Cara Beli Domain di Rumahweb

Cara beli domain di Rumahweb itu cukup mudah prosesnya. Cukup pilih nama domain, cek ketersedian, lalu bayar. Proses membeli domain di Rumahweb hanya di satu halaman saja. Berbeda jika beli domain tidak di Rumahweb pasti berpindah-pindah halaman.

Rumahweb adalah salah satu penyedia domain dan hosting yang sudah ada cukup lama. Penyedia hosting dan domain ini juga menjadi salah satu yang difavoritkan para web master. Membeli domain di Rumahweb itu cukup mudah dan murah.

Lantas, bagaimana cara membeli domain di Rumahweb ini? Seperti apakah langkah-langkahnya? Benarkah prosesnya semudah yang dikatakan orang-orang? Simak panduan cara beli domain di Rumahweb berikut ini.


Panduan lengkap cara beli domain di Rumahweb

1. Buka web browser lalu ketikkan https://www.rumahweb.com/ pada kotak URL/address bar kemudian tekan tombol Enter. Jika sudah terbuka, scroll ke bawah sedikit sampai Anda melihat kolom isian "Cek domainmu di sini". Kolom ini digunakan untuk mengecek ketersediaan domain.

cara beli domain di rumahweb
cara beli domain di rumahweb

2. Masukkan domain yang ingin Anda beli pada kolom tersebut. Misalnya, ketik saja "aneiqbal.id" lalu klik tombol oranye Cari Domain atau bisa juga dengan tombol Enter. Proses pengecekan akan berlangsung selama beberapa detik. Anda akan ditampilkan seluruh hasil pencarian domain dengan ekstensi lain.


3. Klik tombol hijau Daftar pada domain yang ingin Anda beli. Kemudian biarkan Privacy Protection and Managed Contact tetap terceklis. Ini bertujuan untuk melindungi informasi diri Anda jika dicek dengan whois. Ada biaya tambahan sebesar Rp 10.000 per tahun. Klik tombol oranye Lanjutkan.


4. Kemudian pilih paket layanan. Karena hanya ingin membeli domain saja, maka pada bagian Kategori diubah menjadi Tidak Menggunakan Hosting. Selebihnya dibiarkan saja. Kemudian lanjut scroll ke bawah.


5. Pada bagian Rekomendasi Layanan Tambahan, tidak perlu ada yang diceklis. Sebab, kita hanya ingin membeli domainnya saja. Lalu lanjut lagi dengan scroll ke bawah.

6. Sampai pada bagian Informasi Akun dan Billing. Di sini, klik tombol hijau Log In untuk masuk ke akun kita. Jika Anda belum pernah membuatnya, silakan cek cara buat akun di rumahweb untuk tutorial selengkapnya. Setelah tombol Log In diklik, maka akan muncul popup Login Clientzone di layar Anda.

7. Masukkan email dan password yang sudah Anda daftarkan saat membuat akun. Pastikan email dan password yang diinput benar, lalu dilanjutkan dengan mengklik tombol hijau Login. Setelah login berhasil, Anda akan melihat berbagai pilihan metode pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang mudah untuk Anda namun cepat. Pilihlah metode Pembayaran Instan karena pembayaran akan otomatis terbaca oleh sistem tanpa perlu konfirmasi. Ada virtual account berbagai bank, paypal, OVO, dan bahkan Gopay juga tersedia. Di sini, kami pilih pembayaran dengan Virtual Account BCA.


9. Review kembali pembelian domain Anda. Cek kembali apakah domain yang ingin Anda beli sudah tepat. Klik pada angka 1 untuk mengganti lama tahun domain. Semakin lama tahunnya tentu akan semakin mahal. Disarankan untuk coba 1 tahun terlebih dahulu. Beri ceklis juga di Kebijakan Privasi lalu klik tombol oranye Checkout.


10. Tunggu sejenak karena order domain Anda sedang diproses oleh sistem. Setelah itu akan tampil halaman Menunggu Pembayaran. Silakan lakukan pembayaran dengan berbagai instruksi yang tersedia.


11. Selamat! Anda sudah berasil membeli domain di Rumahweb. Anda bisa mengeceknya di clientzone/client area pada menu Domains. Domain yang Anda inginkan berhasil Anda amankan agar tidak dibeli oleh orang lain.

Sebenarnya, cara beli domain di tempat lain kurang lebih hampir sama prosesnya. Namun, umumnya proses pembelian di tempat lain, tidak hanya satu halaman tetapi berpindah-pindah. Setelah proses pembelian selesai, selanjutnya kita akan coba bahas beberapa FAQ.

Baca juga: Cara Membeli Domain di Niagahoster


FAQ seputar cara membeli domain di Rumahweb

Proses membeli domain Rumahweb apakah sesederhana itu?

Ya benar sekali. Prosesnya cukup mudah dan cepat. Namun, Anda mungkin akan merasa sedikit terdistraksi saat rekomendasi ekstensi lain dari domain Anda dimunculkan. Karena jumlahnya cukup banyak seperti yang terlihat pada langkah nomor 2 di atas. 

Bagaimana cara membatalkan pembelian domain?

Selama invoice pembelian Anda belum dibayarkan, dengan kata lain statusnya masih Mengunggu Pembayaran, maka cukup dibiarkan saja untuk membatalkan pembelian. Namun jika sudah dibayar, maka pembelian domain tidak bisa dibatalkan.

Clientzone Rumahweb apakah hanya untuk member saja?

Tepat sekali. Anda tidak akan bisa mengakses halaman clientzone/client area jika tidak memiliki akun member. Jadi, pastikan Anda sudah mendaftar akun terlebih dahulu sebelum membeli supaya proses pembelian menjadi lebih cepat.

Dimanakah alamat Rumah web login?

Anda bisa mengakses halaman login Rumahweb melalui https://clientzone.rumahweb.com/clientarea.php. Lalu masukkan email dan password yang sudah Anda daftarkan kemudian klik tombol biru Login.

Bagaimana sampai sini? Sudah cukup jelaskah panduan cara beli domain di Rumahweb di atas? Semoga panduannya mudah diikuti dan tidak membingungkan. Sekian pembahasan cara membeli domain di Rumahweb dan semoga bisa membantu Anda untuk memiliki domain.