5 Hal Kegiatan Manusia yang Tidak Bisa Lepas dari Pulsa

Hadirnya internet seolah-olah melupakan penggunaan pulsa. Padahal peranan pulsa masih sangat penting untuk melancarkan kegiatan komunikasi dan mencari informasi. Tidak heran pilihan aplikasi hutang pulsa pun semakin menjamur. 

Sistem yang dimiliki oleh aplikasi ini pun bervariasi. Mulai dari meminjamkan uang untuk membeli pulsa atau justru langsung memberikan pulsa. Pengguna pun bisa membayar dengan mengisi pulsa di nomor yang digunakan atau membayar ke aplikasi tersebut. 

Hadirnya aplikasi tersebut tentu menjadi bukti bahwa pulsa masih tetap dibutuhkan untuk melancarkan kegiatan manusia. Lantas apa saja kegiatan manusia yang membutuhkan pulsa? 

5 Hal Kegiatan yang Membutuhkan Peranan Pulsa


Biasanya untuk membeli pulsa seseorang harus datang ke konter pulsa dan mendapatkan pulsa elektronik atau berupa voucher. Setelah mengisi pulsa maka semua aktivitas komunikasi pun jadi lebih lancar. 

Meskipun ponsel sendiri sudah berganti menjadi smartphone namun semua perangkat tersebut membutuhkan peranan pulsa. Berikut ini beberapa kegiatan yang membutuhkan pulsa agar bisa beroperasi dengan lancar. 

1. Menelepon

Sudah menjadi kebiasaan untuk menelepon seseorang untuk mencari tahu kabar atau bertukar informasi lainnya. Telepon rumah atau kantor memang tidak menggunakan pulsa karena kamu harus membayar langsung ke Telkom setiap bulannya. 

Namun tidak jika kamu harus menelepon melalui ponsel. Pulsa dibutuhkan untuk kamu bisa menelepon dengan lancar. Sambungan tidak akan terjadi jika kamu tidak memiliki sinyal dan juga pulsa. 

Masing-masing provider pun memiliki tarif menelepon yang diukur menggunakan pulsa berbeda-beda. Ada yang mahal namun ada juga yang murah. Kebanyakan biaya murah akan didapatkan jika kamu menelepon ke nomor yang sama providernya. 

2. SMS

Short Message Service atau SMS kini masih terus digunakan meskipun aplikasi chatting kini banyak diunduh. SMS hanya memiliki karakter yang terbatas sehingga untuk mengirim pesan panjang kamu harus mengirimkan sederet sms. 

Dengan hadirnya aplikasi chatting, biaya sms pun semakin meningkat dan semua perhitungannya pun membutuhkan pulsa. Tanpa pulsa kamu tidak bisa mengirimkan sms. Padahal sms menjadi solusi ketika kamu tidak memiliki paket internet atau sinyal kuat. 

Sms bisa menjadi alternatif untuk mengirimkan pesan teks ketika kamu dalam keadaan genting. Misalnya saja membutuhkan pulsa, contohnya saja Telkomsel. Kamu bisa mengirimkan sms darurat agar teman bisa mengirimkan kamu pulsa. 

3. Membeli Paket Data 

Kamu bisa membeli kuota internet setelah membeli pulsa, artinya pulsa berperan penting untuk kelancaran kamu bisa internetan. Walaupun kamu bisa membeli voucher kuota namun kamu hanya bisa membelinya melalui konter fisik. 

Jika kamu ingin membeli kuota secara online langsung dari provider maka harus memiliki pulsa terlebih dahulu. Jika kamu tidak memiliki pulsa maka harus mencari konter fisik yang menjual voucher kuota. 

Tentu akan sangat menyulitkan jika kamu berada di area yang sulit menemukan konter fisik. Oleh karena itu lebih aman untuk membeli pulsa kemudian bertransaksi online untuk membeli kuota internet. 

4. Membeli Aplikasi

Pulsa juga menjadi alat tukar ketika kamu ingin membeli sebuah aplikasi. Misalnya kamu ingin membeli aplikasi game atau editing. Bahkan untuk game sendiri kamu bisa membeli diamond atau koin untuk bermain menggunakan pulsa. 

Ketika kamu ingin menggunakan sebuah aplikasi berbayar, pulsa jadi alternatif cara pembayaran yang lebih mudah dibandingkan harus transfer. Misalnya saja kamu ingin membeli aplikasi di Google Play. 

Cukup dengan memilih metode pembayaran dengan nomor dan pastikan pulsa dalam jumlah yang sesuai. Langkah ini akan menghemat biaya admin dibandingkan kamu harus membayar dengan transfer atau menggunakan dompet digital. 

5. Pulsa Elektrik

Salah satu kemajuan yang sangat besar dalam hal penggunaan pulsa adalah token listrik. Kamu bisa membeli pulsa untuk mengaktifkan kebutuhan listrik di rumah. Sistem prabayar dengan pulsa ini memudahkan kamu untuk mengontrol penggunaan listrik nantinya.

Kamu tidak lagi membayar tagihan listrik atau abonemen ketika tidak menggunakan listrik dari PLN. Sistem ini pun telah diterapkan hampir pada semua rumah di Indonesia. 

Kini sudah paham kan bahwa pulsa bisa dibilang menjadi salah satu kebutuhan sekunder yang tidak bisa dilewatkan. Ada banyak kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dari pulsa.