Cara Melihat DirectX di Laptop Windows 7, 8, 10, dan 11

Cara melihat DirectX di laptop ataupun PC itu cukup mudah. DirectX ini hanya ada pada sistem operasi Windows karena memang dibuat oleh mereka. Untuk itu, kita akan membahas bagaimana cara mengetahui DirectX laptop Windows 7, 8, 10, dan 11.

Ohiya, saat ini Windows sudah mengeluarkan versi terbarunya yaitu Windows 11. Jika Anda menggunakan original Windows 10 dan laptop/PCnya support, Anda bisa mengupgradenya melalui Windows Update. Kembali ke topik pembahasan tadi yaitu cara melihat DirectX di Windows.

Untuk melihat DirectX yang sudah terinstall di laptop Windows 7, 8, 10, dan 11 caranya kurang lebih sama. Bagaimana caranya? Simak berikut langkah-langkahnya.


Cara melihat DirectX di laptop Windows

  1. Tekan kombinasi tombol Windows+R untuk menjalankan Run.
  2. Kemudian ketikkan "dxdiag" pada kolom yang tersedia.
  3. Klik OK atau tekan tombol Enter.
  4. Anda akan melihat DirectX di layar Anda.

Cara mengetahui DirectX di atas bisa digunakan untuk laptop maupun PC yang menggunakan Windows 7, 8, 10, dan 11. Untuk Windows 10 dan 11, ada cara alternatif lainnya.

Cara melihat DirectX di Windows 10

  1. Tekan tombol Windows/Start pada keyboard.
  2. Ketikkan langsung "dxdiag" pada tampilan menu Windows yang terbuka.
  3. Best match akan menampilkan shortcut dxdiag dengan ikon silang kuning.
  4. Tekan tombol Enter untuk membuka dxdiag tersebut.

Cara mengetahui DirectX laptop yang terpasang

Untuk mengetahui DirectX version yang terpasang pada laptop atau PC, caranya sama dengan cara di atas. Jalankan program Run dengan menekan kombinasi tombol Windows+R. Kemudian ketik "dxdiag" yang dilanjutkan dengan menekan tombol Enter atau klik OK. Anda akan melihat versi DirectX ada di bagian bawah.

Mudah sekali bukan cara mengetahui DirectX yang dipakai? Cukup jalankan beberapa langkah saja untuk melihat DirectX. Tapi, bagaimana kalau tidak ditemukan dxdiag tersebut? Itu artinya, DirectX belum terinstall di laptop atau PC Anda.

Baca juga: Cara Mengecek RAM di Laptop Windows Termudah

Beberapa cara menginstall DirectX di laptop atau PC

  • Install melalui Windows Update.
  • Install melalui installer Directx yang bisa didownload dari website resmi Microsoft.
  • Install melalui software driverpack solution namun cara ini kurang direkomendasikan.

DirectX ini wajib Anda install di komputer Anda. Sebab jika tidak, beberapa aplikasi yang memainkan grafis, audio, dan visual bisa kurang optimal ketika dijalankan. Jadi sebenarnya, apa itu DirectX dan mengapa begitu penting?

Apa itu DirectX 12?

DirectX atau dengan nama lengkap DirectX Diagnostic Tool adalah sebuah aplikasi yang terdiri dari serangkaian komponen yang dapat mengoptimalkan software/perangkat lunak (terutama dan khususnya game) untuk digunakan secara langsung bersama dengan hardware audio dan video di laptop/PC. Apa efeknya untuk software yang didukung?

Perangkat lunak atau software (dalam hal ini game) yang mengoptimalkan penggunaan DirectX dapat menggunakan hardware multimedia secara lebih efisien sehingga dapat meningkatkan pengalaman dan keseruan dalam memainkan game tersebut.

Bagaimana dengan DirectX 12?

DirectX 12 merupakan DirectX versi 12 dan hingga saat ini, November 2021, DirectX 12 adalah versi yang terbaru. Jika laptop atau PC Anda belum menggunakannya, silakan lakukan update ke DirectX 12.

Bagaimana penjelasan apa itu DirectX dan cara melihat DirectX di atas? Sudah cukup jelaskah untuk Anda coba praktikkan sendiri? Semoga panduan cara mengetahui DirectX laptop ini bisa membantu Anda.