Apakah Pinjaman Online Aman untuk Dapatkan Dana Cepat?

Apakah pinjaman online aman untuk Anda yang sedang membutuhkan dana cepat? Seperti apa pinjaman online yang aman? Apa saja resikonya jika gagal membayar pinjaman online? Mari kita bahas satu per satu.

Digitalisasi kini sedang menjamah di hampir seluruh sendi kehidupan. Salah satunya adalah kebutuhan untuk mendapatkan pinjaman dana secara cepat. Semula dilakukan secara offline, kini sudah tersedia beragam website maupun aplikasi untuk melakukan pinjam uang secara online.

Adanya pinjaman online ini memang dapat memberikan banyak dampak positif baik dari segi kehidupan maupun segi ekonomi. Pinjaman online memudahkan masyarakat mendapatkan dana secara cepat dan mudah untuk memenuhi kebutuhannya seperti modal usaha, biaya pendidikan, dan lain sebagainya.

Namun, di samping pinjaman online yang aman, tidak menampik juga munculnya pinjaman online yang tidak aman alias ilegal. Pinjaman online ilegal ini cukup meresahkan masyarakat. Kembali ke pertanyaan awal tadi, pinjaman online itu sebenarnya amankah?

Apakah pinjaman online aman seutuhnya?

Sudah memiliki legalitas, terdaftar di OJK

Pinjaman online sangat aman jika memenuhi kriteria tertentu. Salah satunya yaitu sudah mendapat izin atau terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Karena dengan demikian, produk (aplikasi) pinjaman online tersebut sudah melalui tahapan screening/review dari lembaga hukum yang berwenang.

Periksa latar belakang fintech (perusahaan/produk) yang akan digunakan

Perhatikan juga latar belakang perusahaannya apakah terindikasi pelanggaran tertentu atau tidak. Sistem dari pinjaman online itu sendiri juga perlu diperhatikan.

Mulai dari layanan yang diberikan, perjanjiannya, risikonya, bunganya, dendanya, sampai ke aplikasinya. Jika dirasa tidak ada masalah dan sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan, silakan pertimbangkan untuk mengajukan pinjaman online.

Cari tahu bagaimana review dari nasabah sebelumnya

Jika memang terdesak membutuhkan uang cepat dan mengharuskan memakai pinjaman online, sebaiknya cari tahu dulu informasi maupun review dari nasabah-nasabah sebelumnya. Hindari terburu-buru langsung mengajukan pinjaman online tanpa melakukan research terlebih dahulu atau silakan lihat rekomendasi aplikasi pinjaman online ini.

Pilih aplikasi pinjaman online dengan bunga yang rendah

Semakin rendah bunganya, maka akan semakin ringan untuk membayarnya. Begitu juga sebaliknya. Untuk itu, sangat disarankan untuk memilih aplikasi pinjaman online dengan bunga terendah.

Setiap aplikasi pinjaman online berbeda-beda suku bunganya. Ada yang menerapkan suku bunga harian, ada pula yang bulanan. Namun mayoritasnya adalah suku bunga harian. Jika harian, maka perlu diperhatikan juga apakah ada perubahan suku bunga setelah beberapa hari ke depan.

Jika Anda terpaksa meminjam dan bisa mengembalikan dalam waktu cepat atau hitungan hari, maka disarankan untuk memilih aplikasi pinjaman online dengan bunga harian. Namun, jika membutuhkan 1 – 9 bulan, maka pilihlah aplikasi dengan suku bunga bulanan.

Atur keuangan dengan sebaik mungkin

Dari sisi Anda sendiri juga perlu diperhatikan dan diperhitungkan secara matang. Apakah aman jika meminjam uang sekian dengan bunga sekian lalu sanggup melunasinya sekian hari. Jangan sampai, Anda terjebak pada posisi gali lubang tutup lubang.

Jika Anda tidak memperhitungkannya secara matang, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami gagal bayar pinjaman online. Hal yang seharunya mempermudah dan membantu Anda, kini berbalik menjadi mempersulit Anda. Ada berbagai resiko yang akan Anda hadapi jika tidak membayar pinjaman online.

Apa resiko jika tidak membayar pinjaman online?

  1. Masuk blaklist SLIK OJK dengan status warga negara dengan masalah kredit. (SLIK: Sistem Layanan Informasi Keuangan)
  2. Bunga sekaligus denda akan terus menumpuk dan menggulung sampai puluhan juta.
  3. Aktivitas bisa terganggu sebab diburu oleh debt collector.
  4. Menagih ke orang terdekat Anda dengan menghubungi kontak yang ada di HP Anda.
  5. Selengkapnya silakan lihat resiko kalau tidak bayar pinjaman online ini.

Apakah tidak membayar pinjaman online bisa dipenjara?

Jawabannya tidak bisa dipenjara dan ini berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 tahun 1999 pasal 19 ayat 2 tentang HAM (Hak Asasi Manusia). Pasal tersebut menjamin bahwa seseorang tidak akan dimasukkan ke penjara atau terjerat kasus pidana karena tidak dapat memenuhi kewajibannya untuk membayar utang-piutang.

Apa saja pinjol yang legal di Indonesia?

Berdasarkan laman Kompas, berikut daftar pinjol legal terbaru di tahun 2021:

  1. Danamas – https://p2p.danamas.co.id
  2. investree – https://www.investree.id
  3. amartha – https://amartha.com
  4. DOMPET Kilat – https://www.dompetkilat.co.id
  5. KIMO – http://kimo.co.id
  6. TOKO MODAL – https://www.tokomodal.co.id
  7. UANGTEMAN – https://uangteman.com
  8. modalku – https://modalku.co.id
  9. KTA KILAT – http://www.pendanaan.com
  10. Kredit Pintar – http://kreditpintar.co.id
  11. Maucash – http://maucash.id
  12. Finmas – https://www.finmas.co.id
  13. KlikACC – https://klikacc.co.id
  14. Akseleran – https://www.akseleran.co.id
  15. Ammana.id – https://ammana.id
  16. dan masih ada puluhan lainnya.

Pinjaman online apa saja yang ilegal?

Bersumber dari laman Kompas yang sama, berikut daftar pinjol ilegal terbaru di tahun 2021:

  1. DanaBag – Pinjaman Uang Online Dana Cair
  2. Prima Tunai – Pinjaman Dana Online Duit 24 Jam
  3. Good Dana – Dana Tunai Online Pinjaman Kredit
  4. Fund Cash – Pinjaman Online Cepat, Aman & Terpercaya
  5. Doit – Pinjaman Online Cepat Cair
  6. SakuAku
  7. Pinjaman Kelinci – KTA Terbaik Bunga Rendah Aman
  8. Kotak Uang Pinjam Uang Tunai Kredit Dana
  9. Kredit Tunai: Uang Cair
  10. KSP Fast Loan
  11. Setor Tunai – Pinjaman Uang Tunai Online Dana
  12. Bunga Anggrek – Pinjaman Uang Tunai Online Cepat
  13. Cash STR
  14. Pincash – Pinjaman Online Uang Tunai Rupiah Cepat
  15. Bantu Rakyat
  16. Pinjam Pasar
  17. dan masih ada puluhan lainnya.

Silakan lihat daftar pinjol legal selengkapnya ini jika Anda ingin mengajukan pinjaman online melalui fintech atau produk aplikasi. Pastikan sekali lagi bahwa nama aplikasi pinjaman online atau fintech tersebut masuk ke dalam daftar pinjaman online yang legal.

Jadi, apakah pinjaman online aman untuk mendapatkan dana secara cepat? Aman jika sudah mempertimbangkan dari berbagai sisi dan ke semua sisi tersebut tidak ada masalah.

Kembali diingat-ingat juga Anda harus melunasi pinjaman online ini. Karena jika tidak, Anda akan menghadapi resiko gagal bayar pinjaman online seperti yang sudah dituliskan di atas.

Leave a Comment