Cara Sharing Printer di Windows Step by Step

Cara sharing printer di Windows itu cukup mudah kok. Hanya saja, perlu ketelitian agar langkahnya tidak ada yang terlewat. Karena bila terlewat, maka kemungkinan besar sharing printer akan gagal.

Menjadi sebuah masalah ketika kita ingin mencetak dokumen tetapi printer yang tersedia hanya ada satu dan tidak disharing penggunaannya. 

Sangat tidak efektif jika harus berpindah-pindah tempat untuk mencetak dokumen dengan cabut colok kabel ke printer. Pasti capek banget kalau terus-terusan seperti ini.

Ada sebuah solusi untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Jika di sebuah kantor/ruangan sudah terinstall jaringan LAN, maka satu buah printer dapat digunakan bersama-sama tanpa harus menghubungkan langsung laptop/PC yang kita gunakan dengan printer melalui kabel data. 

Laptop tersebut cukup terkoneksi dengan jaringan LAN yang sama dengan printer tersebut, maka proses mencetak dokumen dapat dilakukan dengan sangat mudah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sharing printer adalah proses membagikan daya guna printer agar dapat digunakan secara bersama di lebih dari satu komputer.

Sekadar informasi tambahan, LAN merupakan jaringan yang memiliki ruang lingkup kecil seperti di sebuah kamar atau ruangan. Maka itu disebut dengan lokal. Di samping LAN, ada juga jenis lainnya yang ruang lingkupnya jauh lebih besar. Silakan cek pengertian jaringan WAN untuk selengkapnya.

Jadi, bagaimana langkah atau cara sharing printer lewat LAN ini?

Sebelum AneIqbal membahasnya lebih jauh, silakan cek cara mengecek IP laptop ini karena ada kaitannya dengan panduannya. Cek juga postingan cara mengukur kecepatan internet ini untuk mengetahui speed internet Anda di rumah, di kantor, ataupun di HP.


Langkah-langkah cara sharing printer

Berikut langkah-langkah yang harus kita lakukan agar bisa menggunakan sharing printer di Windows melalui jaringan LAN.

1. Masuk ke Network and Internet

Kita harus mengaktifkan File and Printer Sharing terlebih dahulu. Caranya cukup mudah. Masuk ke Control Panel, kemudian pilih menu Network and Internet.

cara sharing printer


2. Pilih menu Change advanced sharing settings

Setelah muncul tampilan dari menu Network and Internet, selanjutnya pilih Network and Sharing Center, dan masuk ke menu Change advanced sharing settings.

cara sharing printer windows 10

cara sharing printer dengan ip address


3. Mengaktifkan fitur File and Printer Sharing 

Jika sudah masuk ke dalam menu Change advanced sharing settings, kemudian aktifkan File and printer sharing dengan cara memilih Turn on file and printer sharing.

langkah langkah sharing printer

Dan jika printer yang akan dishare ingin diakses tanpa harus memasukkan password, maka pilih All Networks untuk melakukan pengaturan lebih lanjut. Kemudian matikan password protected sharing dengan memilih Turn off password protected sharing.

 

4. Masuk ke Printer properties

Setelah file and printer sharing diaktifkan, sekarang kita bisa melakukan sharing printer. Selanjutnya masuk ke Control Panel kembali pada kategori Hardware and Sound, kemudian pilih Devices and Printers.

Lalu pilih salah satu printer yang akan disharing, kemudian klik kanan dan pilih Printer properties.

printer lan

 

5. Ceklis Share this printer

Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Lalu pilih tab menu Sharing, dan ceklis Share this printer.

cara sharing printer lewat lan

Setelah semua langkah di atas dilakukan, sekarang printer tersebut sudah dishare dan dapat digunakan oleh PC/laptop lain yang terhubung dalam jaringan LAN yang sama.


6. Akses printer sharing

Adapun untuk mengakses printer yang sudah dishare oleh PC/laptop lain bisa melalui Windows Explorer dengan format penulisan \\IP-PC/Laptop

Sebagai contoh, printer yang ingin kita akses/hubungkan dishare oleh PC dengan IP 192.168.30.81. Maka printer tersebut dapat kita akses di Windows Explorer dengan mengetikkan \\192.168.30.81.

Setelah muncul printer yang dishare tersebut, klik kanan lalu pilih Connect.... Setelah proses connecting selesai dilakukan, maka printer tersebut sudah dapat digunakan. 

share printer via lan


Untuk mengenali printer tersebut, kita dapat melihat IP Address yang tertera di sampingnya.

lan printer sharing

Langkah-langkah sharing printer di atas cukup mudah untuk diikuti bukan? Agar dapat lebih memahami dan menguasai caranya, sebaiknya segera coba praktikkan langsung secara sendiri di kantor ataupun di rumah.

Share printer via LAN ini merupakan skill yang masih sangat diperlukan di dunia kerja. Di samping itu, dengan sharing printer tentu akan lebih menghemat biaya operasional karena tidak perlu membeli banyak printer untuk banyak pengguna.

Skill lain yang dibutuhkan terutama bagi Anda yang memasang internet Telkom yaitu cara ganti password wifi indihome di rumah ataupun di kantor. Dan jika Anda ingin lebih leluasa dalam memanage dan memonitoring internetnya, silakan cek cara setting mikrotik Indihome untuk melihat seperti apa prosesnya.