Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi 3 Tool Cek Backlink Website Secara Gratis

Cek backlink website sudah menjadi kegiatan rutinitas bagi mereka yang bekerja sebagai SEO Specialist ataupun SEO Content Writer. Sebab, backlink merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan trafik website.

Salah satu kondisi yang diketahui agar website dapat muncul di halaman pertama Google adalah memiliki otoritas yang cukup bagus. 

Semakin bagus peringkat website, maka semakin besar peluangnya untuk muncul di halaman pertama dan bahkan di nomor 1. Peringkat website juga dipengaruhi oleh banyak hal dan salah satunya adalah backlink.


Apa yang dimaksud dengan backlink?

Secara singkat, backlink adalah sebuah link website kita yang ditempatkan oleh orang lain di website mereka. Dengan kata lain, mereka merekomendasikan link website kita di website mereka. 

Hal itu akan meningkatkan otoritas website kita karena situs kita direkomendasikan oleh situsnya. Semakin banyak website yang meletakkan link website kita di websitenya, semakin meningkat juga otorias atau peringkat website kita di mata Google.

Tetapi, Google tidak sepolos itu. Google akan tetap mengecek kualitas website yang merekomendasikan dan yang direkomendasikan. Semuanya tetap bergantung pada kualitas websitenya. Jadi tidak serta merta langsung naik peringkat begitu saja.

Simak juga pembahasan rekomendasi laptop yang bagus untuk zoom meetinglaptop hp 3 jutaanHP terbaik 2020 versi GadgetIn, dan rekomendasi laptop gaming yang sayang jika Anda lewatkan. Klik kanan pada link tersebut lalu pilih open link in new tab untuk membacanya setelah dari sini.


Cek backlink website dengan tool gratisan

Cara mengecek backlink yang mengarah ke website kita adalah dengan menggunakan tool. Toolnya beragam; ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. 

Tool gratisan tentu saja tidak akan sedetail tool berbayar. Tetapi, sudah bisa mengetahui website mana saja yang memberikan backlinknya ke website kita.

Untuk versi berbayar, tool yang sudah familiar dikenal ada Ahref, SEMrush, dan lain sebagainya. Untuk yang gretongan alias gratis, berikut beberapa di antaranya.

Ahrefs Backlink Checker

cek backlink website

Ahrefs ternyata juga menyediakan secara gratis backlink checker. Hasil pengecekannya juga cukup lengkap seperti versi berbayar.

Namun, tidak semua backlinknya bisa ditampilkan. Jumlahnya dibatasi hanya 100 saja. Namanya juga gratisan. Tetapi cukup lumayan untuk mengobati penasaran.

Panduan untuk cek backlink di Ahrefs adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman https://ahrefs.com/backlink-checker di web browser Anda.
  2. Kemudian ketikkan domain atau alamat/url website yang ingin Anda cek backlinknya di kolom yang tersedia.
  3. Klik tombol oranye Check backlinks untuk memprosesnya.
  4. Tampilan list backlink akan muncul di depan Anda.


Cara cek backlink website dengan Ubersuggest

cara mengecek backlink

Sama seperti Ahrefs, Ubersuggest juga menyediakan free backlink checker yang dapat dimanfaatkan. Jumlah backlink yang dapat dilihat juga hanya 100 link.

Jika dibandingkan dengan Ahrefs, total backlink yang mampu ditangkap oleh Ubersuggest lebih sedikit jumlahnya. Mungkin ada perbedaan pada algoritma pengecekan backlinknya sehingga hasilnya berbeda.

Mengesampingkan hal itu, tool ini juga bisa menjadi angin segar karena dapat digunakan secara gratis. Hidup gratisan!

Cara mengecek backlink di Ubersuggest:

  1. Buka halaman https://neilpatel.com/backlinks/ dengan web browser favorit Anda.
  2. Lalu masukkan domain atau alamat/url website yang ingin dicek backlinknya.
  3. Klik tombol Submit untuk memprosesnya.
  4. Anda akan melihat report backlink yang cukup detail berdasarkan data Ubersuggest.


Cara cek backlink di SEMrush

cara cek backlink di semrush

SEMrush juga menyediakan fitur backlink checker gratisan. Sepertinya tidak ingin kalah dengan kompetitornya, Ahrefs. 

Secara hasil, data yang ditampilkan sama dengan versi berbayarnya. Lagi-lagi. Namanya juga gratisan. Data yang muncul dibatasi. Bahkan cuma 10 backlink saja yang ditampilkan. Tetapi lumayanlah ada alternatif tools lain untuk mengecek backlink website.

Step by step cara cek backlink di SEMrush:

  1. Buka halaman https://www.semrush.com/analytics/backlinks/ di web browser kesayangan Anda.
  2. Ketikkan domain atau alamat/url website yang ingin Anda cek backlinknya.
  3. Klik tombol hijau Analyze dan tunggu prosesnya.
  4. Anda akan melihat laporan backlink lengkap dari SEMrush.


Tool cek backlink web paling direkomendasikan

Dari ketiga backlink checker gratis di atas, mana yang paling AneIqbal rekomendasikan? Kami pilih Ahrefs dan tentu ada beberapa alasannya. Pun cukup banyak "mastah" yang merekomendasikannya juga bila dalam hal backlink checker.

Pertama, data yang ditampilkan lebih lengkap dan lebih banyak. Selain itu, backlink yang dimunculkan merupakan backlink topnya. Kedua, secara tampilan dan fungsional lebih nyaman dan informatif dibanding kompetitornya. Masalah ini bisa relatif karena menyangkut sedikit soal selera.

Sebelum beranjak dari sini, cek juga rekomendasi yang lainnya seperti aplikasi meeting online gratis, situs untuk buat logo esport online gratis, dan website guna membuat logo online gratis serta aplikasi pembuat stiker WA.

Jadi itulah dia beberapa tool cek backlink free yang bisa Anda coba. Walaupun report yang ditampilkan sangat terbatas, namun tidak ada salahnya untuk pakai backlink checker gratis ini. Jika sudah sesuai dengan kebutuhan dan cocok, barulah upgrade untuk menikmati full fiturnya.

1 komentar untuk "Rekomendasi 3 Tool Cek Backlink Website Secara Gratis"

  1. Akhirnya saya bisa mengecek backlink blog saya,, dan kebanyakan belum ke index sama google..

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan kalimat yang bijak.