Cara Download Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi.id

Mengetahui cara download sertifikat vaksin di PeduliLindungi.id sudah menjadi hal wajib di masa pandemi ini. Betapa tidak, Anda wajib menunjukkan sertifikat vaksin sebagai bukti Anda sudah divaksin untuk mengunjungi tempat-tempat umum maupun layanan publik.

Sebelum masuk ke tempat-tempat tersebut, petugas pintu masuk akan meminta Anda untuk menunjukkan sertifikat vaksin. Sertifikat vaksin ini menjadi bukti yang dapat divalidasi oleh petugas pintu masuk bahwa Anda menjaga kesehatan diri Anda sekaligus turut serta dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Sebelum beraktivitas di luar di masa pandemi ini, vaksin memang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh sehingga tidak mudah terjangkit virus Corona. Jika Anda sudah vaksin, Anda akan diberi sertifikat vaksin berupa kertas lembaran tepat setelah Anda disuntik.

Untungnya, sertifikat vaksin tersebut juga bisa didownload melalui situs PeduliLindungi.id, situs one stop solution yang dirilis pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Pembahasan selengkapnya tentang PeduliLindungi bisa Anda cek di postingan apa itu aplikasi PeduliLindungi ini. 

Ohiya, namun sebelum lanjut, pastikan Anda sudah memiliki akun PeduliLindungi terlebih dahulu. Jika belum membuatnya, silakan lihat panduan cara mendaftar akun PeduliLindungi untuk membuatnya. 

Nah, bagaimanakah cara download sertifikat vaksin lewat PeduliLindungi ini? Simak penjelasan langkah-langkahnya berikut ini.


Langkah atau cara download sertifikat vaksin di PeduliLindungi.id

  1. Buka situs https://www.pedulilindungi.id/ dengan web browser favorit Anda (misalnya, Mozilla Firefox, Google Chrome, Samsung Browser, dan lain-lain).
  2. Kemudian login dengan mengklik tombol Login / Register dan ikuti prosesnya seperti biasa (Silakan lihat panduan cara login di aplikasi PeduliLindungi untuk informasi selengkapnya).
  3. Klik nama Anda (pojok kanan atas) untuk membuka menu.
  4. Klik Sertifikat Vaksin.
  5. Klik nama Anda lagi pada halaman Sertifikat Vaksin dan berikutnya Anda akan melihat sertifikatnya.
  6. Klik sertifikatnya dan akan tampil membesar.
  7. Klik Unduh Sertifikat yang ada di pojok kanan bawah.

Selesai! Anda berhasil mendownload sertifikat vaksin melalui situs PeduliLindungi.id. Jika Anda sudah menjalani vaksin dua kali, berarti Anda memiliki dua sertifikat vaksin. Download sertifikat vaksin tersebut kemudian simpan di folder yang mudah ditemukan. 

Selain melalui situs PeduliLindungi.id, Anda juga bisa mendownload sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi. PeduliLindungi sudah tersedia di Google PlayStore (untuk Android), App Store (untuk iOS/iPhone), dan AppGallery (untuk Huawei). Berikut langkah-langkah cara mengunduh sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi.


Cara download sertifikat vaksin lewat aplikasi PeduliLindungi

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi kemudian login ke akun Anda.
  2. Klik menu Sertifikat Vaksin pada menu utama.
  3. Klik nama Anda pada halaman Sertifikat Vaksin dan Anda akan melihat sertifikat vaksinnya.
  4. Klik sertifikatnya dan sertifikat tersebut akan membesar. 
  5. Klik UNDUH SERTIFIKAT yang ada di pojok kanan bawah.

Sertifikat vaksin Anda sudah tersimpan di smartphone Anda. Mendownload sertifikat vaksin caranya sangat mudah kan? Kalau dihitung-hitung, waktunya tidak sampai limat menit untuk mendownload sertifikat vaksinnya.


Bagaimana jika HP tidak support untuk menginstall aplikasi PeduliLindungi (karena memori penuh atau penyebab lainnya)? Anda tetap bisa mendownload sertifikat vaksin tanpa aplikasi PeduliLindungi. Berikut langkah-langkahnya.


Download sertifikat vaksin tanpa aplikasi PeduliLindungi

  1. Buka situs https://www.pedulilindungi.id/ dengan Google Chrome atau Mozilla Firefox di HP maupun laptop.
  2. Silakan login ke situs PeduliLindungi.id. Jika belum memiliki akun, silakan buat terlebih dahulu dengan mengikuti panduan pada link di atas.
  3. Klik nama akun yang ada di pojok kanan atas kemudian pilih Sertifikat Vaksin.
  4. Klik nama Anda pada halaman Sertifikat Vaksin dan di sini Anda akan melihat sertifikat vaksin Anda.
  5. Klik sertifikatnya untuk memperbesar.
  6. Klik Unduh Sertifikat untuk mendownload sertifikat vaksinnya.

Loh kok sama caranya dengan melalui PeduliLindungi.id? Memang sama cara download sertifikat vaksinnya. Sebab, situs PeduliLindungi.id ini juga dapat diakses melalui HP. Jadi, Anda tidak perlu menginstall aplikasi PeduliLindungi namun cukup dengan mengakses situsnya untuk mendowload sertifikat.

Anda bisa langsung mendownload sertifikat vaksin karena sertifikat tersebut sudah muncul di PeduliLindungi.id maupun aplikasi PeduliLindungi. Bagaimana jika sertifikat vaksin Anda tidak muncul? Sudah pasti Anda tidak bisa mendownloadnya. 

Namun jangan khawatir dan tetap tetang. Walaupun tidak muncul, Anda tetap bisa mengecek sertifikat vaksin Anda. Berikut panduan cara mengeceknya. Pastikan Anda sudah membuat akun PeduliLindungi.id terlebih dahulu untuk mengikuti cara berikut.


Cara cek sertifikat vaksin di PeduliLindungi.id

  1. Buka fitur cek sertifikat PeduliLindungi.id di alamat https://www.pedulilindungi.id/periksa-sertifikat.
  2. Silakan login ke akun Anda dan setelah login akan dialihkan ke halaman Periksa Sertifikat Vaksinasi COVID-19.
  3. Masukkan Nama Lengkap, NIK, Tanggal Lahir, Tanggal Vaksin, dan Jenis Vaksin pada kolom-kolom yang ada.
  4. Klik kotak ceklis I'm not a robot untuk memvalidasi bahwa Anda bukan bot.
  5. Klik tombol PERIKSA.
  6. Sertifikat vaksin Anda akan tampil di layar dan bisa didownload.


Setelah proses di atas, sertifikat Anda sudah muncul di menu Sertifikat Vaksin. Sehingga, untuk selanjutnya Anda cukup login akun saja kemudian langsung menuju menu Sertifikat Vaksin untuk mendownload sertifikatnya.

Bagaimana penjelasan cara download sertifikat vaksin di PeduliLindungi.id di atas? Sudah cukup jelaskah untuk Anda? Semoga bisa dengan mudah dipahami. Jika dirasa bermanfaat untuk Anda, silakan bagikan panduan cara download sertifikat vaksin PeduliLindungi ini ke orang-orang terdekat Anda supaya mereka juga bisa mendownload sertifikat vaksinnya.