Apa itu Bootstrap dan Kegunaannya

Pernahkah Anda mendengar istilah bootstrap? Jika Anda developer, maka pasti pernah mendengarnya. Tapi, sebenarnya apa itu bootstrap dan kegunaannya? Simak pembahasan AneIqbal selengkapnya berikut ini.

Apa itu Bootstrap?

Di kalangan developer, khususnya web maupun mobile developer pasti tahu apa itu Bootstrap. Singkatnya, Bootstrap adalah framework CSS ditambah HTML dan ditambah Javascript juga. Gunanya adalah untuk penempatan atau layouting tampilan web atau aplikasi web yang kita buat.

Selain Bootstrap, ada beberapa framework sejenis yang cukup populer. Misalnya, Materializecss yang dibuat oleh Google, Skeleton, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak tersebut, kami sering banget pakai Bootstrap, karena ia memberikan kenyamanan saat kami mendevelop web atau aplikasi web. Selain itu, berikut tiga kegunaan atau keuntungan mengapa harus belajar menggunakan Bootstrap.

Kegunaan Bootstrap

Bootstrap kaya akan komponen penyusun web

Bootstrap memiliki komponen atau elemen web yang cukup banyak. Mulai dari menu navigasi, slider banner, pagination atau halaman web, dan masih banyak lagi.

Anda cukup membuat HTML disertai class-nya, secara otomatis akan terbentuk komponen tersebut. Komponennya bisa Anda lihat di https://getbootstrap.com/components/.

Boostrap menghemat waktu dan tenaga

Memakai Bootstrap dalam membuat web atau aplikasi web sangat menguntungkan untuk kita. Keuntungannya yaitu menghemat waktu dan tenaga.

Semua komponen web atau aplikasi web sudah tersedia, sehingga kita dapat langsung menggunakannya untuk menyusun web atau aplikasi web yang kita buat.

Jika kita tidak menggunakan Bootstrap, maka kita harus membuat terlebih dahulu HTML-nya. Setelah HTML dibuat, kita harus membuat CSS-nya. Jadilah satu komponen.

Belum lagi komponen yang lain. Ah, capek! Harus dibuat satu-satu. Jika kita menggunakan Bootstrap, maka lebih hemat waktu dan tenaga.

Banyak tema modifikasi Bootstrap yang tersedia di internet

Bootstrap sendiri memiliki ciri khas dalam tampilan atau temanya. Bootstrap tidak menyediakan tema lain, hanya satu. Namun banyak pihak melakukan modifikasi terhadap tema Bootstrap, salah satunya yaitu Bootswatch.com.

Bootswatch.com menyediakan berbagai tema Bootstrap yang bisa Anda pilih untuk membangun web atau aplikasi web. Jadi temanya gak cuma itu-itu aja. Keren kan?

Nah itulah apa itu bootstrap dan kegunaannya yang bisa menjadi alasan mengapa kita harus belajar menggunakan Boostrap. So, ayo dicoba dan tunggu apalagi.

Leave a Comment