Cara Blokir ATM BCA Lewat Call Center Halo BCA

Mungkin akan ada suatu waktu dimana Anda diharuskan dan terpaksa memblokir ATM BCA. Untuk itu, mengetahui cara blokir ATM BCA lewat call center menjadi sebuah keharusan. Misalnya, saat kartu ATM Anda tertelan mesin ATM, kehilangan, ataupun dompet Anda tercuri (semoga tidak).

Memblokir kartu ATM BCA artinya Anda untuk sementara waktu tidak bisa menggunakan layanan BCA seperti m-banking, internet banking, maupun SMS banking. Di saat seperti ini, Anda hanya bisa mengandalkan buku tabungan dan bantuan teller untuk bertransaksi.

Memang terasa merugikan karena tidak bisa menikmati layanan secara full. Namun hal itu sangat penting dilakukan demi keamanan saldo tabungan BCA Anda. Pastinya Anda tidak mau kan saldo tiba-tiba berkurang padahal Anda tidak bertransaksi apapun? 

Layanan pemblokiran menjadi sebuah keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika terjadi sesuatu yang tak terduga pada kartu ATM Anda. Dengan demikian, tabungan Anda yang susah payah Anda kumpulkan sejak lama menjadi lebih aman.

Baca juga: Panduan 5 Cara Hubungi Halo BCA


Langkah-langkah cara blokir ATM BCA lewat call center Halo BCA

cara blokir atm bca lewat call center

Sebenarnya, ada beberapa cara lain untuk memblokir kartu ATM BCA yang sedang bermasalah. Namun di sini, AneIqbal hanya membahas pemblokiran melalui call center Halo BCA. Menghubungi call center ketika kartu ATM bermasalah bisa menjadi solusi tercepat yang bisa dilakukan jika Anda tidak menggunakan mobile banking BCA (m-BCA).

Menghubungi Halo BCA butuh biaya pulsa yang tidak sedikit sebab nomornya merupakan nomor telepon dan bukan nomor operator. Berbeda jika menggunakan telepon rumah (PSTN) untuk menghubunginya, biayanya akan lebih murah.

Bagaimanakah langkah-langkahnya? Prosesnya kurang lebih seperti penjelasan berikut ini.

1. Hubungi call center Halo BCA di nomor 1500 888

Untuk berbicara dengan customer service melalui telepon, silakan telepon ke nomor 1500 888. Ketika menghubungi nomor tersebut, mesin penjawab otomatis yang akan menjawab untuk pertama kalinya. Mesin penjawab otomatis ini akan memberikan berbagai pilihan layanan yang bisa Anda pilih.

2. Pilih layanan pengaduan atau berbicara dengan customer service

Ketika mendengarkan jawaban mesin penjawab ototamtis, harap dengarkan secara seksama agar tidak terlewat. Sebab jika terlewat, Anda perlu mengulang prosesnya kembali dari awal. Simak dengan baik-baik sampai ada pilihan untuk memilih layanan pengaduan atau berbicara dengan customer service.

3. Sampaikan bahwa Anda ingin memblokir kartu ATM milik Anda

Ketika tiba saatnya Anda berbicara langsung dengan customer service, sampaikan bahwa Anda butuh bantuan untuk memblokir kartu ATM milik Anda. Biasanya, customer service akan menanyakan alasan mengapa diblokir. Ceritakan secara jelas, rinci, dan singkat agar mudah dipahami.

4. Customer service akan memverifikasi identitas Anda

Setelah menerima permintaan Anda, customer service tidak langsung memblokirnya begitu saja. Ada proses verifikasi identitas terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Anda memang pemilik kartu ATM tersebut. Beberapa hal yang mungkin ditanyakan seperti nama sesuai KTP, nama ibu kandung, nomor rekening, perkiraan jumlah saldo terakhir, dan lain sebagainya.

5. Pemblokiran berhasil diproses oleh customer service

Setelah identitas Anda berhasil diverifikasi dan dinyatakan memang Andalah pemilik kartu ATM tersebut, CS akan memblokir kartu ATM Anda dan langsung memberitahukannya kepada Anda saat itu juga. 

Setelah kartu ATM BCA berhasil diblokir, Anda bisa mulai mengurus penggantian kartunya dengan yang baru. Mengurus penggantian kartu ATM akan terasa jauh lebih aman dan nyaman ketika kartu ATM yang lama sudah terblokir.

Baca juga: Cara Ganti Nomor m-banking BCA


Tips untuk menghemat biaya panggilan Halo BCA

Karena nomor Halo BCA merupakan nomor telepon, maka tentu biaya panggilannya akan mahal. Semakin lama durasi panggilan akan semakin mahal biayanya. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar biayanya lebih murah.

  1. Gunakan telepon rumah (PSTN) untuk menghubungi call center Halo BCA.
  2. Jika ingin menggunakan HP, pastikan Anda sudah memasang paket telepon ke semua operator.
  3. Jelaskan masalah dan kebutuhan kepada customer service dengan ringkas dan jelas.

Pastikan jangan sampai Anda terputus saat melakukan panggilan dengan customer service. Jika terputus, maka Anda harus meneleponnya kembali dan mengulang lagi semua prosesnya dari awal. 

Jadi begitulah cara blokir ATM BCA lewat call center yang bisa Anda coba juga. Segera blokir ATM BCA Anda jika terjadi sesuatu yang tidak diingkan seperti tertelan atau hilang.