Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembangkan Kualitas Komunitas Blogger

Apa sih itu Komunitas Blog?

Ada banyak alasan yang dimiliki orang-orang ketika memutuskan untuk membuat blog, seperti untuk mengungkapkan isi pikirannya, berbagi informasi, atau untuk membangun brand. Apa pun alasannya, tujuannya hanya satu, yaitu blognya dikenal orang banyak, kontennya dibaca dan masuk dalam halaman pertama pencarian. 

Untuk mencapai itu, membangun komunitas blog menjadi pilihan yang cerdas, sebab dapat menumbuhkan audiens, mengembangkan brand Anda, serta dapat terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat dan keterampilan yang sama. 

komunitas blogger
Jika Anda belum mempunyai blog ataupun website, Anda bisa membeli jasa pembuatan website di Indonesia, dan jangan lupa juga untuk beli cloud hosting terjangkau. Setelah itu Anda bisa bergabung dengan komunitas blog.

 

Pengertian Komunitas Blog

Lantas, apa sih komunitas blog itu?

Komunitas blog adalah kumpulan para blogger yang memiliki minat, semangat, ambisi, serta tujuan yang sama yang tertuang dalam konten blog masing-masing. Komunitas ini dibentuk dengan tujuan agar dapat membantu para penulis blog yang memiliki karakteristik dan topik blog yang sama dapat saling terhubung, membantu para penulis untuk tumbuh bersama dan belajar dari pengalaman yang dimiliki satu sama lain. 

Baca juga: 6 Cara Membentuk Personal Branding untuk Toko Online

Ketika Anda mengalami writer block, melalui komunitas, ide-ide segar akan mudah didapatkan dengan saling sharing. Sehingga, bukan hanya konten blog yang meningkat kualitasnya, tetapi audiens blog juga akan meningkat secara perlahan.

 

Mengapa Harus Memiliki Komunitas Blog? 

Ada beberapa alasan valid mengapa membangun komunitas di sekitar blog Anda sangat penting di antaranya:

  • Keterlibatan yang lebih baik dengan konten Anda, yaitu, peningkatan komentar, pembagian sosial, dll.
  • Memiliki komunitas yang aktif di sekitar blog Anda adalah bukti dan validasi bahwa blog Anda memiliki kredibilitas dan otoritas. Ini adalah unsur penting untuk menarik lebih banyak orang ke dalam komunitas Anda.
  • Berpotensi mengubah lebih banyak pembaca menjadi pelanggan dan klien yang membayar.
  • Seperti yang Anda lihat, semua ini penting untuk dimiliki agar blog Anda berhasil berkembang.

 

4 Strategi Jitu Mengembangkan Komunitas Blog yang Sudah Ada

Ketika Anda sudah membangun komunitas blog tersendiri, maka saatnya untuk mengembangkannya dengan cara: 

1. Membuat Konten Tulisan dalam Bentuk Percakapan Suara

Seni percakapan yang baik adalah menjadi 'tertarik' dan juga menjadi 'menarik'. Pembicara yang baik akan mengajukan pertanyaan, berhenti sejenak untuk memungkinkan orang lain berbicara dan mendengarkan orang lain saat mereka berbicara.

Baca juga: Tips Agar Blog Cepat Diterima Google AdSense

Blogger yang baik juga sering menulis dengan cara yang lebih komunikatif dan dengan demikian mengundang pembaca untuk menanggapi. Meskipun setiap blogger memiliki gaya dan suara sendiri, tetapi ada beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam menulis lebih banyak 'percakapan':

  • Menulislah seperti sedang berbicara dengan pembaca secara langsung.
  • Gunakanlah gaya yang seolah-olah Anda sedang bercerita tentang kisah pribadi kepada pembaca tetapi menggunakan sudut pandang mereka. 
  • Gunakan bahasa sehari-hari yang lebih santai dan lebih mudah dimengerti. Mengurangi kata sapaan seperti ‘Anda, kamu, atau saya’ juga dapat dilakukan. 
  • Membagikan opini mengenai suatu topik kepada pembaca, kemudian ajak mereka untuk ikut terlibat dalam opini tersebut.

2. Undang Reaksi Pembaca melalui Kolom Komentar atau Aksi Lainnya

Bagian dari menulis menggunakan nada percakapan adalah mengundang orang lain untuk berpartisipasi di dalamnya. Mengundang pembaca Anda untuk berinteraksi dengan Anda dapat mencakup banyak hal seperti:

  • Meminta pembaca untuk berkomentar. Tidak hanya di akhir postingan, tetapi Anda dapat memberi sinyal di awal bahwa Anda tertarik dengan pemikiran orang lain tentang suatu topik.
  • Mengajukan pertanyaan spesifik. Daripada memberi pertanyaan apa pendapat Anda di akhir postingan, lebih baik jika Anda dapat membimbing pembaca dengan pertanyaan yang lebih spesifik tentang topik. Misal, Anda membahas topik tentang cloud hosting terjangkau. Di akhir, Anda dapat memberikan rekomendasi jasa cloud hosting mana yang dapat dipilih oleh pembaca serta tanyakan apakah mereka pernah menggunakan salah satunya dan minta mereka untuk memberikan pendapat melalui komentar. 
  • Tulis postingan yang murni berisikan pertanyaan. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan tanggapan adalah dengan menulis postingan yang tidak lebih dari pertanyaan itu sendiri.

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Cara Kerja Strategi Marketing B2B

  • Polling. Mungkin metode paling sederhana untuk membuat pembaca pertama kali keluar dari kepasifan dan melakukan sesuatu adalah dengan melakukan polling di blog Anda. Membuat mereka hanya memilih dari beberapa pilihan ganda dan mengklik 'pilih' mungkin tidak terlihat banyak, tetapi ini memberi sinyal kepada pembaca bahwa Anda tertarik dengan pendapat atau pengalaman mereka dan membawa mereka langkah kecil menuju keterlibatan dan komunitas.
  • Undangan reguler kepada pembaca Anda untuk berinteraksi secara bertahap akan menarik lebih banyak pembaca Anda dari kepasifan dan membawa mereka masuk ke dalam interaksi yang lebih intens dengan Anda.

3. Pertimbangkan Area Komunitas yang Berdedikasi

Blog memiliki komunitas yang dibangun di dalamnya sampai tingkat tertentu dengan memungkinkan komentar dibuat pada posting apa pun. Banyak alat blogging sekarang yang memungkinkan komentar beralur yang mana dapat membantu meningkatkan pengalaman dan memungkinkan percakapan mini terjadi dengan cara yang mudah diikuti. 

Baca juga: Cara Menentukan Spesifikasi Hosting yang Tepat untuk Toko Online

Namun ada pula saatnya Anda ingin memberi pembaca kesempatan dalam membuat utas percakapan baru di blog Anda. Untuk memulainya, Anda dapat menggunakan third party dengan mengundang pembaca yang masuk dalam lingkup ketertarikan yang sama untuk bergabung. 

Misal, Anda menggunakan grup flickr untuk mengajak audiens berbagi foto dan memulai percakapan. Melalui grup tersebut, Anda tidak hanya dapat berinteraksi lebih jauh dengan pembaca, tetapi juga dapat memperoleh pembaca-pembaca baru yang memiliki minat dan tujuan yang sama. 

Baca juga: Cara Memilih Shared Hosting Indonesia untuk Bisnis Online

Dari grup tersebut, Anda dapat mengembangkannya menjadi forum diskusi yang menarik yang dapat memberikan manfaat yaitu:

  • Meningkatkan Keterlibatan Pembaca
  • Membangun Konten Buatan Pengguna
  • Meningkatkan Tampilan Halaman per Kunjungan
  • Menarik bagi jenis pembaca yang berbeda

4. Gunakan Media Interaktif dan Dapat Diakses

Media sosial memang dapat menjadi pilihan menarik untuk digunakan sebagai tempat berinteraksi dengan pembaca. Namun, Anda dapat memanfaatkan tools lainnya yang dapat membantu membangun komunitas di dalam dan di sekitar blog Anda. Di antaranya:

  • Undangan kepada pembaca secara terbuka untuk mengikuti webinar melalui Google Meets atau Zoom dengan topik bahasan yang menjadi minat mereka.
  • Anda juga dapat mengajak pembaca tergabung dalam Clubhouse yang lebih memungkinkan untuk saling memulai percakapan.

Melalui dua hal tersebut, selain pembaca dapat mendengar tanggapan Anda secara langsung, Anda pun akan dapat memperoleh umpan balik yang positif dari mereka mengenai konten blog. Bahkan, ide-ide baru bisa saja bermunculan melalui interaksi tersebut. 

Baca juga: Menarik Lebih Banyak Pengunjung Website dengan eBook

Itulah 4 strategi jitu yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan kualitas komunitas blog Anda. Intinya ada pada bagaimana cara Anda berinteraksi dan berkomunikasi dengan pembaca. Jika Anda belum mempunyai blog, Anda bisa memanfaatkan jasa  pembuatan website di Indonesia. Dengan begitu Anda tidak perlu repot-repot membuat blog  sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembangkan Kualitas Komunitas Blogger"