Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Trello di Laptop dan Android

cara menggunakan trello

Mengapa perlu mengetahui cara menggunakan Trello baik di laptop maupun Android? Sebab, Trello dapat membantu mengatur segala hal di sekitar kita seperti project yang sedang dikerjakan, to-do list, jadwal kegiatan, dan masih banyak hal lainnya yang bisa diatur di Trello.


Daftar Isi (klik untuk lompat)


Dalam website resminya, tertulis "Trello is the easy, free, flexible, and visual way to manage your projects and organize anything, trusted by millions of people from all over the world." Benar. Trello sudah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Cara penggunaannya yang mudah, tampilannya yang simpel namun informatif, fitur-fiturnya yang keren, dan terlebih lagi tidak dipungut biaya apapun, menjadi faktor penting mengapa Trello populer di dunia. Memang tersedia juga versi Business Class dan Enterprise, namun versi gratisnya dirasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Trello tersedia dalam dua platform, desktop dan mobile dan keduanya tersinkronisasi dengan baik. Jadi dapat dengan bebas menggunakan platform mana saja.

Trello versi desktop dapat diakses melalui website https://trello.com, bukan dalam bentuk aplikasi desktop melainkan berbasis web. Sementara untuk mobilenya, tersedia di Google Play Store dan App Store. 

Sebelum menggunakan Trello, perlu membuat akun terlebih dahulu. Namun, Trello juga menyediakan login dengan akun Google, Microsoft, dan Apple bila dirasa tidak ingin membuat akun. Setelah itu, barulah bisa membuat Teams, Boards, Lists, dan Cards

Teams dapat diartikan sebagai nama project. Boards adalah sekumpulan to-do atau hal yang berkaitan dengan project. Lists adalah to-do atau daftar pengelompokkan kegiatan. Sementara Cards, dapat diartikan sebagai detail kegiatan dari Lists.

 

Cara Menggunakan Trello di Laptop

Berikut langkah-langkah menggunakan Trello di Laptop, mulai dari Log In dan Sign Up sampai membuat Card.
  1. Buka aplikasi web browser terlebih dahulu, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.
  2. Kemudian ketik atau copas link https://trello.com/ di address bar (kotak search panjang di paling atas).
  3. Klik Log In bila sudah memiliki akun. (Jika belum, klik Sign Up untuk membuat akun terlebih dahulu dan lanjut ikuti langkah nomor 6 atau bisa login menggunakan akun Google, Microsoft, atau Apple).
  4. Masukkan Email pada halaman login kemudian klik tombol hijau Log in with Atlassian.
  5. Masukkan Password pada kolom yang tersedia lalu klik tombol biru Log in. Proses login akan berlangsung.


  6. Jika belum memiliki akun, klik Sign Up kemudian masukkan Email dan klik Continue. Selanjutnya akan diminta memasukkan nama dan password. Terakhir, klik tombol hijau Sign Up. Lanjut ke langkah nomor 3 untuk Log In.
  7. Saat pertama kali log in, diminta untuk membuat tim terlebih dahulu. Isi Name your team dan pilih Choose your team type. Kemudian klik tombol biru Continue.
  8. Selanjutnya, karena kali pertama, akan ada pilihan Free Team dan Business  Class Team. Di sini, klik pada tombol abu-abu Start without Business Class (paling bawah).


  9. Kemudian klik Let's go! dan selanjutnya adalah membuat Boards.
  10. Klik Create new board pada bagian Personal Boards. Berikan nama boardnya lalu kemudian klik tombol hijau Create Board. Board berhasil dibuat dan selanjutnya membuat Cards.



  11. Posisi saat ini berada di dalam Board yang sebelumnya sudah dibuat. Ketik apapun pada Enter a title for this card... untuk memberi nama cardnya. Lalu klik tombol hijau Add Card. Card berhasil ditambahkan.


  12. Klik pada card untuk menulis apapun, memberi ceklis, label, due date, atau file lampiran dan bisa juga mengganti cover cardnya.


  13. Selamat bereksplorasi dengan Trello.

Simak juga: cara menggunakan aplikasi cisco webex meeting

 

Cara Install Trello di Android

Berikut langkah-langkah menginstall Trello di Android.

  1. Buka aplikasi Google Play Store terlebih dahulu.
  2. Ketik trello pada kotak pencarian yang letaknya di paling atas.
  3. Terbuka halaman Trello: Organize anything with a.... Kemudian klik tombol hijau Install.


  4. Tunggu hingga download dan proses install selesai. Aplikasi Trello siap digunakan.

Simak juga: cara mendownload video di youtube di laptop

 

Cara Menggunakan Trello di Android

Berikut langkah-langkah menggunakan Trello di Android mulai dari Log In sampai membuat Card.

  1. Buka aplikasi Trello di Android.
  2. Klik/tap tombol hijau Sign up untuk membuat akun jika belum memiliknya. Klik/tap tombol hijau Log in bila sudah memiliki akunnya.


  3. Setelah mengklik/tap Log in, pilih browser pada Choose a Browser App. Misalnya, browser Google Chrome. Kemudian akan muncul tampilan Log in.
  4. Masukkan Email kemudian klik/tap tombol biru Continue yang dilanjutkan dengan mengetikkan Password. Lalu, klik/tap Log in. Setelah masuk, akan tampil halaman Boards. Mulai dari sini, sudah bisa untuk bereksplorasi aplikasi Trello di Android.



  5. Untuk menambahkan board, caranya, klik/tap pada tombol hijau + kemudian klik/tap pada Board. Terbuka halaman Create Board. Lalu, isikan Board name, pilih Teamnya, dan Visibilitynya. Terakhir, klik/tap tombol ikon ceklis/centang pada pojok kanan atas.


  6. Untuk menambahkan card, klik/tap pada tombol hijau + kemudian klik/tap pada Card. Terbuka halaman Add Card, pilih Boardnya, pilih juga Listnya, lalu isikan Card name dan Descriptionnya. Bisa juga menambahkan member lain dan due datenya.
  7. Selamat bereksplorasi.

Itulah cara menggunakan Trello di Android dan juga laptop. Secara keseluruhan, rasanya tidak sulit untuk menggunakannya. Cukup simpel dan informatif. Mungkin hanya perlu pembiasaan saja. Pada intinya, Trello membantu dalam mengatur dan pengorganisir project-project yang ada.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Trello di Laptop dan Android"