Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard

Ada beragam cara untuk menonaktifkan komputer. Cara mematikan komputer dengan keyboard merupakan salah satu caranya. Cara ini tentu tidak boleh diabaikan begitu saja. Karena, bisa saja ada kemungkinan kursor mouse tidak bisa digerakkan atau rusak. Dengan demikian, Anda harus menggunakan keyboard untuk menshutdownnya.

Selain kondisi darurat tersebut, mematikan komputer dengan keyboard ternyata bisa lebih simpel daripada cara biasa yang menggunakan mouse. Jadi efisiensi waktu juga kan? Ohiya, baik komputer atau laptop sama saja ya. 

Judulnya memang komputer. Tetapi bukan berarti laptop tidak bisa. Cara mematikan laptop dengan keyboard pun sama. PC maupun laptop sama saja selama OSnya juga sama. OS atau sistem operasi yang digunakan pada tutorial kali ini adalah Windows 10. Bagaimana dengan Windows versi dibawahnya? Kurang lebih masih sama caranya.

Setelah membaca habis bahasan mematikan komputer menggunakan keyboard ini, AneIqbal berharap Anda jadi bisa mematikan komputer atau laptop dengan keyboard. Jadi punya alternatif cara selain cara biasanya.

Mematikan PC dengan keyboard ini juga ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Tak terbatas hanya satu cara saja. Berikut penjelasan masing-masing caranya yang bisa Anda ikuti.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, silakan cek beberapa postingan berikut karena mungkin sedang Anda cari-cari juga. Berikut di antaranya; cara menginstal virtual boxcara mengecek ram di laptopcara mengirim foto dari hp ke laptop menggunakan kabel data, dan cara memindahkan foto dari hp ke laptop dengan bluetooth. Sekarang lanjut ke pembahasan utama.


Cara mematikan komputer dengan keyboard #1

Cara mematikan komputer dengan keyboard yang pertama adalah dengan menggunakan shortcut keyboard. Makin terasa lebih simpel karena pakai shortcut.

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Posisikan komputer berada pada desktop. Tutup atau minimize aplikasi yang sedang berjalan.
  2. Tekan kombinasi tombol Alt+F4 kemudian akan muncul tampilan What do you want the computer to do?
  3. Secara default, posisinya sudah berada pada Shut down. Langsung tekan enter untuk mematikan komputernya.


Gimana? Simpel banget kan caranya? Ada cara lainnya juga.

Simak juga bahasan panduan menarik lainnya, seperti cara screenshot layar komputercara merestart laptop, dan cara membuat rangkaian di proteus. Tidak ada ruginya untuk sejenak mengeceknya.


Cara mematikan komputer dengan keyboard #2

Wah ternyata cara kedua ini juga menggunakan shortcut keyboard. Namun beda tombol kombinasinya. Tetapi, menurut ogut, masih lebih cepat cara pertama.

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Tekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Layar akan menampilkan menu dengan fullscreen.
  2. Lalu arahkan cursor menu sampai ke ikon power yang berada di pojok kanan bawah dengan menekan tombol Tab.
  3. Bila sudah, tekan enter pada ikon power tersebut dan nantinya akan keluar pilihan Sleep, Shut down, dan Restart.
  4. Pilih Shutdown lalu tekan enter.


Agak sedikit lebih panjang jika dibandingkan dengan cara pertama. Namun tidak apa. Tak ada salahnya tau cara ini juga.

Cek juga postingan cara install file deb di ubuntu dan cara install wamp server ini jika dirasa Anda juga membutuhkannya.

 

Cara mematikan komputer dengan keyboard #3

Di antara semua cara mematikan komputer dengan keyboard, cara terakhir inilah yang paling panjang. Karena, sampai harus mengetik juga.

Cara ketiga ini kita memanfaatkan program cmd. Tau kan cmd? Itu program Command Promptnya Windows.

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Tekan kombinasi tombol Windows+R untuk membuka program Run.
  2. Kemudian ketik cmd pada program Run. Program cmd akan terbuka setelahnya.
  3. Ketikkan shutdown.exe -s pada program cmd. Pemberitahuan akan muncul dan komputer akan segera mati.


Terlihat simpel sih tapi tetap saja perlu mengetik beberapa huruf. Masih jauh lebih simpel cara mematikan komputer dengan keyboard yang pertama.

Jadi seperti itulah beberapa cara shutdown laptop dengan keyboard yang bisa Anda lakukan. Perlu diingat kembali bahwa baik PC maupun laptop caranya kurang lebih hampir sama selama sistem operasi yang digunakannya juga sama.

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard"