Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sharing Printer di Windows yang Mudah dan Cepat

Cara sharing printer di Windows itu cukup mudah kok. Hanya saja, perlu ketelitian agar langkahnya tidak ada yang terlewat. Karena bila terlewat, maka kemungkinan besar sharing printer akan gagal.

Menjadi sebuah masalah ketika kita ingin mencetak dokumen tetapi printer yang tersedia hanya ada satu dan tidak disharing penggunaannya. 

Sangat tidak efektif jika harus berpindah-pindah tempat untuk mencetak dokumen dengan cabut colok kabel ke printer. Pasti capek banget kalau terus-terusan seperti ini.

Ada sebuah solusi untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Jika di sebuah kantor/ruangan sudah terinstall jaringan LAN, maka satu buah printer dapat digunakan bersama-sama tanpa harus menghubungkan langsung laptop/PC yang kita gunakan dengan printer melalui kabel data. 

Laptop tersebut cukup terkoneksi dengan jaringan LAN yang sama dengan printer tersebut, maka proses mencetak dokumen dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Jadi, bagaimana cara sharing printer melalui jaringan LAN?

Simak juga: cara mengecek ip laptop


Langkah-langkah cara sharing printer

Berikut langkah-langkah yang harus kita lakukan agar bisa menggunakan sharing printer di Windows melalui jaringan LAN.


1. Masuk ke Network and Internet

Kita harus mengaktifkan File and Printer Sharing terlebih dahulu. Caranya cukup mudah. Masuk ke Control Panel, kemudian pilih menu Network and Internet.

cara sharing printer


2. Pilih menu Change advanced sharing settings

Setelah muncul tampilan dari menu Network and Internet, selanjutnya pilih Network and Sharing Center, dan masuk ke menu Change advanced sharing settings.

cara sharing printer

cara sharing printer


3. Mengaktifkan fitur File and Printer Sharing 

Jika sudah masuk ke dalam menu Change advanced sharing settings, kemudian aktifkan File and printer sharing dengan cara memilih Turn on file and printer sharing.

cara sharing printer

Dan jika printer yang akan dishare ingin diakses tanpa harus memasukkan password, maka pilih All Networks untuk melakukan pengaturan lebih lanjut. Kemudian matikan password protected sharing dengan memilih Turn off password protected sharing.

Simak juga: spesifikasi dan harga oppo a52

 

4. Masuk ke Printer properties

Setelah file and printer sharing diaktifkan, sekarang kita bisa melakukan sharing printer. Selanjutnya masuk ke Control Panel kembali pada kategori Hardware and Sound, kemudian pilih Devices and Printers.

Lalu pilih salah satu printer yang akan disharing, kemudian klik kanan dan pilih Printer properties.

cara sharing printer

 

5. Ceklis Share this printer

Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Lalu pilih tab menu Sharing, dan ceklis Share this printer.

cara sharing printer

Setelah semua langkah di atas dilakukan, sekarang printer tersebut sudah dishare dan dapat digunakan oleh PC/laptop lain yang terhubung dalam jaringan LAN yang sama.


6. Akses printer sharing

Adapun untuk mengakses printer yang sudah dishare oleh PC/laptop lain bisa melalui Windows Explorer dengan format penulisan \\IP-PC/Laptop

Sebagai contoh, printer yang ingin kita akses/hubungkan dishare oleh PC dengan IP 192.168.30.81. Maka printer tersebut dapat kita akses di Windows Explorer dengan mengetikkan \\192.168.30.81.

Setelah muncul printer yang dishare tersebut, klik kanan lalu pilih Connect.... Setelah proses connecting selesai dilakukan, maka printer tersebut sudah dapat digunakan. 

cara sharing printer


Untuk mengenali printer tersebut, kita dapat melihat IP Address yang tertera di sampingnya.

cara sharing printer

Nah, jadi begitulah cara sharing printer di Windows melalui jaringan LAN. Semoga setelah membaca ni kamu juga bisa sharing printer secara mandiri.

Posting Komentar untuk "Cara Sharing Printer di Windows yang Mudah dan Cepat"