Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Wordpress di cPanel - Panduan Detail dan Lengkap dengan Gambar

Banyak yang sudah tahu. Namun, banyak juga yang belum tahu cara install Wordpress di cPanel. Kalau kamu belum tahu, artikel ini akan memandumu sampai bisa. Jadi, jangan beranjak kemana-mana dulu.

Siapa yang nggak kenal Wordpress saat ini. Warga seantero dunia yang berkecimpung di dunia blogger dan perkontenan pasti kenal. Bahkan, sudah seperti makanan sehari-hari bagi mereka.

Wordpress merupakan platform CMS alias content management system yang paling populer dan banyak digunakan. Proses install, penggunaan, optimasi, dan settingnya yang mudah menjadikannya difavoritkan banyak orang. Template-templatenya pun tak kalah bagus.

Sampai pada akhirnya, Wordpress menjadi salah satu fitur yang tersedia di cPanel. Instalasi Wordpress menjadi sangat mudah karena cukup klak-klik saja.

Seperti yang sudah dijanjikan di awal, kamu yang belum tahu cara install Wordpress di cPanel bisa mengikuti panduan ini sampai akhir. Panduan dibuat secara jelas dan detail disertai gambar pendukung.

 

Cara Install Wordpress di cPanel

Berikut langkah-langkahnya.

 

1. Login ke cPanel

Pertama sudah pasti harus login ke cPanel dulu. Detail informasi akun dan cara login biasanya dikirimkan oleh pihak hosting melalui email.

Simak juga: cara beli domain

Simpan baik-baik email tersebut dan jangan sampai terhapus. Repot kalau sampai tidak ada.


2. Scroll ke paling bawah cPanel

Setelah berhasil masuk cPanel, langsung scroll sampai ke paling bawah halaman. Di bawah biasanya ada menu untuk melakukan install aplikasi seperti Wordpress, Joomla, Laravel, dan lain sebagainya.

Nama menunya adalah INSTANT DEPLOY APPS. Mungkin saja ada sedikit perbedaan di cPanel kamu. Intinya, tampilannya seperti berikut.

cara install wordpress di cpanel

3. Klik aplikasi Wordpress

Ketika sudah di bawah cPanel, kamu akan melihat berbagai aplikasi yang bisa diinstall. Seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Langsung tuju ke Wordpress dan klik ikonnya. Setelah itu akan terbuka halaman baru.

Simak juga: cek backlink website


4. Klik tombol Install

Di halaman baru ini, kamu akan melihat informasi Wordpress secara umum termasuk versinya. Ada tombol Install berwarna biru juga.

Untuk memulai instalasi Wordpress di cPanel, klik tombol biru tersebut. 

cara install wordpress di cpanel

5. Lengkapi form isian

Setelah mengklik tombol biru Install, kamu akan dihadapkan dengan tampilan Software Setup yang berisi form inputan. Form inputan ini harus kamu lengkapi karena sangat diperlukan untuk kebutuhan instalasi Wordpress.

Pertama, pilih versi Wordpress yang ingin kamu gunakan. Ini biarkan default saja atau sesuai bawaan. Tidak perlu hal-hal khusus.

Kedua, tentukan lokasi instalasi Wordpress. Jika ingin berada di root domain (menjadi https://domainku.com & https://domainku.com/wp-admin), maka biarkan kosong isian in Directory. 

Bila ingin di folder tertentu, jangan kosongkan isian tersebut. Berikut contohnya.

cara install wordpress di cpanel

Ketiga, ganti isian Site Settings sesuai dengan keinginanmu. Ada nama situs (site name), deskripsi situs (site description). Untuk awalan, Enable Multiple (WMPU) dibiarkan saja dulu.

Selanjutnya, isi Admin Account. Akun ini digunakan untuk login ke panel Wordpress nantinya (panel wp-admin). Isi dengan sesuatu yang mudah diingat. Bisa juga dengan yang rumit tetapi jangan lupa untuk dicatat.

cara install wordpress di cpanel

 

Kemudian, pilih bahasa yang ingin digunakan dan plugin yang ingin langsung diinstall juga. Plugin merupakan aplikasi kecil tambahan atau add-on Wordpress yang berguna untuk menunjang fungsionalitas Wordpress itu sendiri.

Di awal, ada 2 plugin yang ditawarkan, yakni Limit Login Attempts (Loginizer) dan Classic Editor. Loginizer berfungsi untuk membatasi jumlah kesalahan login sehingga dapat memblock seseorang yang sedang mencoba-coba untuk login.

Classic Editor adalah plugin yang digunakan untuk mengembalikan editor Wordpress terbaru ke versi lama. Sehingga terdapat 2 tampilan editor yakni baru dan lama.

Wordpress terbaru menggunakan edtior terbaru yang mungkin belum cocok bagi sebagian besar penggunanya. Oleh sebab itu, plugin itu dihadirkan. 

Sampai sini isian sudah lengkap. Pastikan kembali agar sudah sesuai dengan yang kamu mau. 

Simak juga: cara screenshot laptop windows 10


6. Klik tombol Install

Form isian sudah dicek dan dipastikan sudah sesuai dengan yang dimau, barulah ke langkah berikutnya. Klik tombol Install untuk memulai proses instalasi.

Kamu juga bisa mengirimkan detail informasi instalasi seperti Admin Account dan URL yang digunakan melalui email dengan mengisi bagian Email installation details to:.

cara install wordpress di cpanel

Tunggu sampai proses selesai.

cara install wordpress di cpanel


Jika sudah selesai, kamu sudah bisa mengakses situs Wordpress barumu dengan informasi URL yang sudah kamu atur sebelumnya.

cara install wordpress di cpanel


7. Buka situs Wordpressnya

Setelah selesai instalasi, situs beserta panel Wordpressnya sudah siap diakses. Untuk panelnya, biasanya menggunakan tambahan /wp-admin di belakang domainnya. Kamu bisa login dengan akun yang sudah kamu set sebelumnya.

cara install wordpress di cpanel

cara install wordpress di cpanel

Selamat! Sekarang kamu sudah tahu dan bisa cara install Wordpress di cPanel. Kalau sudah kamu kuasai, kamu sudah bisa membuat banyak situs dengan Wordpress.

Posting Komentar untuk "Cara Install Wordpress di cPanel - Panduan Detail dan Lengkap dengan Gambar"