Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar KlikBCA di ATM

Tahukah Anda bahwa BCA juga menyediakan layanan internet banking bernama KlikBCA untuk para nasabahnya? Bagaimanakah cara daftar KlikBCA di ATM terdekat? Semua itu akan AneIqbal coba jelaskan di postingan ini.

Bank Central Asia atau BCA menghadirkan layanan internet banking yang dinamakan dengan KlikBCA untuk seluruh nasabahnya. Dengan KlikBCA, transaksi keuangan maupun pembayaran kebutuhan Anda menjadi lebih mudah dan praktis. Anda cukup menggunakan koneksi internet yang memadai dan laptop untuk menikmati kemudahan layanan tersebut.

Beberapa fitur KlikBCA yang bisa Anda gunakan di antaranya yaitu transaksi keuangan seperti cek saldo; transfer dana; dan cek mutasi, pembayaran tagihan, pembelian secara online, dan transaksi lainnya. Semua itu bisa Anda lakukan tanpa harus repot-repot keluar rumah baik ke ATM ataupun kantor cabang.


Langkah-langkah cara daftar KlikBCA di ATM terdekat

  1. Kunjungi ATM BCA terdekat dari lokasi Anda.
  2. Masukkan kartu ATM BCA kemudian pilih bahasa yang ingin digunakan. Di sini pilih bahasa Indonesia saja.
  3. Masukkan PIN ATM Anda.
  4. Lalu pilih Daftar E-Banking >> Internet Banking >> Ya untuk melanjutkan proses.
  5. Masukkan PIN KlikBCA yang Anda inginkan. PIN ini berfungsi sebagai password yang digunakan untuk login ke website KlikBCA.
  6. Masukkan kembali PIN KlikBCA untuk mengonfirmasi tidak ada kesalahan.
  7. Anda akan melihat USER ID di layar mesin ATM dan struk yang tercetak. USER ID ini digunakan untuk login ke website KlikBCA nantinya.

Sampai sini, Anda sudah berhasil melakukan pendaftaran KlikBCA melalui ATM. Anda sudah memiliki USER ID dan PIN KlikBCA yang penting sebagai kunci masuk ke dalam website KlikBCA untuk menikmati fitur-fiturnya. 

Setelah mengikuti cara daftar KlikBCA di ATM terdekat, apakah akunnya sudah bisa langsung digunakan?

Jawabanya, belum bisa walaupun Anda sudah memiliki USER ID dan PINnya. Sebelum bisa digunakan, Anda perlu mengaktivasi akun terlebih dahulu melalui websitenya.


Cara aktivasi KlikBCA melalui website resminya

cara daftar klikbca di atm

Untuk mengakses website resminya, Anda bisa menggunakan laptop dan juga HP. Apapun yang Anda gunakan, pastikan koneksi internetnya memadai agar proses aktivasi berjalan lancar.

  1. Buka website resmi KlikBCA melalui link https://ibank.klikbca.com/.
  2. Masukkan USER ID dan PIN KlikBCA yang sudah Anda dapatkan sebelumnya.
  3. Klik tombol Login untuk masuk.
  4. Anda akan melihat tampilan yang berisi syarat dan ketentuan. Baca dan cermati baik-baik kemudian klik Setuju untuk melanjutkan proses.
  5. Masukkan alamat email yang aktif di kolom yang tersedia.
  6. Klik tombol Kirim untuk menyelesaikan proses.

Anda sudah berhasil mengaktivasi KlikBCA dan akun Anda sudah bisa digunakan. Walaupun sudah diaktivasi, sayangnya fitur yang dapat digunakan hanya sebatas cek saldo rekening saja. Anda belum bisa menggunakan layanan KlikBCA sepenuhnya.

Bagaimana cara agar fitur KlikBCA bisa digunakan sepenuhnya? Anda perlu meminta bantuan kepada customer service di kantor cabang BCA untuk mengaktifkan KlikBCA Anda secara full fitur dengan KeyBCA atau token BCA.


Cara aktivasi KeyBCA di kantor cabang BCA

  1. Siapkan beberapa hal yang diperlukan seperti buku rekening, kartu ATM, kartu identitas, dan nomor handphone yang aktif. Siapkan alamat email yang aktif juga untuk berjaga-jaga.
  2. Datangi kantor cabang BCA terdekat dari lokasi Anda.
  3. Temui customer service di kantor tersebut, bukan teller.
  4. Katakan bahwa Anda ingin mengaktivasi KeyBCA untuk internet banking atau KlikBCA. Ceritakan juga secara detail proses yang sudah Anda lalui sebelumnya.
  5. Permintaan Anda akan diproses oleh customer service.
  6. Setelah itu, Anda akan diberi KeyBCA atau token BCA yang digunakan untuk bertransaksi melalui internet banking (KlikBCA).

Jika sudah sampai sini prosesnya, maka Anda sudah bisa menggunakan internet banking BCA Individual atau KlikBCA secara full fitur. Fiturnya sudah tidak terbatas lagi pada cek saldo rekening saja. 


Fitur internet banking BCA Individual atau KlikBCA

Kalau Anda ingin tahu fitur-fitur apa saja yang ada pada KlikBCA atau internet banking BCA Individual, berikut fitur beserta penjelasan kegunaannya.

  • Informasi Rekening, untuk melihat saldo, mutasi, saldo deposito BCA, tahapan berjangkan, dan RDN (Rekening Dana Nasabah).
  • Pembelian, untuk membeli PLN prabayar, voucher isi ulang, tiket, dan lainnya.
  • Pembayaran, untuk membayar tagihan telepon, internet, asuransi, PLN, PAM, kartu pascabayar seperti cara bayar Indosat pascabayar via m-banking BCA, BPJS, kartu kredit, dan lainnya.
  • Transfer Dana, untuk melakukan transaksi antar rekening, ke bank lain, BCA Virtual Account, dan Sakuku.
  • Pembayaran e-commerce, untuk melakukan pembayaran belanjaan online di merchant yang sudah bekerja sama dengan BCA.
  • Informasi Kartu Kredit, untuk mengecek sisa limit kartu kredit, riwayat transaksinya, dan seberapa besar jumlah tagihan kartu kredit.
  • Informasi Lainnya, untuk mencari tahu kurs valuta asing (e-Rate).
  • Status Transaksi, untuk mengecek status transaksi yang dilakukan dan juga bisa untuk membatalkan transaksi yang statusnya tunda.
  • History Transaksi, untuk melihat seluruh transaksi yang pernah terjadi dalam kurun waktu maksimal 31 hari.
  • Produk Investasi, untuk mengecek saldo reksadana, informasi Saldo Efek, informasi Saldo Efek Konsolidasi, informasi Saldo RDN Konsolidasi, informasi Penarikan Dana, sampai informasi Surat Berharga Negara (SBN).
  • Administrasi, untuk melakukan fungsi pengaturan akun seperti penggantian PIN dan bahasa, menghapus daftar transfer seperti cara menghapus daftar nomor rekening di m-BCA, menghapus daftar pembayaran, menghapus daftar pembelian, mengganti alamat email, menghapus koneksi kartu kredit, menambah koneksi KeyBCA, mengaktivasi BCA KlikPay, sampai memblokir kartu ATM seperti halnya cara blokir ATM BCA lewat call center.

Dengan semuau fitur tersebut, berbagai aktivitas transaksi keuangan bisa Anda lakukan dengan cepat, mudah, dan praktis. Anda juga bisa melakukannya dimanapun Anda mau. Jadi, sebaiknya segera daftar KlikBCA di ATM terdekat agar bisa menikmati semua fitur canggih tersebut.

Cara daftar KlikBCA di ATM cukup mudah bukan? Memang, Anda tetap perlu ke kantor cabang BCA agar bisa menggunakan seluruh fiturnya. Selain KlikBCA, Anda juga dapat menggunakan aplikasi mobile banking BCA (m-BCA/BCAmobile) dengan fitur yang hampir serupa.

Jika Anda pernah menggunakannya dan bermasalah dengan nomor yang digunakan, ada baiknya untuk cek cara ganti nomor m-banking BCA supaya dapat mengatasinya. Baik internet banking (KlikBCA) maupun mobile banking (m-BCA), keduanya menyediakan fitur yang sangat membantu transaksi keuangan para nasabah.

Posting Komentar untuk "Cara Daftar KlikBCA di ATM"