Cara Mengecek IP Laptop di Windows dan Linux

Cara mengecek IP laptop penting juga lho untuk diketahui. Bisa dibilang, ini hal dasar yang perlu dikuasai jika Anda sudah menggunakan komputer. Tenang aja, caranya mudah kok. Anda pasti langsung bisa sekali coba.

Sebelum membahas ke cara melihat IP address laptop, alangkah lebih baik mengetahui dulu apa itu IP. Lebih tepatnya sih IP address. IP sendiri merupakan singkatan dari Internet Protocol.

Setiap perangkat yang terhubung ke sebuah jaringan akan mendapatkan deretan angka unik yang berfungsi untuk melakukan komunikasi. Jadi, laptop, handphone, tablet, atau bahkan printer akan mendapatkan sebuah IP address jika dihubungkan ke jaringan seperti Wifi atau Access Point.

Kenapa deretan angka unik? Karena, angkanya acak (bisa diatur sendiri juga) dan setiap perangkat sudah pasti berbeda. Misalnya, laptop punya IP sendiri, HP punya IP sendiri, Tablet juga punya HP sendiri.

IP memungkinkan semua perangkat tadi dapat berkomunikasi. Dengan catatan, terhubung ke satu jaringan yang sama. Contohnya dengan melakukan ping. 

Agar bisa melakukan ping, perlu diketahui dulu IP mana yang ingin dikirimi paket komunikasi. Secara singkat, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek IP laptop.

Sebelum masuk ke pembahasan inti, AneIqbal merekomendasikan postingan cara ganti password wifi Indihome ini bagi Anda yang memasang internet Indihome di rumah maupun kantor. Tanpa harus memanggil teknis, Anda pun sudah bisa menggantinya.

Kemudian cek juga postingan mikrotik Indihome ini bila Anda ingin lebih memanagenya lebih mendalam sekaligus memonitornya. Tentu Anda perlu membeli perangkat mikrotik di toko online favorit Anda sebab perangkat tersebut tidak disediakan oleh Indihome.

Pastikan juga untuk melihat cara mengukur kecepatan internet ini untuk memastikan kecepatan paket Internet yang Anda pilih sudah sesuai. Ohiya, cek juga bagaimana cara kerja DNS server yang juga dikenal dengan www.


Cara mengecek IP laptop di Windows

Untuk mengecek IP address laptop khususnya berbasis Windows, setidaknya ada 3 caranya, yaitu:

  1. Melalui aplikasi Command Prompt
  2. Melalui Control Panel
  3. Melalui Network & Internet settings

Tenang, nanti akan didetailkan juga cara-caranya. Ini sebagai gambaran besarnya dulu. 

Dari ketiganya, cara paling tercepat mengecek IP laptop yakni melalui aplikasi Command Prompt. Berikut pembahasan detail caranya.

 

Cara mengecek IP laptop Windows melalui Command Prompt

  1. Buka aplikasi Command Prompt. Untuk membukanya, banyak sekali jalannya. Bisa melalui Run dan bisa melalui search Start dengan mengetik "cmd".
  2. Setelah Command Prompt terbuka, ketikkan "ipconfig" kemudian tekan tombol Enter.

    cara mengecek ip laptop

  3. Command Prompt akan menampilkan IP addressnya.

    cara melihat ip address laptop

 

Cara mengecek IP laptop Windows melalui Control Panel

  1. Buka Control Panel. Untuk membukanya juga bisa dilakukan berbagai cara. Cara termudah dengan klik tombol Start kemudian ketikkan "control" maka akan muncul pada rekomendasi.
  2. Setelah terbuka, klik menu Network and Internet dan dilanjutkan dengan mengklik menu Network and Sharing Center.
  3. Lalu klik tombol tepat di sebelah kata Connections: yang berada di bagian View your active networks. Setelah diklik akan terbuka popup yang menampilkan status internet.
  4. Klik Details... untuk mengecek IP address yang digunakan.

    cara cek ip address laptop

 

Cara mengecek IP laptop Windows melalui Network & Internet settings

  1. Klik kanan ikon wifi/komputer pada taskbar. Ikonnya bisa berbeda tergantung kamu menggunakan internet dengan wifi atau LAN.
  2. Setelah klik kanan, akan muncul dua opsi Troubleshoot problems dan Open Network & Internet settings. Klik opsi kedua dan akan terbuka tampilan Network status.
  3. Klik View your network properties. Terbuka tampilan berbagai informasi jaringan laptop.

    cek ip komputer sendiri

  4. Kemudian scroll sampai ke bagian mode internet kamu, bisa Wifi bisa LAN.

    cara mengetahui ip laptop sendiri

Nah simpel kan caranya? Tinggal pilih mana menurutmu yang paling cepat buat kamu lakukan. Tapi memang cara pertama sepertinya lebih cepat dibanding 2 cara lainnya.

 

Cara cek IP di Linux

Sekarang kamu sudah mengetahui cara mengecek ip laptop Windows. Windows memang digunakan banyak orang di dunia. Bahkan ada sebutan khususnya, "OS sejuta umat". OS yang memang cocok untuk kegiatan sehari-hari dan operasional.

Tetapi jangan lupakan OS Linux juga. Karena bisa saja kamu akan menggunakannya di tempat kerjamu. Mereka yang bekerja di dunia IT terutama programmer, support, dan network pasti akan berhadapan langsung dengan Linux.

Linux terkenal dengan bebas virusnya. Banyak sekali varian Linux yang sudah beredar seperti Debian, Ubuntu, CentOS, redhat, Kalilinux, dan masih banyak lagi.

Di dunia profesional, Linux jarang sekali digunakan untuk kegiatan operasional. Linux lebih dikhusukan untuk kebutuhan server. Beragam pertimbangannya dan yang paling utama karena keamanannya.

Oleh sebab itu, minimal tahu bagaimana cara mengecek IP laptop yang berbasiskan Linux. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Terminal. Ini mirip Command Promptnya Windows.
  2. Setelah terbuka, ketikkan "ifconfig" kemudian tekan tombol Enter.
  3. IP address akan terlihat.

Sesederhana itu memang bila menggunakan Terminal. Di semua distro Linux pasti ada Terminal sehingga cara ini berlaku secara global.

Bagaimana dengan GUInya atau secara grafisnya? Bisa berbeda tiap distronya dan akan terlalu panjang jika harus ditulis di sini. 

Jadi, begitulah cara mengetahui IP laptop sendiri yang bisa Anda coba langsung praktikkan. Sementara untuk cara cek IP address di Linux, kurang lebih hampir sama dengan Windows yang melalui command prompt. 

Jika Anda sudah bisa cek IP di laptop, maka Anda bisa mencoba untuk sharing printer yang panduannya bisa Anda lihat di cara sharing printer ini. Sharing printer dapat meningkatkan efisiensi karena tidak perlu membeli unit baru lagi.