Bagaimana Cara Menghitung Keliling Segitiga?

Bagaimana cara menghitung keliling segitiga yang sudah diketahui panjang sisi-sisinya? Anda bisa menghitungnya dengan menjumlahkan semuanya. Semuanya? Iya benar. Tinggal jumlahkan saja semua angka yang diketahui tersebut.

Seperti yang diketahui, segitiga memiliki tiga sisi yang pada ujungnya saling bertemu membentuk sudut-sudut. Ada yang sudutnya lancip, tumpul, dan siku-siku.

Nah, kalau berdasarkan sudut akan terbagi menjadi tiga jenis segitiga; segitiga lancip, tumpul, dan siku-siku. Selain itu, bisa juga dibedakan berdasarkan panjang sisinya, yakni segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang.

Karena segitiga juga merupakan bangun datar, maka pasti memiliki luas dan keliling. Apapun jenis segitiganya, mencari luasnya bisa menggunakan rumus segitiga yang sama. Rumusnya yaitu alas dikali tinggi dibagi dengan dua. Bagaimana dengan kelilingnya?

Cara menghitung keliling segitiga

Rumus keliling segitiga jika dinotasikan yaitu K = a + b + c, dimana K merupakan keliling; a,b, dan c merupakan panjang sisi-sisinya secara berurutan. Jika semua panjang sisinya sudah diketahui, maka menghitung kelilingnya akan semakin mudah.

Contoh soal 1

Sebuah bangun datar berbentuk segitiga dengan panjang sisi-sisinya secara berurutan yaitu 30 cm, 20 cm, dan 50 cm. Berapakah keliling dari segitiga tersebut?

Diketahui:

Bangun datar segitiga dengan panjang sisi-sisinya; a = 30 cm; b = 20 cm; dan c = 50 cm;

Ditanya:

Berapa keliling segitiga tersebut?

Jawab:

Rumus keliling segitiga adalah K = a + b + c, dimana nilai a, b, dan c sudah diketahui sehingga tinggal masukkan saja angka-angkanya ke dalam rumus tersebut. Sehingga:

K = a + b + c
K = 30 cm + 20 cm + 50 cm
K = 100 cm

Maka keliling dari segitiga tersebut adalah 100 cm.

Contoh soal 2

Sebuah segitiga siku-siku memiliki alas sepanjang 30 cm dengan tinggi 40 cm. Berapakah keliling dari segitiga siku siku tersebut?

Diketahui:

Sebuah segitiga siku-siku dengan panjang alas 30 cm dan tinggi 40 cm.

Ditanya:

Berapakah keliling dari segitiga siku-siku tersebut?

Jawab:

Agar dapat menghitung keliling segitiga siku-siku di atas, kita perlu mencari berapa panjang sisi miring (sisi terpanjang) dari segitiga tersebut.

Untuk mencari panjang sisi tersebut kita bisa menggunakan rumus phytagoras c2 = a2 + b2 dimana c = panjang sisi miring; a = panjang alas; dan b = tingginya.

Sehingga perhitungannya menjadi seperti berikut ini.

c2 = a2 + b2
c2 = 302 + 402
c2 = 900 + 1600
c2 = √2500
c = 50

Jika sudah mengetahui panjang ketiga sisi tersebut, maka kita bisa lanjutkan ke pembahasan kelilingnya.

Untuk mencari kelilingnya, kita bisa menggunakan rumus K = a + b + c di atas. Kemudian masukkan angka-angka yang sudah diketahui ke dalam rumus tersebut.

K = a + b + c
K = 30 + 40 + 50 cm
K = 120 cm

Selesai perhitungannya dan kita sudah mendapatkan jawabannya. Dengan angka-angka yang ada, Anda sudah bisa memasukkannya ke dalam rumus luas segitiga siku-siku.

Sampai sini selesai pembahasan kita mengenai cara mencari keliling segitiga. Selanjutnya, Anda mungkin ingin melihat benda yang berbentuk segitiga untuk penyegaran ide maupun inspirasi.

Itulah penjelasan singkat bagaimana cara menghitung keliling segitiga yang sudah diketahui panjang sisi-sisinya maupun yang belum. Demikian dan semoga bisa menjawab pertanyaan Anda.

Leave a Comment