Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop dengan Bluetooth

cara memindahkan foto dari hp ke laptop dengan bluetooth
 

Ada syarat agar dapat mengikuti cara memindahkan foto dari HP ke laptop dengan bluetooth. Tepat sekali. Selain HP, laptop harus memiliki bluetooth juga.

Semua HP di zaman sekarang pastinya sudah dilengkapi fitur bluetooth. Rasanya malah aneh bila tidak ada bluetoothnya. Bagaimana dengan laptop?

Tidak dipungkiri bahwa tidak semua laptop sudah dilengkapi bluetooth secara bawaan. Solusi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan bluetooth eksternal. 

Sudah banyak juga yang menjual bluetooth eksternal dengan colokan USB. Harganya bervariasi antara puluhan sampai ratusan ribu.

cara memindahkan foto dari hp ke laptop lewat bluetooth
bluetooth eksternal yang dijual di ecommerce
 

Baik. Jadi setelah laptop sudah dilengkapi bluetooth, baik itu bluetooth bawaan maupun bluetooth eksternal, sudah bisa lanjut ke langkah berikutnya. Walaupun berbeda jenis bluetoothnya, caranya sama. Bila bluetooth sudah terpasang di laptop, ikon bluetooth ini akan muncul pada kumpulan ikon di Taskbar.

cara memindahkan foto dari hp ke laptop menggunakan bluetooth
bluetooth ikon pada taskbar Windows 10


Langkah-langkah cara memindahkan foto dari HP ke laptop dengan bluetooth

1. Buka bluetooth laptopnya

Untuk membuka bluetooth di laptop, klik kanan pada ikon bluetooth tadi, kemudian pilih Receive a file.Terbuka tampilan Waiting for a connection

cara memindahkan file dari handphone ke laptop
Klik Receive a file untuk menerima file

cara memindahkan foto ke laptop menggunakan bluetooth
Bluetooth laptop dalam posisi standby menerima file transfer

Bila sudah sampai sini, artinya bluetooth laptop sudah siap untuk menerima kiriman file dari HP. Selanjutnya, beralih ke HP untuk memilih foto yang ingin dipindahkan ke laptop.

Simak juga panduan AneIqbal yang lainnya, di antaranya; cara rename file banyak dengan cepatcara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca dengan cmd, dan cara merestart laptop.


2. Pilih foto yang mau dipindahkan

Setelah memastikan bluetooth di laptop sudah dalam posisi standby, langkah selanjutnya adalah memilih foto yang ingin dipindahkan ke laptop.

Biasanya, untuk memilah-milih ini menggunakan aplikasi galeri bawaan, Google Photos, atau sejenisnya. Intinya tempat di mana sering melihat-lihat foto.

Pada contoh kasus ini, aplikasi yang digunakan untuk menjelajah/browser foto adalah Google Photos. Jika sudah ditentukan, beralih ke langkah selanjutnya.

 

3. Share fotonya lewat bluetooth ke laptop

Cara pada umumnya adalah dengan men-tap/mengklik pada fotonya dan tahan sebentar sampai ikon share (ikon titik tiga dengan garis bersambung) muncul. Bila sudah muncul, klik/tap ikon tersebut.

cara mengirim foto dari hp ke laptop lewat bluetooth
bentuk ikon share

Muncul berbagai cara untuk share foto tersebut seperti upload ke Google Drive, ke WhatsApp seseorang, ataupun Instagram dan tentu saja yang dipilih adalah Bluetooth. HP akan meminta untuk turn on bluetooth bila masih dalam keadaan off.

cara memindahkan foto dari hp ke komputer dengan bluetooth
share foto lewat bluetooth

cara memindahkan file dari hp ke laptop dengan bluetooth
turn on bluetooth
 

Lalu, bluetooth akan memperlihatkan daftar perangkat di sekitar yang aktif bluetoothnya. Klik/tap pada nama bluetooth yang digunakan pada laptop dan biasanya sesuai dengan Computer name.

cara memindahkan foto dari hp ke laptop lewat bluetooth
nama bluetooth laptop
 

Dan bisa saja nama bluetooth tidak sama dengan Computer name. Mungkin juga tertera namanya pada bungkus bluetooth eksternal. Tinggal disesuaikan saja. Setelah itu, proses pemindahan file akan berlangsung.

Simak juga rekomendasi postingan kami yang lainnya seperti; cara screenshot layar komputercara mengecek ram di laptop, dan cara mematikan komputer dengan keyboard.


4. Pilih folder penempatan foto di laptop

Setelah proses pemindahan file selesai, secara default, foto dipindahkan ke folder Documents. Folder ini dapat diganti dengan cara mengklik tombol Browse.

cara memindahkan foto dari hp ke laptop menggunakan bluetooth
 

Bila sudah selesai memilih foldernya, klik Finish untuk mengeksekusinya. Foto berhasil dipindahkan dari HP ke laptop dengan bluetooth.

Enaknya lewat bluetooth adalah pemindahan file/foto bisa tanpa menggunakan internet sehingga tak perlu mengaktifkan paket data atau wifi. Tetap bisa pindah-pindah foto dari HP ke laptop atau sebaliknya secara offline.

Cara lain yang bisa dilakukan secara offline bisa Anda cek di postingan cara mengirim foto dari hp ke laptop menggunakan kabel data ini. Demikian pembahasan cara memindahkan foto dari hp ke laptop menggunakan bluetooth dan semoga bisa membantu Anda.