Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Spesifikasi Hosting yang Tepat untuk Toko Online

cara menentukan spesifikasi hosting

 

Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Toko Online

Hosting adalah salah satu bagian penting dalam membuat toko online. Begitu juga dengan domain. Itulah kenapa, saat berencana membuatnya, kita harus cek domain hosting terlebih dahulu.

Ada cukup banyak pilihan paket hosting yang tersedia. Masing-masing paket biasanya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk kebutuhan toko online, sebaiknya Anda pilih paket khusus yang sesuai kebutuhan. Nah, berikut kami jelaskan spesifikasinya agar tidak salah memilih:

1. Kualitas Server

Kualitas server adalah hal yang perlu dipertimbangkan di awal. Pastikan Anda memilih penyedia hosting dengan spesifikasi server yang bagus. Untuk menilainya, perhatikan beberapa aspek seperti RAM, harddisk, hingga network speed.

Ketahui juga di mana server penyedia hosting tersebut berada. Jika target pasar toko online Anda di Indonesia, maka pilihlah penyedia hosting yang memiliki server di Indonesia. Tujuannya agar kecepatan servernya optimal.

 

2. Perhatikan Harga, Paket, dan Sesuaikan dengan Budget

Mahal atau tidaknya sebuah layanan adalah hal yang relatif. Pasalnya, bisa saja harganya mahal, tapi spesifikasinya tinggi. Atau, harganya murah karena spesifikasinya rendah. Semua tergantung dari kebutuhan, dan pintar-pintar Anda dalam melakukan perbandingan harga.

Baca juga: Cara Memilih Shared Hosting Indonesia untuk Bisnis Online

Terkait harga, Anda bisa menyesuaikan layanan hosting dengan budget. Karena umumnya, akan ada banyak pilihan. Untuk pemula, pilihan paket dengan spesifikasi biasa bisa menjadi solusi. Karena, website tidak perlu spesifikasi tinggi di awal.


3. Menyediakan Fitur Backup Data

Backup data adalah solusi jika terjadi suatu permasalahan serius pada website. Pasalnya, tidak ada yang tahu masalah apa yang akan terjadi pada website Anda di kemudian hari. Misalnya seperti, website yang tiba-tiba crash dan sulit diakses. Atau, terjadi serangan hacker pada website Anda.

Itulah kenapa, fitur backup data sangat dibutuhkan sekali. Tujuannya untuk melindungi data penting website yang berpotensi hilang. Dengan fitur ini, semua data yang hilang bisa dikembalikan lagi.

Jika suatu saat terjadi kehilangan, Anda bisa menghubungi pihak penyedia layanan terkait. Mintalah pihak penyedia untuk melakukan pengembalian data dengan menggunakan fitur tersebut. 

Fitur backup data ini, juga mampu me-restore data dalam waktu yang terbilang cepat. Jadi, pastikan penyedia layanan memiliki fitur tersebut, ya.


4. Perhatikan Detail Bandwidth dan Disk Space

Seperti yang kami jelaskan di atas, hosting adalah tempat untuk menyimpan data website. Itulah kenapa, Anda harus memerhatikan disk space yang ditawarkan. Untuk kebutuhan toko online, pastikan jumlah disk space-nya cukup besar. Pasalnya akan memuat gambar dan data yang terbilang besar juga.

Semakin besar disk space yang dipilih, akan semakin baik. Dengan begitu, katalog produk yang Anda upload pun bisa semakin beragam dan banyak.

Baca juga: Cara Sharing Printer di Windows yang Mudah dan Cepat

Begitu juga dengan pilihan nilai bandwidth yang Anda tentukan. Bandwidth sendiri yaitu jumlah besaran pertukaran data yang terjadi pada hosting Anda. Jika kapasitas bandwith lebih kecil dari pertukaran data, maka website Anda akan berpotensi ter-suspend.

Solusi untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan memilih paket disk space dan bandwidth unlimited.


5. Perhatikan Hosting Uptime

Hosting time adalah hal penting berikutnya yang harus diperhatikan saat memilih hosting untuk toko online. Pasalnya, hosting uptime berperan sebagai parameter dari daya operasi server yang diukur dalam bentuk persen.

Banyak reseller hosting murah yang saat ini menyediakan hosting uptime yang optimal. Hosting uptime sangat penting, karena persentase uptime tersebut dapat menjadi parameter yang menunjukkan seberapa sering server mengalami down.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis di Google Terbaru

Kita ambil contoh misalnya, suatu web hosting memiliki uptime dengan nilai 99,5%. Dari nilai tersebut, maka kemungkinan server down adalah 0,05% x 30 hari x 24 jam x 60 menit = 21,6 menit setiap bulannya.

Pilihlah layanan reseller hosting murah yang memiliki hosting uptime dengan nilai persentase tinggi. Karena, semakin tinggi persentasenya, semakin kecil peluang down atau gangguan yang terjadi.

Gangguan pada website akan mengganggu bisnis Anda. Bayangkan jika gangguan tersebut terjadi secara terus menerus? Hal tersebut tentu akan membuat bisnis Anda rugi besar.


6. Pilih Layanan Bergaransi

Saat ini ada cukup banyak penyedia hosting yang menawarkan layanan bergaransi bagi para customer. Bahkan, tidak sedikit yang menawarkan garansi uang kembali bagi para customer-nya.

Jika Anda merasa tidak cocok dengan layanan terkait, Anda bisa mengklaim garansinya secara langsung. Selain menawarkan keuntungan, garansi juga merupakan bukti bahwa penyedia layanan peduli pada kepuasan customer.

Baca juga: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Lengkap dengan Gambar

Akan tetapi, mengetahui garansi uang kembali tidaklah cukup. Anda juga harus mengetahui syarat dan ketentuannya. Ada beberapa poin yang harus diperhatikan terkait syarat dan ketentuannya.

Adapun poin-poinnya seperti, bagaimana sistem pengembalian uang Anda, berapa lama uang dikembalikan, dan apakah ada batasan nominal pengembalian uang atau tidak?


5 Kelebihan Web Hosting untuk Bisnis Online

Saat ini, banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat toko online gratis. Namun tahukah Anda, bahwa web hosting memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki platform gratisan manapun. Ingin tahu apa kelebihannya? Yuk, langsung intip penjelasannya berikut ini:

1. Berpeluang Masuk Ke Peringkat Teratas Mesin Pencari

Jika website Anda sudah menguasai mesin pencari, tingkat penjualan pun akan semakin tinggi. Pasalnya, website yang memuncaki peringkat atas di Google, berpotensi mendatangkan trafik yang sangat tinggi.

Namun, tentu saja hal tersebut harus disertai dengan usaha dalam mengoptimalkannya. Misalnya melengkapi website dengan blog. Kemudian, buat konten artikel dengan tema yang relevan. Lalu, optimalkan juga dengan SEO.


2. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Toko online berpotensi menduduki peringkat yang baik di mesin pencari. Itu artinya, jangkauan pasarnya pun akan semakin luas. Terlebih pengguna mesin pencari, khususnya Google di Indonesia bisa dikatakan sangat banyak. Bahkan, Google juga sering digunakan untuk mencari informasi produk maupun layanan.

Baca juga: Cara Mengukur Kecepatan Internet di HP dan Laptop

Seiring dengan peningkatan trafik di mesin pencari, website Anda pun akan memiliki kualitas yang lebih baik di mata Google. Semakin luas jangkauan pasar Anda, semakin besar juga peluang Anda untuk mendapatkan untung besar.


3. Strategi Pemasaran Lebih Canggih dan Optimal

Website adalah langkah sukses untuk membawa bisnis Anda menjadi lebih besar. Anda bisa mengkolaborasikannya dengan media sosial untuk mengoptimalkan strategi digital marketing. Pasalnya, bisnis di media sosial hanya mencakup kalangan-kalangan pengguna medsos saja.

Selain itu, ada banyak strategi lain yang bisa Anda aplikasikan. Misalnya seperti mengoptimalkan kata kunci, SEO, memanfaatkan tools digital marketing pada platform, dan lain sebagainya.


4. Bisnis yang Dijalankan Menjadi Lebih Lancar

Web hosting memiliki kelebihan pada sistem manajerial yang tidak ribet. Sangat mudah sekali digunakan, khususnya untuk kebutuhan bisnis. Selain itu, tersedia juga banyak menu dan fitur yang Anda butuhkan dalam digital marketing.

Anda cukup menyewa atau membeli web hosting secara teratur. Kemudian, memaksimalkan semua fitur-fitur yang dimilikinya untuk berbisnis.

Baca juga: Cara Melacak Android yang Hilang dengan Google Find My Device

Demikian informasi seputar memilih spesifikasi hosting yang tepat untuk bisnis online. Bagaimana, Anda tertarik? Yuk, segera cek domain hosting di penyedia layanan yang kredibel, sekarang juga.

Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Spesifikasi Hosting yang Tepat untuk Toko Online"