Cara Membuat Link bitly Google Form Lengkap

Jika Anda sering membuat Google Form, maka cara membuat link bitly Google Form ini perlu Anda simak. Sebab, link Google Form yang asli cukup panjang untuk dishare. Untuk itu, Anda perlu membuat link bitly dari Google Form tersebut.

Cara buat link bitly ini tidak serumit cara membuat Google Form dan bahkan jauh dari kata rumit. Cukup beberapa langkah saja untuk memendekkan link Google Form ini. Silakan simak panduan cara buat link bitly dari link Google Form berikut ini.


Panduan singkat cara membuat link bitly Google Form

  1. Buka website bitly.com kemudian klik Log in.
  2. Masukkan username/email address dan password akun Anda lalu klik Log in.
  3. Klik tombol CREATE kemudian copy-pastekan link Google Form Anda.
  4. Klik tombol CREATE yang ada di pojok kanan bawah.
  5. Link bitly Google Form Anda siap untuk dishare.


Step by step cara buat link bitly dari link Google Form

1. Buka bitly.com dengan browser favorit Anda kemudian klik Log in di pojok kanan atas. Masukkan username/email address dan password akun Anda. Lalu klik tombol Log in. Jika Anda belum memiliki akun, silakan buat terlebih dahulu dengan mengikuti panduan cara membuat akun bit.ly gratis ini.

cara membuat link bitly google form
cara membuat link bitly google form

2. Klik tombol CREATE di pojok kanan atas. Copy-pastekan link Google Form Anda pada bagian ENTER LONG URL. Untuk kolom isian SOURCE, MEDIUM, dan CAMPAIGN tidak masalah jika dikosongkan.

3. Klik tombol CREATE di pojok kanan bawah dan bitly akan memendekkan link Google Form Anda. Anda bisa menyalin link bitly tersebut dengan mengklik tombol COPY.

cara membuat bit ly google form

4. Anda bisa mengedit link bitly tersebut dengan mengklik bagian CUSTOMIZE BACK-HALF. Kemudian ketik url yang Anda inginkan. Misalnya, formPendaftaranSeminar. Klik tombol SAVE untuk menyimpan perubahan tersebut.


5. Anda juga bisa menambahkan title atau judul untuk link tersebut. Tambahkan pada bagian TITLE kemudian klik tombol SAVE kembali.

6. Link bitly Google Form Anda sudah siap untuk dishare kemanapun Anda mau. Jadi seperti itulah cara buat link bitly ini yang terasa mudah dan cepat.


Cara membuat link Google Form menjadi bit ly di HP

  1. Install aplikasi bitly dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi bitly kemudian klik Log In. Jika belum punya akun, silakan buat dulu dengan panduan link di atas.
  3. Masukkan username/email address dan password lalu klik Log In.
  4. Klik tombol + biru di pojok kanan bawah kemudian copy-pastekan link Google Form pada kolom Paste Long URL.
  5. Klik tombol CREATE.

Cara mengubbah link bitly yang sudah dibuat di HP

  1. Klik link bitly Google Form yang baru saja dibuat.
  2. Klik ikon pensil di pojok kanan atas.
  3. Isikan title dan link sesuai dengan keinginan Anda.
  4. Klik ikon ceklis di pojok kanan atas untuk menyimpan perubahan.


FAQ seputar cara merubah link google form menjadi bit ly

Mengapa link Google Form perlu diubah ke link bitly?

Karena link Google Form pada umumnya sangat panjang dan sulit untuk dibaca. Untuk mempermudah copy-paste ataupun share, link Google Form tersebut perlu diubah dengan bantuan URL shortener/pemendek URL seperti bitly.

Apakah link Google Form yang sudah diubah tetap bisa diakses dengan link aslinya?

Walaupun sudah diubah menjadi link bitly, link Google Form yang asli masih tetap bisa diakses. Bitly bekerja dengan cara meredirect/mengalihkan dari link bitly itu sendiri menuju link aslinya. Baik link bitly maupun link Google Form aslinya, kedua link tersebut dapat diakses.

Bisakah bagian belakang link bitly diganti sesuai kebutuhan?

Bisa dan caranya sudah dijelaskan pada cara membuat link google form menjadi bit ly di atas. Hasil link bitly memang acak dan tidak mudah dibaca namun tetap bisa diubah sesuai kehendak.

Itulah beberapa FAQ seputar cara membuat link bitly Google Form beserta panduan langkah-langkahnya. Semoga bisa Anda ikuti dengan mudah sehingga Anda bisa menguasai cara mengubah Google Form ke bit ly ini.