Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melaporkan Rekening Penipuan BCA

Berbagai modus penipuan kini cukup merajalela di era teknologi ini. Ujungnya, pelaku memberikan instruksi untuk mentransfer sekian rupiah ke suatu rekening. Untuk itu, Anda wajib mengetahui cara melaporkan rekening penipuan BCA dengan harapan tak ada korban lagi yang berhasil ditipu oleh mereka.

Memang, penipu tidak hanya menggunakan rekening BCA saja. Di antara mereka ada juga yang menggunakan rekening bank lain, yang tentu mereka memiliki akses ke rekening tersebut untuk melihat ataupun melakukan transaksi.

cara melaporkan rekening penipuan bca

Namun, fokus pembahasan AneIqbal kali ini hanya terbatas pada rekening BCA saja. Bagaimana cara melaporkannya dan seperti apa langkah-langkahnya. Walaupun hanya satu bank, jika ditarik garis besarnya, cara atau metodenya sama dan tidak jauh berbeda.

Ohiya, Anda juga perlu tahu cara ganti nomor m-banking BCA untuk berjaga-jaga jika nomor yang didaftarkan untuk mobile banking BCA diblokir atau hilang. Sehingga, Anda tetap bisa menggunakan m-banking BCA dengan nomor terbaru Anda.


Begini cara melaporkan rekening penipuan BCA yang perlu Anda ketahui

Jika Anda (semoga tidak) termasuk korban penipuan, yang telah mentransfer sejumlah uang ke rekening pelaku, maka Anda perlu melaporkan rekening tersebut. Dengan begitu, sangat diharapkan tidak ada lagi calon korban yang tertipu karena nomor rekening tersebut sudah terindikasi penipuan.

Melaporkan rekening penipuan BCA ke bank terkait

Anda bisa melaporkan rekening BCA yang digunakan pelaku ke call center ataupun customer service di Halo BCA. Adapun cara menghubungi Halo BCA adalah sebagai berikut.

  • Via telepon di (021) 1500 888.
  • Via WhatsApp di 08111 500 998 kemudian kirim pesan #HaloBCA.
  • Via live chat melalui website resmi BCA di https://www.bca.co.id/.
  • Via email ke [email protected]
  • Via Instagram di akun @GoodLifeBCA.
  • Via Twitter di akun @HaloBCA.

Melaporkan nomor rekening yang digunakan untuk penipuan ke bank terkait penting dilakukan. Salah satunya adalah untuk membantu proses investigasi ataupun verifikasi oleh lembaga terkait yang berwenang.

Melaporkan rekening penipuan ke kantor polisi terdekat

Selain menghubungi call center atau customer service bank terkait, Anda juga perlu melaporkannya ke kantor polisi terdekat. Dengan Anda melaporkan, kasus penipuan beserta detail nomor rekeningnya tersimpan dan tercatat di database pihak kepolisian. 

Saat melapor, berikan juga bukti-bukti yang berhasil Anda amankan atas kasus penipuan tersebut. Hanya lampirkan barang bukti yang memang erat kaitannya dengan kasus tersebut. Ceritakan juga bagaimana kronologi proses penipuan tersebut.

Melaporkan rekening penipuan ke situs cekrekening.id

Cekrekening.id merupakan situs pengumpulan database rekening bank yang diduga terindikasi tindak pindana. Situs resmi ini dibuat dan dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia alias Kemkominfo. 

Pengumpulan rekening bank dapat dilakukan secara swadaya oleh masyarakat yang ingin berpartisipasi menciptakan lingkungan transaksi online yang aman dan nyaman. Untuk itu, Anda dapat berpartisipasi dengan melaporkan nomor rekening kasus penipuan yang (semoga tidak) pernah Anda alami.

Cara melaporkan rekening penipuan BCA di situs tersebut pun cukup mudah. Berikut langkahnya-langkahnya.

  1. Buka situs cekrekening.id kemudian pilih menu LAPORKAN REKENING dengan mengklik tombol Laporkan Sekarang.
  2. Lengkapi semua kolom isian yang tertera seperti nomor rekening penipu, biodata yang diperlukan, dan kronologinya.


  3. Klik tombol Submit untuk mengirim laporan.

Selain untuk melaporkan nomor rekening yang terindikasi tindak pidana, situs ini juga dapat memeriksa suatu nomor rekening apakah pernah terindikasi atau tidak. Jadi, Anda bisa memastikan nomor rekening terlebih dahulu di sini sebelum melakukan transfer.

Jadi begitulah cara melaporkan rekening penipuan BCA yang perlu Anda ketahui dan lakukan bila Anda (semoga tidak) menjadi korbannya. Anda juga bisa memberitahu orang-orang terdekat Anda terkait hal ini supaya terhindar dan aman dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Posting Komentar untuk "Cara Melaporkan Rekening Penipuan BCA"