Rekomendasi 11 HP Terbaik 2020 dari GadgetIn

Pada 7 Desember 2020, GadgetIn, merilis video terbaru di channel YouTubenya. Video tersebut menjelaskan tentang rekomendasi HP terbaik 2020 menurut versinya di sepanjang pertengahan sampai akhir tahun 2020.

hp terbaik 2020

Mengapa mulai dari pertengahan tahun? Sebab, rekomendasi HP terbaik untuk awal sampai pertengahan tahun sudah dibahas pada video lainnya.

Rekomendasi David GadgetIn dikelompokkan berdasarkan harga. Harganya bervariasi mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 20 juta lebih. Dan dari rentang harga tersebut terdapat beberapa nominasi HP pilihannya. Berikut AneIqbal tulis ulasannya.


Rekomendasi HP GadgetIn tahun 2020

Pilihan GadgetIn HP 1 jutaan

Ada dua nominasi HP di kisaran harga Rp 1 sampai 1,5 juta, yakni Samsung Galaxy A01 Core dan Redmi 9A. Di antara keduanya, David GadgetIn memilih Redmi 9A dan paling merekomendasikannya.

Baca juga: Spesifikasi Redmi 9A Baterai 5000 mAh Harga 1 Jutaan

Xiaomi memang terkenal dengan harganya yang ramah di kantong. Dari dulu dan bahkan hingga sekarang. Bukan sekadar murah, namun juga worth it untuk dibeli. Menurutnya, Redmi 9A menjadi bukti bahwa Xiaomi tidak meninggalkan “label”nya di tahun 2020.

Tidak ada yang spesial dari Redmi 9A, kecuali harganya yang murah. HP ini tidak bisa memainkan game berat. Namun, cukup lancar untuk menggunakan berbagai aplikasi.

Kameranya dapat menangkap situasi dengan jelas tetapi belum termasuk dalam kategori “indah”. Baterainya terbilang sangat besar karena kapasitasnya mencapai 5000 mAh.

David GadgetIn menambahkan, jika ada HP yang harganya Rp 1,3 juta dan tidak membuat capek saat dipakai, HP tersebut pastinya recommended.

Pilihan GadgetIn HP 2 jutaan

Selanjutnya, rekomendasi HP terbaik dengan rentang harga Rp 1,5 sampai 2 juta. Pada kriteria ini, terdapat empat HP yang menjadi nominasi, yakni Realme C15, Redmi 9, Samsung Galaxy A11, dan Realme C11. David GadgetIn memilih Redmi 9. 

Baca juga: Spesifikasi Redmi 9 Quad Camera di Bawah 2 Juta

Sebenarnya, Realme C15 juga diunggulkan karena memiliki kapasitas baterai yang jumbo sebesar 6000 mAh. Kapasitas baterai sebesar itu tentu saja mampu membuat HP dapat bertahan sangat lama.

Kalau Anda ingin memiliki sebuah HP yang kapasitas baterainya mencapai 6000 mAh dengan harga murah, Realme C15 ini adalah pilihan yang sangat cocok.

Alasan David GadgetIn memilih Redmi 9 yang paling direkomendasikan adalah karena Redmi 9 memiliki keunggulan yang lebih merata. Tidak hanya satu-dua hal paling ditonjolkan.

Mulai dari chipsetnya yang mampu memacu lebih cepat dan efeknya main game terasa lancar. Resolusi layar yang lebih tinggi sehingga gambar menjadi lebih tajam. Sampai baterainya juga besar karena kapasitasnya 5020 mAh.

Keunggulan Redmi 9 tersebar merata. Kalaupun ada orang-orang yang menyukai HP dengan baterai kapasitas besar, maka Redmi 9 adalah salah satu pilihan yang tak boleh dilewatkan.

Handphone terbaik 2020 dengan budget Rp 2-3 juta

Kriteria berikutnya yang dibahas adalah HP terbaik dengan harga Rp 2 sampai 3 juta. Nominasinya, yakni Oppo A52, Oppo A53, Samsung Galaxy M21, Realmi 7i, dan Redmi Note 9.

Total ada lima nominasi. Dari kelima nominasi tersebut, yang menjadi pemenangnya adalah Redmi Note 9. Redmi Note 9 paling direkomendasikan pada rentang harga ini.

Sempat bingung antara Redmi Note 9 dan Samsung Galaxy M21 karena keduanya memiliki keunggulan unik tersendiri. Samsung Galaxy M21 lebih unggul dalam layar karena didukung dengan panel AMOLED serta kapasitas baterai jumbo sebesar 6000 mAh.

Namun, Redmi Note 9 tetap menjadi pilihan utama. Layarnya masih cukup bagus dengan panel IPS. Baterainya juga berkapasitas besar, yakni 5020 mAh. 

Baca juga: Spesifikasi Redmi Note 9 AI Quad Camera 48MP 2 Jutaan

Dan alasan utamanya adalah karena chipsetnya memiliki tenaga yang lebih besar. Samsung Galaxy M21 dirasa kurang maksimal saat digunakan jika dibandingkan dengan Redmi Note 9.

Rp 3-4 juta bisa dapat HP terbaik 2020 dengan fitur NF

Pada rentang harga ini, jumlah nominasi HPnya terbanyak di antara rentang harga lainnya. Jumlahnya mencapai sembilan HP yang terdiri dari berbagai brand.

David GadgetIn menjelaskan bahwa HP dengan harga Rp 3-4 juta merupakan HP dengan value for money yang paling tinggi. Harganya tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah sehingga sangat pas.

HP yang menjadi nominasi di antaranya, Realme Narzo 20 Pro, Vivo Y20s, Poco X3 NFC, Oppo Reno4 F, Vivo V20s, Realme 7, Redmi Note 9 Pro, Samsung Galaxy A31, dan Oppo A92.

Di antara kesembilan HP tersebut David GadgetIn menjagokan Poco X3 NFC. Menurutnya, HP ini menang banyak karena fitur-fiturnya lengkap.

Mulai dari fitur NFC (Near Field Communication), sesuai nama HPnya, layar dengan refresh rate 120Hz, chipset Snapdragon 732G, stereo speaker, kamera yang sangat bagus untuk HP seharga ini, dan kapasitas baterai yang besar yakni 5160 mAh.

Jangan memilih Poco X3 NFC jika Anda kurang menyukai HP dengan ukuran besar karena layarnya mencapai 6,67 inci. Alasan kedua, Anda kurang menyukai HP Xiaomi karena Poco adalah salah satunya.

HP rekomendasi 2020 budget Rp 4-5 juta dengan baterai besar dan fast charging

Tak banyak nominasi HP pada rentang harga ini. Hanya ada tiga nominasi, yakni Realme 7 Pro, Vivo V20, dan Oppo Reno4. Realme 7 Pro yang menjadi juaranya.

Jika dibandingkan dengan dua nominasi lainnya, keunggulannya tipis sekali, yakni pada kapasitas baterainya yang lebih besar dan charging yang lebih cepat. Realme 7 Pro juga dilengkapi dengan fitur NFC.

HP Monster dengan harga Rp 5-7 juta

Pada kategori ini jumlah nominasinya juga tak banyak. Total ada 3 HP, yakni Samsung Galaxy M51, Vivo X50, dan Oppo Reno4 Pro.

Dari ketiga HP tersebut, Samsung Galaxy M51 yang menjadi rekomendasi Gavid GadgetIn. Menurutnya, Samsung Galaxy M51 adalah HP monster karena memiliki kapasitas baterai sebesar 7000 mAh.

Tak hanya baterainya yang berkapasitas jumbo, tetapi bagian lainnya juga mampu mengimbangi nominasi HP lainnya. Seolah, Samsung Galaxy M51 merupakan HP paket komplit.

Dapur pacunya ditenagai oleh Snapdragon 730G, layarnya menggunakan panel Super AMOLED, dan kualitas kameranya juga bagus. Jadi, tak hanya unggul dalam daya tahan penggunaan saja.

Rp 8-10 juta bisa dapat HP apa?

Cukup banyak juga nominasi HP pada rentang harga ini. Pasalnya, menurut David GadgetIn, para brand HP sudah mulai berani untuk menjual HP terbaiknya.

Terlepas dari keyakinan brand akan banyaknya orang kaya di Indonesia ataupun regulasi yang disederhanakan sehingga mudah memasukkan HP flagship, pilihan HP untuk kelas atas menjadi lebih bervariasi. Tak terbatas hanya pada iPhone dan Samsung.

Ada Vivo X50 Pro, Samsung Galaxy S20 FE, Asus ROG Phone 3, Xiaomi Black Shark 3, Poco F2, Xiaomi Mi 10, dan iPhone SE 2020. Di antara kesemuanya, Xiaomi Mi 10 yang menjadi juaranya.

Xiaomi Mi 10 dibanderal dengan harga Rp 10 juta. Awalnya. Namun, jika merujuk pada situs resminya, harganya saat artikel ini dibuat turun menjadi Rp 9,5 juta.

Hadir dengan desainnya yang begitu mewah. Speakernya masuk jajaran top three speaker terbaik di HP berdasarkan kriteria David GadgetIn.

Selain itu, performanya juga kencang karena ditenagai Snapdragon 865. Layarnya bagus dengan panel AMOLED 6,67 inci. Kapasitas baterai besar yakni 4780 mAh dan kameranya yang bening. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ini adalah HP paket lengkap. Worth it dengan harganya.

Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah HP ini merupakan brand Xiaomi. Seperti yang sudah diketahui bahwa Xiaomi terkenal dengan murah dan spek bagusnya.

HP harga Rp 10 – 15 juta, tidak ada rekomendasi!

Hanya pada kategori ini David GadgetIn tidak merekomendasikan satu pun dari nominasi HPnya. Tidak ada HP terbaik 2020 pada rentang harga ini. Alasannya pun beragam.

Huawei P40 Pro tidak ada Google. Sharp Zero 2 kurang matang pada baterai dan OSnya. Sementara Realme X50 Pro, David GadgetIn lebih merekomendasikan Asus ROG Phone 3 atau Xiaomi Mi 10 yang harganya berkisar Rp 8-10 juta.

Selain itu, David GadgetIn juga menyarankan untuk menaikkan budgetnya menjadi Rp 15-20 juta agar bisa mendapatkan satu di antara HP berikut.

iPhone 12 saja kalau ada budget Rp 15-20 juta

Nominasi di rentang harga ini di antaranya; iPhone 12, Samsung Galaxy Note 20 Ultra, dan Oppo Find X2 Pro. Pemenangnya adalah iPhone 12 karena HP ini menang banyak untuk rentang harga sekian.

Mulai dari layarnya yang lebih tajam, bezel yang lebih tipis, iOS dan chipset terbaru, sampai fitur magsafenya. iPhone 12 worth it dengan harganya.

Namun, jika Anda ingin membeli HP Android dengan harga sekian, David GadgetIn merekomendasikan Oppo Find X2 Pro. Walaupun sebenarnya, Oppo Find X2 Pro bukanlah HP keluaran terbaru. Alasannya, performa, baterai, desain, kamera, dan semuanya masih top banget.

HP Rp 20++ juta? cuma ada iPhone dan Samsung

Rasanya, pasti sudah banyak yang tahu ya HP di kisaran harga ini dan salah duanya adalah iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Selain iPhone, Samsung juga turut merilis HP pada segmen ini, yakni Samsung Galaxy Z Fold 2.

Menurutnya, semua HP tersebut bagus dan tinggal pilih sesuai kebutuhan saja. Pilih iPhone 12 Pro jika ingin merasakan kemewahan yang tidak didapat dari iPhone 12.

Kemudian, pilih iPhone 12 Pro Max jika ingin merasakan kemewahan iPhone 12 Pro dengan ukuran yang lebih besar. Lalu, pilih Samsung Galaxy Z Fold 2 jika ingin terlihat berbeda dari yang lainnya dan merasakan HP yang dapat dilipat.

Alasan lainnya, ingin menunjukkan bahwa Anda mampu membeli HP Rp 34 juta. HP dengan harga seperti itu bukan hanya sekadar membeli mesin saja, melainkan membeli inovasi dan hal lainnya di luar itu. Mungkin saja bagi para sultan, ini adalah HP terbaik 2020.


Kesimpulan rekomendasi HP GadgetIn untuk tahun 2020

Kesimpulannya, tak hanya HP Android, ada juga iPhone yang direkomendasikan. Berikut ringkasan 11 HP terbaik 2020 menurut David GadgetIn:

  1. Redmi 9A
  2. Redmi 9
  3. Redmi Note 9
  4. Poco X3 NFC
  5. Realme 7 Pro
  6. Samsung Galaxy M51
  7. Xiaomi Mi 10
  8. iPhone 12
  9. iPhone 12 Pro
  10. iPhone 12 Pro Max
  11. Samsung Galaxy Z Fold 2

Di awal video, David GadgetIn mengingatkan bahwa semuanya adalah rekomendasi paling worth it menurut pendapat pribadinya dan mungkin saja tidak cocok dengan Anda. Andalah yang lebih tahu HP seperti apa yang dibutuhkan.

Rekomendasinya juga merupakan rekomendasi yang umum dan paling aman untuk kebanyakan orang. Kalaupun Anda memiliki referensi tersendiri, itu tidak mengapa. Rekomendasi ini bisa menjadi info tambahan untuk Anda. Anda pun juga bisa membagikan informasi ini ke teman atau kerabat yang sedang mencari HP baru.

Sebelum beranjak dari sini, silakan cek juga pembahasan rekomendasi lain, seperti laptop yang bagus untuk zoom meetingrekomendasi laptop gaminglaptop hp 3 jutaan, situs buat logo esport online gratis, dan website untuk membuat logo online gratis.

Silakan cek rekomendasi hp oppo harga 2 juta kebawah ini untuk menambah referensi Anda. David GadgetIn menambahkan, Anda tidak harus selalu memiliki HP terbaru. Anda juga tidak harus selalu ganti selama belum ada keluhan dengan HP saat ini.