tubuh kita terasa seperti sudah menyatu dan luwes dengan kondisi tersebut. Selebihnya tinggal berimprovisasi sesuai dengan kemampuan dan insting di lapangan.

Itulah jawaban sekaligus penjelasan dari pertanyaan bagaimana pemain bulu tangkis dikatakan sebagai pemenang. Semoga penjelasan singkat tersebut bisa menjawab pertanyaan Anda.

Leave a Comment