Cara Mengubah Kuota 4G Menjadi 3G Telkomsel

cara mengubah kuota 4g menjadi 3g telkomsel

Sayang rasanya kalau ada paketan 4G tapi HP belum support. Jadinya ya wajib tahu cara mengubah kuota 4G menjadi 3G Telkomsel. Sayang banget kan kalau kuotanya nggak terpakai.

Tapi pertanyaannya, apakah bisa mengubah jaringan kuotanya? Jawabannya tidak bisa.

Sebelum membahasnya lebih jauh, ada beberapa rekomendasi postingan dari AneIqbal yang mungkin Anda butuh. Bagi Anda yang ingin printernya digunakan secara bersama guna efisiensi, Anda bisa cek cara sharing printer ini.

Jika Anda merupakan pengguna Indosat, menyimpan postingan cara mengetahui nomor HP Indosat ini mungkin akan membantu sewaktu-waktu. Lupa nomor HP sendiri memang kerap kali terjadi dan cukup merepotkan.

Lalu, untuk Anda yang memasang internet Indihome di rumah ataupun kantor, postingan cara ganti password wifi Indihome ini wajib Anda ketahui dan juga kuasai. Sehingga, Anda bisa menggantinya kapanpun tanpa harus memanggil teknisi untuk datang. Kembali ke topik pembahasan tadi.

Ada perbedaan frekuensi jaringan antara 4G dan 3G. Perbedaan frekuensi ini berpengaruh kepada perangkat penerimanya. Sehingga, bila HP hanya menangkap maksimal jaringan 3G, maka kuota yang terpakai untuk jaringan internet juga 3G. Meskipun ada kuota 4G.

Beberapa operator sudah memisahkan jenis kuotanya menjadi 4G dan 3G. Karena berkaitan dengan layanan yang diberikan juga. Ada layanan yang hanya support sinyal 4G. Ada juga layanan yang cukup dengan sinyal 3G.

Mau tidak mau perlu perangkat yang support sinyal 4G juga. HP memang sudah banyak yang support 4G, bahkan 5G juga sudah ada. Tapi, masa harus beli HP supaya bisa pakai kuota 4Gnya?


Lantas, gimana solusi cara mengubah kuota 4G menjadi 3G Telkomsel? 

Solusinya adalah dengan menggunakan modem 4G yang basisnya SIM Card. Modem ini bisa dimasukkan kartu perdana/SIM Card untuk internetan. Sudah banyak kok yang jual online.

Misalnya di Tokopedia dengan kata kunci pencarian "modem wifi 4g".

cara mengubah kuota 4g menjadi 3g telkomsel

Bentuk modemnya juga beragam. Ada yang model USB. Ada juga yang model adapter (punya colokan sendiri). Harganya juga bervariasi mulai dari Rp 290 ribu sampai Rp 800 ribu.

Setelah modem 4Gnya tersedia, masukkan SIM Card Telkomsel yang berisi kuota 4G ke modem. Nyalakan modem dan perlu setup beberapa hal dulu.

Standar setupnya adalah mengganti nama wifi dan passwordnya. Letak dan nama menu bisa berbeda-beda tiap produknya.

Kemudian, koneksikan HP ke wifi tadi. Selamat! Kuota 4G berhasil diselamatkan karena dapat terpakai. Walaupun HP belum support 4G.


Apakah ada solusi lain yang tanpa modal?

Ada. Coba pinjam saja ke keluarga atau tetangga yang HPnya sudah support 4G. Masukkan SIM Cardnya ke sana. Lalu dithetering/dijadikan wifi.

Semuanya untung. Pemilik HP bisa internetan gratis karena tidak menggunakan kuotanya. Kita yang pemilik SIM Card Telkomsel kuota 4G jadi bisa juga internetan. Kuota tidak terbuang percuma.