Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
JANGAN DIKLIK

Menarik Lebih Banyak Pengunjung Website dengan eBook

Cara Jitu dalam Menaikkan Traffic Website

Siapa yang tidak ingin pengunjung websitenya meningkat setiap harinya? Tentu tidak ada. Karena akan percuma jika kita sudah beli ssl murah berkualitas, namun traffic website terus menurun. Semua orang berlomba-lomba mencari cara untuk menaikkan traffic web, baik untuk tujuan agar penjualan dapat meningkat, branding, atau untuk dapat dijadikan untuk kerjasama advetorial. 

Nah, buat Anda yang ingin tahu cara-caranya, mari ikuti ulasan berikut. 


Langkah-Langkah Menaikkan Traffic Website

1. Melakukan Riset Kata Kunci

Salah satu bagian yang akan dilirik oleh pengunjung ketika datang ke website Anda adalah konten artikelnya. Maka, sebelum menulis ada baiknya jika Anda melakukan riset tentang kata kunci apa yang saat ini dicari oleh orang banyak, apa yang mereka butuhkan. 

Pasalnya, jika Anda nekat menulis tanpa melakukan riset itu namanya bunuh diri. Mesin pencari akan susah menemukan artikel Anda dan pada akhirnya tidak akan tampil di laman pencarian. 

Baca juga: Cara Memilih Shared Hosting Indonesia untuk Bisnis Online

Berbeda, ketika Anda melakukan riset misal menggunakan Google Trends untuk mencari tahu keywords apa saja yang saat ini banyak dicari orang, wilayah mana saja yang membutuhkan kata kunci tersebut, maka artikel akan lebih terfokuskan. Mesin penelusur pun akan mudah dalam melakukan indexing. Kemungkinan untuk tampil di halaman 10 besar mesin pencarian pun semakin besar. 

2. Tulis Artikel yang Lengkap dan Terpercaya

Ingatlah, jika jujur di awal adalah hal yang paling baik. Maka, tulislah artikel yang diambil dari sumber-sumber terpercaya. Berikan fakta menarik kepada pembaca, maka mereka akan semakin tertarik dengan konten-konten Anda. Kemungkinan untuk membaca artikel lainnya, bertahan lebih lama di situs Anda akan lebih besar. 

Berbeda halnya ketika Anda justru menulis artikel setengah-setengah, memberikan fakta yang tidak akurat, maka mereka akan enggan untuk kembali mengunjungi situs Anda, enggan menjadikannya sebagai referensi ketika mereka membutuhkan jawaban akan sesuatu. 

Baca juga: Cara Menentukan Spesifikasi Hosting yang Tepat untuk Toko Online

Ingatlah jika yang dicari sebagian besar orang ketika mengunjungi website adalah sebuah jawaban yang terdapat dalam konten yang Anda tulis. Jadi, berikan jawaban itu dengan cepat dan tepat, maka pengunjung situs Anda akan semakin naik. 

3. Berikan Visual yang Menarik

Gambar yang menarik, desain cover artikel yang menggugah rasa penasaran pengunjung juga dapat menjadi salah satu cara untuk menaikkan traffic website. Anda dapat menyisipkan video di dalam artikel yang ditulis. 

Misalnya, Anda memiliki situs yang menjual tentang pembuatan website atau landing page beli hosting, Anda dapat memberikan desain menarik kekinian di halaman awal situs. Kemudian memberikan artikel yang berupa tips-tips dalam membuat landing page yang baik dengan menyertakan gambar-gambar templatenya. Bisa juga menyisipkan video tutorial yang sudah Anda buat. 

Lambat laun, pengunjung akan mengenali situs Anda dan mudah mengingat jika nantinya ingin membuat website atau ada masalah dengan landing page yang mereka miliki, mereka akan langsung menghubungi Anda. 

4. Optimalkan Situs secara Maksimal

Di masa yang sudah canggih dengan kemajuan teknologi luar biasa cepat ini, kecepatan akses situs begitu diperhitungkan oleh pelanggan. Jika situs Anda berjalan begitu lambat, maka akan langsung ditinggalkan begitu saja. 

Maka, optimalkan pembuatan website dan pengelolaannya dengan cara: 

  • Maintenance secara berkala dengan mengikuti perkembangan masa kini. Mengikuti trend desain apa yang saat ini paling menarik, bentuknya seperti untuk membuat heading yang tepat dan optimal.
  • Pastikan gambar atau media yang tersimpan di website dapat ter-load dengan cepat dan ukurannya tidak begitu besar. Anda dapat menggunakan gambar-gambar berformat svg dan memasang lazy load untuk menaikkan response time akses situs. 
  • Ubah situs menjadi responsive agar dapat dibuka menggunakan berbagai macam gadget, mengingat saat ini user lebih banyak menggunakan smartphone atau tablet dalam mencari informasi.

5. Koneksikan Situs dengan Media Sosial

Agar website Anda lebih dikenal oleh pengunjung, Anda dapat memanfaatkan media sosial. Hubungkan semua media sosial dengan website Anda. Ajak mereka untuk mengunjungi situs Anda melalui interaksi di media sosial. 

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Cara Kerja Strategi Marketing B2B

Contohnya: Anda menulis konten baru di website. Kemudian, buatlah banner yang menyatakan apa isi dari artikel tersebut dan sebarkan di media sosial seperti Facebook atau Instagram. 

Minta para follower untuk membaca detailnya di laman situs Anda. Jangan lupa, gunakan teknik copywriting yang menarik agar pembaca semakin penasaran dan ingin melihat lebih detail isi artikel tersebut. 

 

Berikan Ebook Gratis untuk Menggaet Target Pasar

ebook gratis

Selain dari kelima cara tersebut, Anda juga dapat menggunakan ebook dalam menggaet para pengunjung untuk mampir ke website Anda. 

Mengapa harus Ebook? 

Percaya atau tidak, orang masih suka membaca. Faktanya, Anda sedang melakukannya sekarang. Sebuah ebook lebih kecil daripada posting blog; pembaca mengharapkan Anda untuk mendalami topik tertentu. 

Baca juga: Tips Agar Blog Cepat Diterima Google AdSense

Dalam postingan blog, perlakuan menyeluruh terhadap suatu subjek bisa terasa terlalu berat. Di sisi lain, Anda memiliki lebih banyak kebebasan untuk menjelajahi topik dari semua sudut dengan ebook. Tapi itu bukan satu-satunya alasan mengapa ebooks keren. Berikut dua alasan lain untuk mempertimbangkan menggunakan ebook untuk menarik lebih banyak pengunjung ke website:

  • Pengunjung akan semakin tertarik ketika mengetahui bisa memperoleh ebook gratis di website Anda. Terlebih jika Anda memberikannya secara berkala, sudah pasti mereka akan semakin senang.
  • Fakta, jika orang suka membaca dan ingin belajar banyak hal menjadi poin plus untuk Anda membagikan ebook-ebook gratis bertema menarik seperti tips untuk membuat website mudah bagi pengusaha toko online. 
  • Dari satu pengunjung, mereka akan menyebarkannya ke yang lain hanya karena adanya ebook gratis tersebut. Maka, perlahan jumlah pengunjung Anda akan naik.

Usai mengetahui alasan mengapa ebook dapat dijadikan sebagai bahan dalam menggaet pengunjung, kini Anda juga harus memastikan beberapa hal ini agar langkah tersebut berhasil. Di antaranya: 

1. Pastikan Isi Ebook Sesuai dengan Konten yang Ada di Website Anda

Memastikan adanya korelasi antara konten artikel di website dengan ebook yang Anda bagikan itu sangat penting. Pasalnya, dengan begitu, pengunjung akan merasa puas dan senang untuk kembali mengunjungi lagi. Bahkan, mereka akan dengan senang hati untuk berlangganan konten-konten artikel Anda jika isinya sesuai hanya untuk mendapatkan ebook gratis tersebut. 

Berbeda halnya jika isinya tidak sesuai, sekali dapat mereka akan langsung mengabaikan dan enggan kembali lagi. 

2. Pastikan Dulu Target Pasar dan Mulai Buat Ebook untuk Menarik Minat Mereka

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan ebook agar dapat menggaet para pengunjung, maka tentukan terlebih dahulu siapa target pasar yang akan dijangkau. Kemudian, tentukan tema apa yang akan dijadikan ebook dan cocok untuk audiens tersebut. 

Baca juga: 6 Cara Membentuk Personal Branding untuk Toko Online

Selanjutnya, mulailah menulis dengan bahasa yang baik dan pasang ebook tersebut di halaman artikel yang sesuai dengan tema ebook tersebut. Ada baiknya jika Anda tidak hanya meletakkannya di satu halaman, tapi beberapa halaman artikel konten. Dengan begitu, kesempatan untuk menggaet pengunjung akan lebih besar. 

Jadi, sudah siap menggunakan ebook untuk menggaet lebih banyak pengunjung? Jika Anda sudah beli hosting dan beli ssl murah, Anda dapat menggunakan ebook tersebut untuk menaikkan penjualan produk Anda. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Menarik Lebih Banyak Pengunjung Website dengan eBook"