5 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Berizin OJK

Era digitalisasi membuat pinjaman online makin marak di kalangan masyarakat. Mereka berusaha mencari rekomendasi aplikasi pinjaman online untuk mengajukan pinjaman yang aman, cepat, dan mudah. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini dimana tidak sedikit masyarakat yang kehilangan sumber penghasilannya.

Aplikasi pinjaman online menjadi sebuah harapan sekaligus tumpuan untuk menyambung hidup di masa sulit seperti di saat pandemi ini. Betapa tidak, aplikasi pinjaman online bisa memberikan uang tunai secara cepat dan mudah saat mereka sangat membutuhkannya.

Namun sayangnya, tidak sedikit pula yang justru terjebak pinjaman online ini. Mereka seperti gali lubang tutup lubang. Dapat pinjaman dari salah satu aplikasi untuk bayar cicilan di aplikasi lain. Aplikasi pinjaman online yang seharusnya bisa menumpu, berbalik menjadi jalan buntu.

Salah satu penyebabnya yang mungkin adalah kurangnya pengetahuan tentang aplikasi pinjaman online itu sendiri. Asal syaratnya mudah dan cepat cair, mereka langsung mengajukan pinjaman di aplikasi tersebut. Padahal, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih aplikasi pinjaman online.


Apakah pinjaman online aman? Aplikasi pinjaman online yang direkomendasikan adalah aplikasi yang sudah mengantongi izin dari OJK. Itu artinya, aplikasi maupun pemilik jasa/bisnis tersebut sudah melalui proses screening dan lulus dari Lembaga Otoritas Jasa Keuangan. 

Dengan kata lain, aplikasi pinjaman online tersebut bukanlah aplikasi abal-abal, ilegal, atau memuat money game yang berpotensi merugikan nasabahnya. Nah, aplikasi pinjaman online apa saja yang sudah memiliki izin OJK? Berikut daftar pinjol legal selengkapnya.

Rekomendasi aplikasi pinjaman online terpercaya

1. Kredit Pintar

Kredit Pintar merupakan aplikasi kredit online atau pinjaman online yang memanfaatkan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk memudahkan penggunanya. Kredit Pintar mengklaim bahwa mereka dapat mencairkan pinjaman dana dengan cepat dan dengan bunga rendah.

Anda bisa meminjam uang maksimal Rp 20 juta rupiah tanpa jaminan. Syarat yang diberikan Kredit Pintar pun mudah. Cukup dengan KTP saja dan tanpa NPWP untuk mengajukan pinjaman online. Sementara untuk tenor pinjaman yang tersedia yaitu; 2, 3, 6, dan 12 bulan.

Aplikasi Kredit Pintar sudah tersedia di berbagai platform mobile. Untuk pengguna Android bisa menginstallnya melalui Google Play Store. Untuk pengguna iPhone/iOS tersedia di App Store. Sementara untuk pengguna Huawei mobile, Aplikasi Kredit Pintar juga sudah tersedia di AppGallery.

2. CashWagon

CashWagon adalah penyedia layanan keuangan dalam bentuk aplikasi dengan fokus utama pembiayaan konsumen online tanpa jaminan. CashWagon mengklaim bahwa mereka bisa mencairkan pengajuan pinjaman online di hari yang sama. Bahkan, untuk persetujuannya tidak sampai 30 menit.

Syarat pengajuannya pun sangat mudah. Cukup gunakan KTP Anda untuk mengajukan pinjaman online. NPWP tentu saja tidak dibutuhkan. Tentu ini menjadi hal menarik bagi calon nasabah yang ingin meminjam uang secara online. CashWagon memberikan limit tunai pinjaman sebesar Rp 5.000.000 dengan jangka waktu pinjaman hingga 180 hari (6 bulan). 

Saat tulisan ini dibuat, CashWagon baru tersedia di platform Android saja. Jadi, jika Anda pengguna HP Android, Anda bisa menginstallnya melalui Google Play Store.

3. Tunaiku

Tunaiku merupakan aplikasi pinjaman online tanpa agunan yang dirilis oleh AMAR BANK. Aplikasi ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga aman digunakan. 

Jika Anda tertarik, Anda bisa mengajukan pinjaman online cukup dengan KTP dan tidak perlu NPWP maupun kartu kredit. Tunaiku bisa memberikan pinjaman online sebesar Rp 20 juta dengan jangka waktu cicilan hingga 20 bulan dan dapat cair dalam waktu 1-3 hari kerja.

Tunaikan akan membebaskan biaya pelunasan lebih awal. Namun jika Anda terlambat, Anda akan dikenakan denda keterlambatan sebesar Rp 150.000 per bulan.

4. Dompet Kilat

Aplikasi pinjaman online selanjutnya yaitu Dompet Kilat. Dompet Kilat tidak hanya memberikan pinjaman online tanpa agunan saja, namun juga menyediakan berbagai jenis pendanaan sesuai kebutuhan calon nasabah. Misalnya, pendanaan modal usaha, biaya pengobatan, dan biaya lainnya.

Secara umum, Anda cukup menyediakan KTP saja untuk mengajukan pinjaman melalui Dompet Kilat. Namun, jika ingin mendapatkan jenis pendanaan lain seperti modal usaha, ada dokumen persyaratan lainnya selain KTP.

Plafon pinjaman yang diberikan maksimal hingga Rp 2 juta dengan tenor pinjaman sampai 30 hari. Untuk pencairan dananya pun cepat bahkan hanya dalam hitungan menit saja.

5. Indodana

Rekomendasi aplikasi pinjaman online terakhir yaitu Indodana, yang menawarkan pinjaman online tanpa agunan juga. Pengajuannya pun mudah seperti aplikasi pinjaman online lainnya. Namun, Indodana membutuhkan dokumen syarat lainnya selain KTP, seperti NPWP dan akun Internet Banking/BPJS.

Indodana menyediakan pinjaman hingga 12 juta dengan cicilan selama 6 bulan. Menariknya, jika Anda melunasi pinjaman tepat waktu, Anda akan menerima reward yang dapat diuangkan. Selain pinjaman online, Indodana juga menyediakan layanan paylater dan pendanaan.

Aplikasi Indodana dapat diinstall melalui aplikasi Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini aman digunakan sebab sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Rekomendasi aplikasi pinjaman online cepat cair

  1. Kredit Pintar, pencairan pinjaman dalam 5 menit.
  2. CashWagon, pencairan pinjaman di hari yang sama.
  3. Tunaiku, pencairan pinjaman dalam 1-3 hari kerja.
  4. Dompet Kilat, pencairan pinjaman dalam  10 menit.
  5. Indodana, pencairan pinjaman cepat dengan langsung ditransfer ke rekening.

Rekomendasi aplikasi pinjaman online bunga rendah

  1. CashWagon, bunga pinjaman 1% per hari.
  2. Dompet Kilat, bunga pinjaman 0,1% per hari.
  3. Indodana, bunga pinjaman 0-3% per bulan.
  4. Kredit Pintar, bunga pinjaman 0,8% per hari.
  5. Tunaiku, bunga pinjaman 2-5% per bulan.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Silakan dipertimbangkan jika Anda sangat membutuhkan dana cepat melalui pinjaman online. Sebelum mengajukan pinjaman ke aplikasi pinjaman online, ada baiknya untuk pertimbangkan kembali secara matang dan tuntas.