Cara Mematikan Laptop yang Hang Tidak Bergerak

Cara mematikan laptop yang hang sebenarnya mudah namun dapat berpengaruh terhadap kesehatan laptop itu sendiri. Apalah daya, laptop yang hang memang suka terjadi begitu saja tanpa ada pemberitahuan. Setidaknya SMS atau WA terlebih dahulu sebelum hang.

Lebih baik dan enak lagi kalau beri tahu juga apa penyebab laptop hang sehingga kita bisa mengantisipasi dan langsung mengatasinya. Kalau terjadi tiba-tiba, pastinya bikin jengkel dan ingin marah rasanya. Apalagi kalau kerjaan kita sebelumnya belum disimpan.


Beberapa cara mematikan laptop yang hang tidak bisa bergerak

Cara mematikan laptop yang tidak bisa dishutdown alias hang tidak bergerak yang paling ampuh adalah dengan menekan tombol powernya. Tapi, gunakan cara ini dalam keadaan terpaksa setelah mencoba cara mematikan komputer dengan keyboard berikut dan tidak berhasil.

Cara mematikan laptop hang dengan keyboard

  1. Tekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del sampai terbuka menu. Lalu tekan tombol Tab sampai mengarah pada ikon Power. Kemudian tekan Enter lalu pilih Shutdown. Jika menunya saja tidak terbuka, maka segera beralih ke cara berikutnya.

  2. Tekan kombinasi tombol Alt+F4 untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan. Jika aplikasi berhasil tertutup, maka laptop akan menjadi sedikit lebih ringan prosesnya. Ulangi langkahnya sampai semua aplikasi yang berjalan tertutup. Di akhir, Anda akan melihat menu pilihan untuk Men-shutdown laptop lalu tekan Enter.

Nah seperti itu cara-cara yang harus Anda coba dulu sebelum mematikan paksa laptop. Langkah-langkah di atas bisa juga diaplikasikan sebagai cara mematikan laptop yang kursornya tidak bisa bergerak yang belum tentu terjadi hang.

Bagaimana cara mematikan laptop hang Windows 10? Caranya sama seperti di atas. Anda pun bisa mencobanya juga di laptop yang menggunakan Windows 7 maupun Windows 8. Karena masih dalam satu keluarga yang sama, jadi caranya pun sama juga.

Kami ingatkan kembali untuk mencoba lakukan cara-cara di atas terlebih dahulu sebelum menekan tombol power laptop secara paksa. Sebab, hal ini dapat memberikan efek negatif terhadap perangkat keras laptop itu sendiri seperti hardisk, RAM, motherboard, dan lain-lain.


Penyebab laptop hang tidak bergerak dan cara mengatasinya

Laptop hang ada berbagai pemicunya dan bisa berbeda-beda dari laptop yang satu dengan yang lainnya. Namun secara umum, penyebab laptop hang bisa disimpulkan sebagai berikut.

  1. Terlalu banyak aplikasi yang diinstall dan tidak terpakai. Pastikan Anda menginstall aplikasi yang hanya diperlukan saja. Hapus aplikasi-aplikasi yang dirasa tidak begitu penting. Dengan begitu, laptop akan menjadi lumayan lebih ringan dari sebelumnya.

  2. Terlalu banyak menjalankan aplikasi sekaligus secara bersamaan. Hal ini tidak akan berlaku pada laptop dengan spesifikasi tinggi seperti laptop gaming. Jalankan maksimal 3 aplikasi saja secara bersamaan yang benar-benar dibutuhkan.

  3. Memori penyimpanan (hardisk) mulai penuh. Laptop akan menjadi lemot jika Local Disk (C) Anda sudah mulai penuh yang biasanya terlihat warna merah di Windows Explorer. Jika dibiarkan, laptop akan menjadi hang sebab tidak ada ruang tersisa lagi untuk membantu proses jalannya aplikasi. Bersihkan (C) dari file-file yang tidak terpakai. Bila perlu, lakukan extend volume dari (D).

  4. Kapasitas RAM yang terlalu kecil. Ini ada hubungannya dengan nomor 2. Semakin besar RAM, maka akan semakin banyak aplikasi yang bisa dijalankan bersamaan. Jika laptop Anda memiliki 2 slot RAM, jangan ragu untuk langsung menambahkan kapasitasnya.

  5. Aktivitas virus yang mengganggu jalannya aplikasi. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi anti virus. Tapi untuk sekarang ini, Windows sudah dilengkapi dengan Windows Defender. Rutinkan scanning komputer untuk mencegah adanya virus-virus yang bersembunyi di laptop kesayangan Anda.

  6. Laptop yang sudah terlalu berumur. Untuk hal ini sebenarnya masih bisa diakali dan tergantung dari kebutuhan aplikasi yang Anda gunakan. Sebab, semakin ke sini, aplikasi laptop juga semakin berkembang. Untuk bisa menjalankannya, dibutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi. Jika dijalankan dengan laptop yang sudah berumur pasti akan berat dan bisa berujung pada hang.

Laptop hang tidak bergerak bukan tidak bisa diatasi. Hanya saja memang penyebabnya kadang terlihat samar. Sehingga, laptop harus mengalami beberapa kali hang dan berujung mati paksa untuk mengatasinya.

Jadi begitulah cara mematikan laptop yang hang, bagaimana cara mengatasinya, dan apa saja penyebab laptop hang yang umum terjadi. Semoga bisa membantu Anda dalam mengatasi permasalahan laptop hang.