Apa Itu Aplikasi PeduliLindungi dan Apa Gunanya?

Sudah tahukah Anda apa itu aplikasi PeduliLindungi dan sebenarnya apa fungsinya? Masih banyak orang yang beranggapan bahwa aplikasi PeduliLindungi hanya untuk mendownload sertifikat vaksin saja. Padahal, fungsi aplikasi peduliLindungi itu cukup banyak.

Apa itu aplikasi PeduliLindungi?

Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang dibuat dan terus dikembangkan oleh pemerintah untuk melihat rekam jejak keberadaan seseorang dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Data pelacakan tersebut sangat membantu instansi pemerintah terkait untuk melakukan tracking selama 14 hari ke belakang.

Aplikasi PeduliLindungi ini mengandalkan partisipasi masyarakat dalam hal berbagi data lokasi selama mereka bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain. Dengan begitu, jika ada seseorang yang terjangkit positif covid, maka pemerintah dapat melakukan penelusuran riwayat kontak penderita.

Saat ini, PeduliLindungi sudah menjadi aplikasi yang wajib diinstall pada smartphone Anda. Sebab jika tidak, Anda tidak diperbolehkan untuk berkunjung ke layanan publik seperti mall. Beberapa tempat umum sudah mewajibkan pengunjungnya untuk check-in/checkpoint dengan scan QR Code sebelum masuk.

Apa fungsi aplikasi PeduliLindungi?

Seperti yang sempat disinggung di awal tadi bahwa guna aplikasi PeduliLindungi ini tidak terbatas pada fitur download sertifikat vaksin saja. Masih ada berbagai fungsi lainnya yang tentu sangat bermanfaat dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Berikut fungsi aplikasi PeduliLindungi di antaranya, yaitu:

  1. Memberikan notifikasi peringatan kepada pengguna.
  2. Menelusuri riwayat kontak seseorang.
  3. Melihat status vaksin.
  4. Mendownload sertifikat vaksin.
  5. Menyajikan informasi hasil tes Covid-19.
  6. Mengakses layanan publik.

Memberikan notifikasi peringatan kepada pengguna

Aplikasi PeduliLindungi akan memberikan notifikasi peringatan jika Anda memasuki keramaian atau kawasan zona merah. Kawasan zona merah merupakan area atau kelurahan dimana terdapat kasus positif Covid-19 atau Pasien Dalam Pengawasan yang sudah terdata dalam aplikasi. Sehingga, Anda bisa melakukan perlindungan ekstra ketika memasuki wilayah tersebut atau mencari jalan alternatif lainnya.

Menelusuri riwayat kontak seseorang

Seseorang yang menggunakan aplikasi PeduliLindungi ketika ia bepergian, akan ada rekam jejak tempat mana saja yang ia kunjungi. Sehingga, pemerintah dapat melakukan pengawasan sekaligus pendeteksian pergerakan orang itu selama 14 hari ke belakang jika ia terjangkit positif virus Covid-19.

Melihat status vaksin

Status vaksin juga bisa dilihat pada aplikasi PeduliLindungi dengan empat indikator warna. Hijau artinya sudah vaksin kedua. Kuning artinya baru vaksin pertama dan sedang tidak terinfeksi. Merah artinya belum melakukan vaksin dan sedang tidak terinfeksi. Sementara hitam, pengguna sedang terinfeksi atau kontak dengan penderita positif Covid-19 dalam 14 hari ke belakang.

melihat status vaksin pedulilindungi
Melihat status vaksin

Mendownload sertifikat vaksin

Inilah fungsi aplikasi PeduliLindungi yang paling banyak orang tahu, untuk mendownload sertifikat vaksin. Sebelumnya, sertifikat vaksin berupa kertas lembaran yang diberikan setelah melakukan vaksin. Sertifikat tersebut juga bisa didownload melalui aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: Cara Download Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi.id

Menyajikan informasi hasil tes Covid-19

Jika Anda melakukan tes Covid-19 dalam 3 hari terakhir, baik itu PCR maupun Antigen, di lab-lab yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi, hasil tes tersebut juga bisa Anda lihat melalui aplikasi ini. Ini menjadi sangat praktis sebab diintegrasikan dalam satu aplikasi.

informasi hasil tes covid-19 pedulilindungi
Melihat hasil tes

Mengakses layanan publik

Beberapa layanan publik boleh dibuka ketika tren (grafik) Covid-19 mengalami penurunan. Namun, untuk mengakses layanan publik tersebut, pengunjung diwajibkan untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, aplikasi PeduliLindungi memuat informasi status kesehatan penggunanya seperti status vaksin dan hasil tes Covid-19. Petugas layanan publik menjadi sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini untuk memvalidasi pengunjung yang ingin masuk.

apa fungsi aplikasi pedulilindungi
Scan QR untuk masuk ke ruang publik

Dimanakah saya bisa akses aplikasi PeduliLindungi?

Aplikasi PeduliLindungi bisa Anda install di smartphone Anda melalui Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS (iPhone). Anda juga bisa mengaksesnya melalui laptop di alamat https://www.pedulilindungi.id/ dengan aplikasi Google Chrome ataupun Mozilla Firefox.

Apakah aplikasi PeduliLindungi bisa untuk 2 orang?

Tidak bisa. Sebab aplikasi PeduliLindungi menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dimana setiap orang sudah pasti berbeda. Sehingga aplikasi PeduliLindungi hanya dapat digunakan untuk 1 orang saja untuk 1 akun. Jika Anda belum memiliki akun, silakan buat dengan mengikuti panduan cara mendaftar akun PeduliLindungi ini supaya Anda tidak salah langkah.

Apakah aplikasi PeduliLindungi aman?

Aplikasi PeduliLindungi aman digunakan. Aplikasi ini dirilis oleh Kementerian Kesehatan pada Google Play Store, App Store, dan AppGallery (Huawei), dan merupakan hasil kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian BUMN. Data-data yang Anda masukkan akan aman dan tidak akan disalahgunakan.

Apakah aplikasi PeduliLindungi hanya untuk yang sudah vaksin?

Sebenarnya, aplikasi PeduliLindungi wajib diinstall pada smartphone masyarakat Indonesia maupun turis mancanegara yang sedang berkunjung ke Indonesia. Walaupun Anda belum vaksin, PeduliLindungi tetap diperlukan untuk mendeteksi daerah mana saja yang Anda lewati. Jika Anda sudah vaksin, maka Anda bisa menggunakan fitur lainnya seperti mendownload vaksin.

Selain itu juga, jika Anda sudah menjalani tes PCR maupun Antigen dalam 3 hari terakhir, hasil tes tersebut dapat dilihat melalui aplikasi ini jika Anda melakukan tes di tempat yang sudah terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi.

Jadi itulah pembahasan apa itu aplikasi PeduliLindungi dan fungsinya yang sangat bermanfaat untuk kita semua dalam menjalani keseharian di tengah pandemi. Jaga selalu kesehatan Anda dan keluarga serta orang-orang terdekat Anda. Dan terakhir, selalu jalankan prokes Covid-19 dimanapun Anda berada.

Leave a Comment