Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Blog Cepat Diterima Google AdSense

Cara Cepat Agar Website Diterima Google AdSense

Ada cukup banyak cara mendapatkan uang melalui blog atau website. Google AdSense adalah salah satunya. Pemilik hosting website murah, bahkan bisa mendapatkan uang dari blognya dengan menjadi publisher iklan dari Google tersebut.

Namun, untuk mendapatkan uang dari Google AdSense, pemilik blog harus mendaftarkannya terlebih dahulu. Blog yang disetujui nantinya akan mendapatkan konfirmasi pada email Indonesia yang digunakannya. Nah, di sini, kami akan paparkan cara-caranya kepada Anda.

tips blog diterima adsense


Persyaratan Google AdSense untuk Blog

Sebelum mendaftar, pastikan terlebih dahulu blog Anda memenuhi segala persyaratannya. Karena, persyaratan adalah salah satu penilaian kelayakan. Artinya, blog yang tidak memenuhi persyaratan berpotensi ditolak. Adapun syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

1. Tidak Memuat Konten Dewasa

Blog yang Anda buat tidak boleh berisi konten-konten pornogafi, kekerasan dan berbau SARA. Selain itu, blog juga tidak boleh ada konten yang berisi penindasan, pelecehan, maupun menganjurkan pembacanya menyakiti seseorang atau kelompok.

2. Menjual Atau Membuat Review Konten Terlarang

Pastikan blog Anda tidak memuat konten-konten bertema NARKOBA, rokok, penjualan obat, penjualan senjata, penjualan produk tiruan, dan konten-konten ilegal lainnya.

3. Usia Pemilik Minimal 18 Tahun

Jika Anda sudah berusia minimal 18 tahun, maka bisa mendaftarkan blog Anda ke Google AdSense. Jika belum, tunggu hingga berumur 18 tahun dulu, ya. Pasalnya ini merupakan ketentuan dari Google.

 

Cara Daftar Google AdSense

Bagi yang sudah punya website murah, Anda bisa langsung mendaftarkannya di Google AdSense. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka laman resmi Google Adsense.
  • Klik "mulai" lalu Anda akan masuk ke laman sign up AdSense.
  • Silahkan isi data pada form yang disediakan (data alamat, website, email Indonesia milik Anda, dan lainnya).
  • Klik "ya" pada pilihan "apakah sebaiknya Anda mengizinkan Google mengirimkan rekomendasi performa dan bantuan yang disesuaikan".
  • Pilih "simpan dan lanjutkan".
  • Klik "saya menyetujui" pada pilihan tinjauan dan persyaratan ketentuan Google AdSense.
  • Terakhir silahkan klik "buat akun".
  • Pendaftaran selesai.

Namun, jangan senang dulu. Pasalnya, Google akan melanjutkan proses peninjauan pada blog. Tujuannya untuk mengetahui kelayakan blog yang Anda miliki. Blog yang memenuhi syarat akan disetujui melalui konfirmasi via email.

 

Berapa Lama Waktu Review Google AdSense?

Blogger yang sudah mendaftar biasanya sudah tidak sabar untuk segera memasang iklan. Tujuannya tentu saja agar blog yang dimilikinya segera bisa mendapatkan penghasilan.

Setelah proses pendaftaran, akan ada proses review kedua dari pihak Google. Biasanya, review tersebut berlangsung sekitar 2 hingga 3 hari saja. Artinya, dalam rentang waktu tersebut, Anda akan segera mendapatkan kabar dari Google.

Namun, waktunya bisa saja lebih lama tergantung dari antrian. Jika pengajuan Google Ads di negara tertentu sangat banyak, maka proses review bisa saja memakan waktu lebih lama.

Baca juga: Cara Memilih Shared Hosting Indonesia untuk Bisnis Online

Pada review tahap kedua, sebenarnya iklan sudah bisa dipasang. Bahkan pihak Google mengharuskan pemilik blog memasang kode iklan di website atau blog miliknya.

Kode iklan pada review kedua tidak boleh dilepas hingga pemilik mendapatkan email notifikasi dari Google. Kode yang dipasang tersebut sebagai bahan pertimbangan Google. Nantinya pihak Google akan menilai kelayakan blog Anda untuk menayangkan website.

Jadi, agar proses review kedua ini berjalan lancar, pastikan Anda mengikuti aturan dan persyaratannya.

 

Tips Agar Blog Cepat Diterima Google AdSense

Perlu Anda ketahui, ada banyak blogger yang gagal pada saat proses pendaftaran. Penyebabnya pun bisa sangat beragam. Namun jangan khawatir, karena berikut ini kami akan coba paparkan tipsnya kepada Anda.

1. Penuhi Semua Persyaratan Kelayakan

Kami sudah jelaskan persyaratan blog yang ideal untuk Google Ads. Pastikan Anda memenuhi persyaratan-persyaratannya. Jika masih belum lengkap, Anda bisa cek langsung di website official Google.

Satu saja persyaratan ada yang dilanggar, kemungkinan besar pihak Google akan menolaknya. Jadi, pastikan blog Anda sudah memenuhi persyaratan.

2. Perhatikan Jumlah dan Kualitas Konten

Jangan terburu-buru mendaftar jika blog Anda belum diisi dengan konten. Jumlah konten pada blog juga menjadi penilaian dari Google. Sebelum didaftarkan, pastikan Anda membuat konten dan mempostingnya secara teratur. Buatlah minimal 1 artikel per hari.

Selain jumlahnya, Anda juga harus memperhatikan kualitasnya. Konten berkualitas adalah konten yang informatif dan menarik. Konten harus bisa menjawab pertanyaan pembaca.

3. Blog Sudah Memiliki Pengunjung

Usahakan website Anda memiliki traffic yang cukup bagus. Minimal Anda memiliki 100 orang pengunjung setiap harinya. Dengan nilai tersebut, rasanya blog Anda sudah benar-benar layak untuk didaftarkan.

Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung juga menjadi tolok ukur pendapatan Anda. Karena semakin banyak pengunjung, semakin besar peluang klik iklan terjadi.

4. Buat Navigasi Blog

Navigasi pada blog atau website memiliki peranan yang penting. Karena, dengan adanya navigasi, orang akan mudah mengakses informasi yang ada di dalamnya.

Namun, tidak sedikit blog atau website yang memiliki navigasi buruk. Atau bahkan tidak memiliki navigasi sama sekali

Baca juga: Cara Menentukan Spesifikasi Hosting yang Tepat untuk Toko Online

Bagi yang belum memiliki navigasi, cobalah untuk membuatnya terlebih dahulu. Selain untuk memudahkan pembaca, juga menjadi salah satu syarat diterima di Google AdSense.

Buatlah navigasi yang memiliki warna-warna mencolok. Agar mudah terlihat, pilihlah jenis warna-warna yang polos dan clean. Selain itu, gunakanlah template website yang simple dan responsive untuk Google AdSense.

5. Lengkapi Informasi Website

Jangan lupa juga untuk melengkapi informasi pada website. Mulai dari About, Privacy Policy, dan Contact. Informasi ini sangat penting sekali, terutama jika Anda ingin cepat lolos Google AdSense.

Bahkan, peraturan ini juga sudah tercantum menjadi kebijakan dari Google Adsense. Jadi, buatlah terlebih dahulu sebelum Anda mendaftarkannya.

6. Buat Konten yang Unik

Keunikan konten juga menjadi salah satu penilaian diterima atau tidaknya pendaftaran Anda. Konten unik yang dimaksud adalah konten yang tidak menjiplak milik orang lain.

Artinya, konten yang Anda buat harus original. Karena seperti yang kita ketahui, Google tidak suka dengan artikel plagiat atau hasil copy paste dari tulisan milik orang lain.

Konten tidak original pada suatu blog dapat menjadi penyebab blog Anda tidak diterima.

7. Umur Website Minimal 6 Bulan

Seperti yang sudah kami singgung beberapa kali, bahwa mendaftar Google AdSense tidak perlu terburu-buru. Alangkah baiknya Anda berbenah terlebih dahulu. Di lain sisi, blog yang masih seumur jagung sangat kecil kemungkinannya untuk diterima.

Pastikan blog Anda sudah berusia minimal 6 bulan. Selain itu, selama umur tersebut, blog juga harus rajin memposting konten.

8. Posting Artikel Secara Rutin Saat Proses Review

Jika blog Anda sudah memasuki tahap review, teruslah untuk membuat konten-konten dan mempostingnya. Usahakan untuk memposting konten setiap hari minimal 1 konten per hari.

Cara ini sudah terbukti ampuh dan sering diimplementasikan oleh para blogger yang ingin cepat diterima.

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Cara Kerja Strategi Marketing B2B

Website murah maupun mahal, tidak menjadi patokan diterima atau tidaknya di Google Ads. Yang terpenting, website tersebut memenuhi syarat-syarat diterima menjadi publisher. Melalui cara di atas, kini Anda bisa meningkatkan peluang untuk bisa diterima secepatnya.

Posting Komentar untuk "Tips Agar Blog Cepat Diterima Google AdSense"