Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rubah Kertas - Daur Ulang Kertas Jadi Produk-Produk Berkualitas

Sesuai dengan namanya, Rubah Kertas, sebuah bisnis yang mengubah kertas bekas menjadi produk berkualitas. Daur ulang kertas ini menyulap sampah kertas menjadi produk bernilai jual seperti kartu nama, kartu ucapan, undangan, dan kertas siap pakai. 

Ini merupakan sebuah langkah inovatif yang dapat membantu mengurai permasalahan sampah yang kian hari kian menggunung di TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Limbah kertas menjadi salah satu limbah yang cukup besar dihasilkan oleh manusia mengingat kebutuhannya yang penting.


Awal Mula Rubah Kertas

Rubah Kertas berawal dari seorang wanita bernama Afifah Luhtfiya Hanum, merupakan lulusan Teknik Lingkungan Universitas Indonesia, yang memiliki rasa dan tekad ingin berkontribusi dalam mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA.

Lalu ia mendirikan Rubah Kertas di tahun 2018. Rubah Kertas ini berfokus pada pengolahan kertas bekas ataupun limbah kertas menjadi kertas daur ulang (handmade recycled paper art) yang tentunya memikili nilai jual. 

Beragam produk kertas berkualitas berhasil ia ciptakan. Ukuran dan variasi warnanya pun beragam. Jadi, banyak opsi yang dapat dipilih agar sesuai dengan kebutuhan. 

Proses produksinya sendiri masih dalam skala rumahan (home made) dengan bahan utama 100% kertas bekas. Sehingga, sama sekali tidak menggunakan kertas baru dalam pembuatan produknya.

Kini, tak hanya memproduksi kertas daur ulang saja, namun sudah merambah ke jasa printing dengan keunggulan kertas daur ulang tersebut.

Baca juga: 6 Cara Membentuk Personal Branding untuk Toko Online

 

Produk-produk Rubah Kertas

Rubah Kertas memiliki produk-produk yang bagus dan berkualitas. Ini membuktikan bahwa sesuatu yang bekas pun masih dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi barang yang memiliki value. 

Beberapa produk tersebut di antaranya; Arctic Blue, Arctic Coffe, Arctic Wood Brown, dan Arctic Ruby Pink dengan ukuran 24x16 cm serta dijual dengan harga Rp 55.000/12 pcs.

rubah kertas

Ada pula kertas A4 dengan warna dan tekstur yang begitu unik, di antaranya; Arctic Peach dan Arctic Green. Kertas A4 ini dapat dibeli seharga Rp 50.000/6 pcs. Kertas ini memiliki ketebalan 150 gsm dan dapat dipergunakan untuk printing.

Produk-produk tersebut sudah tersedia di ecommerce Shopee dan Tokopedia. Link channel pembeliannya bisa klik di sini.

Baca juga: Menarik Lebih Banyak Pengunjung Website dengan eBook

 

Publikasi Rubah Kertas

Rubah Kertas berhasil menerima Dana Hibah dari Program Wirausaha Mahasiswa Universitas Indonesia di tahun 2017. Selain terkenal di kalangan kampus, Rubah Kertas juga pernah tampil di media kenamaan di Indonesia. 

Program-program tersebut di antaranya; Sapa Indonesia di Kompas TV, Pagi-Pagi di NET TV, dan Saliha di NET TV. Untuk akun Instagramnya bisa dikunjungi di @rubahkertas

Posting Komentar untuk "Rubah Kertas - Daur Ulang Kertas Jadi Produk-Produk Berkualitas"